Klasemen Akhir Piala AFF U-18 2019 Grup B: Australia Geser Malaysia

Oleh: Wan Faizal - 15 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Klasemen Akhir Grup B Piala AFF U18 2019 dipuncaki oleh Australia, sedangkan Malaysia sebagai runner-up.
tirto.id - Timnas Australia U-18 tampil sebagai juara Grup B di klasemen akhir Piala AFF U-18 2019. Sedangkan Malaysia harus puas di posisi runner-up. Dengan demikian, di semifinal nanti, Australia akan menghadapi Myanmar, sedangkan Malaysia bakal berjumpa dengan Indonesia selaku juara Grup A.

Kemenangan telak dengan skor 5-0 dalam pertandingan terakhir yang digelar di Go Dau Stadium, Vietnam, Kamis (15/8/2019), memastikan Australia memuncaki klasemen akhir Grup B Piala AFF U-18 2019.

Skuad asuhan Gary Rudy Peter van Egmond memang harus meraih kemenangan dan berharap Malaysia mengalami kesialan di laga lain jika ingin lolos ke semifinal dan menjadi juara grup. Situasi bagi Australia memang tidak mengenakkan setelah dikalahkan Malaysia 0-3 pada laga ke-4 kemarin.

Untungnya di laga terakhir, Fabian Monge dan kawan-kawan "hanya" bertemu dengan Singapura yang baru mengemas 4 poin saja. Alhasil, kemenangan telak bisa dibukukan Australia lewat 5 gol yang dikemas Monge, Thomas Fay, serta hattrick dari Dylan Ruiz-Diaz. Dengan demikian, Australia berhak menjadi juara grup dengan koleksi 12 poin.

Sementara itu Malaysia bisa dikatakan lolos dari lubang jarum di laga kelima ini. Masih butuh meraih kemenangan guna menjaga posisi pertama, Malaysia malah menelan kekalahan tipis 0-1 dari Thailand karena gol tunggal dari Sitthinan Rungrueang di menit 69.

Faktanya, kekalahan itu nyaris membuat anak-anak Harimau Malaya tersingkir dari persaingan ke semifinal. Hanya saja keberuntungan masih berpihak kepada Malaysia karena di laga lain ada kejutan besar yang terjadi. Tanpa diduga, Vietnam justru kalah 1-2 dari Kamboja di Thong Nhat Stadium.

Kamboja sempat unggul dulu melalui gol Sieng Chanthea di menit 50. Usaha keras tuan rumah untuk menyamakan skor baru kesampaian di menit 92 melalui Nguyen Kim Nhat.

Sayangnya, ambisi memburu gol kemenangan malah berbuah petaka karena Kamboja bisa melakukan serangan cepat yang berbuah gol di menit 95 berkat aksi Thy Lieng.


Kekalahan ini benar-benar menyesakkan bagi pasukan Hoang Anh Tuan. Andai Vietnam menang, mereka lolos ke babak 4 besar. Namun lantaran kalah, Vietnam masih tertahan di peringkat tiga dengan 7 poin, sedangkan Malaysia menjadi runner-up dengan koleksi 9 angka.

Sementara itu turnamen tahun ini barangkali menjadi yang terburuk bagi Thailand. Negara dengan kolektor gelar terbanyak di Piala AFF U-18 dengan 5 trofi ini terpuruk di peringkat ke-5 klasemen akhir Grup B.

Total dari 5 pertandingan, Thailand hanya sekali menang, yakni di matchday terakhir kontra Malaysia. Selebihnya, anak-anak Gajah Putih cuma meraih 2 kali hasil imbang melawan Singapura dan Vietnam serta kalah dari Australia dan Kamboja.

KLASEMEN AKHIR GRUP B

1. Australia | 5 4 0 1 11 | 12
2. Malaysia | 5 3 0 2 6 | 9
3. Vietnam | 5 2 1 2 0 | 7
4. Kamboja | 5 2 0 3 -6 | 6
5. Thailand | 5 1 2 2 -2 | 5
6. Singapura | 5 1 1 3 -9 | 4

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal

DarkLight