Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang Kontak di Perairan Bali

Oleh: Andrian Pratama Taher - 21 April 2021
Kapal selam Nanggala-402 hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) di perairan Bali, 60 mile dari Bali.
tirto.id - Kapal selam Nanggala-402 dilaporkan mengalami hilang kontak pada Rabu (21/4/2021). Hingga saat ini, pihak TNI tengah mencari 1 dari 5 kapal selam milik TNI itu.

"Masih dalam pencarian di perairan Bali, 60 mile dari Bali," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat dikonfirmasi reporter Tirto, Rabu.

Hadi tidak merinci waktu spesifik kapal selam tersebut hilang kontak. Akan tetapi, mantan Kepala Staf Angkatan Udara itu memastikan telah mengerahkan seluruh personel untuk mencari keberadaan kapal selam tersebut.

"Mengerahkan seluruh kapal yang miliki kemampuan pencarian bawah air," kata Hadi.

Sebagai catatan, KRI Nanggala-402 adalah kapal selam kedua milik TNI Angkatan Laut. Kapal ini dipesan dan diproduksi oleh pihak Jerman pada 1977. Kapal ini mulai bertugas pada 1981 dan masih aktif hingga saat ini. Kapal selam ini di bawah Komando Armada RI Kawasan Timur.

Dalam informasi yang dihimpun, kapal selam ini direncanakan akan ikut dalam skenario latihan penembakan rudal di Laut Bali yang akan dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudho Margono.

"Besok (22/4) pagi saya ke sasaran," tandas Hadi.



Baca juga artikel terkait KRI HILANG KONTAK atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight