Kementerian BUMN: Calon Dirut Baru Garuda Berasal dari Eksternal

Oleh: Hendra Friana - 13 Januari 2020
Calon Dirut Garuda Indonesia (Persero) Tbk GIAA sudah dipersiapkan, beberapa di antaranya akan berasal dari eksternal perusahaan.
tirto.id - Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan calon direktur utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk GIAA sudah dipersiapkan, beberapa di antaranya akan berasal dari eksternal perusahaan.

"Yang pasti Dirutnya mengerti keuangan. Pasti itu, enggak mungkin enggak. Soal kuat, financenya kuat, manajemen dicari yang kuat. Yang pasti bahwa orang ini tidak terkontaminasi permasalahan Garuda," kata dia di Kementerian BUMN, Senin (13/1/2020).

Arya menjelaskan, meski banyak nama dari calon direktur utama yang dipersiapkan dari eksternal, struktur baru dalam direksi yang akan dibentuk tidak secara keseluruhan akan berasal dari orang orang eksternal.

Namun, beberapa pejabat di manajemen Garuda Indonesia akan diambil dari internal yang masih ada saat ini.

"Enggak mungkin total. Pasti ada internal yang masih [bertahan]," jelas dia.

Hingga saat ini arya mengatakan sudah ada tiga nama calon yang sudah dikantongi untuk dipilih menjadi Direktur Utama Garuda Indonesia.

Arya menyebut ada yang memiliki pengalaman di usaha penerbangan, keuangan dan managemen.

"Ada yang berpengalaman di Airline. Ada yang butuh kekuatan di finance. Ada yang kekuatan finance manajemen," sebutnya

Sementara itu, kabar mengenai jajaran komisaris Garuda Indonesia yang akan dirombak juga dijawab Arya. "Komisaris ada sedikit penyegaran," tandas Arya.


Baca juga artikel terkait GARUDA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Hendra Friana
Editor: Hendra Friana
DarkLight