Jennie BLACKPINK: Jejak Karier dari Idol Group Hingga Solo

Oleh: Maria Ulfa - 16 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Jennie BLACKPINK genap berusia 23 tahun. Ia tak hanya sukses bersama girl group di bawah YG Entertainment, Jennie juga sukses dengan karier solonya.
tirto.id - Jennie BLACKPINK hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-23 tahun. Untuk merayakannya, fans BLACKPINK juga ikut memberikan dukungannya kepada Jennie seperti memasang beberapa iklan “Birthday Project” di Times Square, New York City, Amerika Serikat.

Selain itu, “Birthday Project” juga dilakukan oleh Jennie Bar, fanbase Jennie yang berasal dari Cina, dengan memasang beberapa foto atau video Jennie di tempat-tempat umum, seperti stasiun Kereta Bawah Tanah, demikian seperti melansir akun fanbase BLACKPINK Indonesia @reaction_blackpink.

Jennie memiliki nama lengkap Jennie Kim, dan lahir di Anyang, Korea Selatan, pada 16 Januari 1996. Jennie sempat pindah ke Auckland, Selandia Baru lalu kembali ke Korea Selatan dan menjadi trainee di YG Entertainment ketika berusia 14 tahun, demikian diwartakan South China Morning Post.

Setelah menjadi trainee selama 6 tahun, Jennie akhirnya debut sebagai member BLACKPINK bersama dengan Jisoo, Lisa dan Rose.


Sejak debut, BLACKPINK telah memenuhi harapan para penggemar K-Pop. BLACKPINK yang memakai konsep girl crush, seperti lagu “BOOMBAYAH” dan “WISTHLE” yang mereka rilis pada Agustus 2016 melalui single album “SQUARE ONE”, menerima banyak cinta dari para penggemar.

Bahkan sampai lagu terakhir mereka “DDU-DU DDU-DU” yang masuk dalam mini album “SQUARE UP”, berhasil meraih lebih dari 36 juta penayangan di YouTube selama 24 jam sejak dirilis.

“SQUARE UP” juga menjadi album dengan chart tertinggi untuk girl group K-Pop, di mana mini album ini debut di urutan ke 40 di tangga lagu Billboard 200, dan menduduki puncak tangga album dunia.

Ketika nama BLACKPINK semakin dikenal, Jennie yang merupakan rapper utama dan lead vocalist ini tak luput dari perhatian penggemar maupun warganet. Jennie juga menjadi salah satu idol paling populer yang berada di bawah naungan YG Entertainment.

Jennie sering dijuluki sebagai “YG Princess” karena bakatnya, ia juga dikenal memiliki kemampuan ngerap yang luar biasa sejak masih menjadi trainee. Banyak penggemar percaya bahwa dia adalah salah satu rapper perempuan terbaik di industri K-Pop.

Jennie juga mendapat julukan “Human Chanel”, hal tersebut dikarenakan selera fashion Jennie yang dinilai bagus, dan mengingat dia yang juga sering memakai brand fashion ternama seperti Chanel, Gucci, Lanvin, dan Givenchy.

Berkat julukan tersebut, baru-baru ini Jennie secara resmi didapuk menjadi Brand Ambassador Chanel. Hal tersebut membuat Jennie sering meghadiri even yang diadakan Chanel, Seperti menghadiri even peluncuran parfum terbaru milik Chanel yang diadakan di Perancis pada Juni 2018 lalu.


Sebagai girl group K-Pop yang memiliki konsep girl crush, jika di atas panggung, Jennie sering memperlihatkan image yang dingin dan baddas.

"Di atas panggung, penampilan saya harus benar-benar kebalikan dari penampilan saya saat di luar panggung," ujar Jennie ketika melakukan wawancara bersama Billboard.

"Di atas panggung, saya ingin menggambarkan sisi saya yang berbeda sebanyak mungkin. Saya ingin mencoba gaya feminin tetapi mencampurnya dengan elemen seksi atau hip-hop. Ketika saya memperhatikan detail kecil, seperti aksesori yang cocok untuk seluruh pakaian, hal itu membuat saya lebih percaya diri di atas panggung," lanjutnya.

Karier Solo Jennie

Melansir The Famous Person, sebelum debut bersama BLACKPINK, Jennie telah memiliki nama berkat kemunculannya dalam video musik milik G-Dragon (GD), salah satu member BIGBANG melalui single bertajuk “That XX”, ia juga menjadi pasangan duet G-Dragon dalam lagu “Black” di tahun 2013.

Selain GD, Jennie juga pernah menjadi pasangan duet dari Lee Hi, solois yang juga berada di bawah naungan YG Entertainment. Jennie menyanyikan lagu “Special” bersama Lee Hi di tahun 2013. Kemudian, Jennie juga kembali melakukan duet dengan salah satu member BIGBANG lainnya yaitu Seungri melalui lagu “GG Be”.

Setelah debut bersama BLACKPINK, akhirnya Jennie berhasil menjadi member BLACKPINK pertama yang melakukan debut solo pada November 2018 lalu.

Jennie debut solo dengan single bertajuk “SOLO” pada 12 November 2018 lalu. Bahkan sehari setelah lagu debut miliknya dirilis, Jennie berhasil menduduki tangga lagu Worlwide iTunes nomor 1 mengalahkan Lady Gaga dan Bradley Cooper dengan singlenya berjudul “Shallow”.

"Ketika saya mendengar saya akan menjadi yang pertama di grup untuk merilis lagu solo, saya pasti merasa gugup. Tetapi saya ingin menganggapnya sebagai kelanjutan dari musik yang telah saya lakukan sebagai bagian dari BLACKPINK," ujar Jennie saat konferensi pers debut solonya, seperti dilansir The Korea Times.


Selain itu, belum genap satu bulan sejak dirilis, “SOLO” mampu menyedot perhatian penikmat musik K-Pop. Tak tanggung-tanggung, hanya dalam kurun waktu tiga minggu tepatnya dari 12 November-6 Desember, video berdurasi dua menit 57 detik itu sudah ditonton lebih dari 100 juta kali di YouTube.

Kini, musik video tersebut telah mencapai 166 Juta penayangan sejak dirilis pada dua bulan lalu, dan menjadi video musik solois wanita K-Pop dengan penonton terbanyak, dan telah melampaui rekor Taeyeon “I” dengan jumlah penonton sebanyak 164 Juta, demikian seperti ditulis KBIZOOM.

"Saya masih kurang dalam banyak hal, tetapi saya akan melakukan yang terbaik dan menunjukkan kinerja yang lebih baik karena saya merasa bertanggung jawab untuk mewakili BLACKPINK." tambahnya.

Jennie sendiri tengah disibukkan dengan jadwal tur dunia bersama BLACKPINK yang bertajuk “BLACKPINK 2019 World Tour with KIA-In Your Area”.

BLACKPINK baru saja menyelesaikan rangkaian tur pertamanya di Bangkok, Thailand pada 11-13 Januari 2019 lalu, dan akan berlanjut di Jakarta, pada tanggal 19 dan 20 Januari mendatang. Mereka juga akan mengunjungi Hong Kong, Manila, Filipina, Singapura, Kuala Lumpur, Malaysia, Taipei, ke Amerika Utara, Eropa, dan Australia.

Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora
Kontributor: Maria Ulfa