Jalani TC Bersama Persib, Fabiano Sebut Pentingnya Komunikasi

Oleh: Hendi Abdurahman - 28 Maret 2019
“Komunikasi itu penting dalam bermain. Saya baru di sini, jadi saya harus mempelajari karakter pemain-pemain di sini,” ujar Fabiano.
tirto.id - Bek anyar Persib, Fabiano Beltrame menyebut jika komunikasi menjadi bagian penting dalam membangun chemistry dengan rekan-rekan lainnya, terutama sesama pemain belakang. Lebih lanjut, sebagai pemain baru, ia ingin proses adaptasi berjalan maksimal agar dapat saling memahami satu sama lain.

Diproyeksikan menjadi teman duet Bojan Malisic di lini pertahanan, Fabiano mengaku kerap mendapatkan berbagai masukan guna mempersolid dan memperkuat kerja sama tim. Apalagi dengan adanya Training Camp (TC), ia berujar komunikasi bisa terjalin secara intens.

“Komunikasi itu penting dalam bermain. Saya baru di sini, jadi saya harus mempelajari karakter pemain-pemain di sini. Ya, dengan Bojan juga, Indra [Mustafa], Saepuloh, dan semua pemain. Bojan sering kasih tahu saya, dan kita saling pahami permainan teman yang lain,” ujar Fabiano dikutip laman resmi klub, Kamis (28/3/2019).

Kendati demikian, mantan bek Madura United itu tidak menampik jika dirinya membutuhkan waktu agar dapat tune-in bersama skuat asuhan Miljan Radovic tersebut.

“Ya, saya butuh waktu. Semua pemain baru gabung juga butuh waktu untuk saling mengerti kelebihan dan kekurangan masing-masing,” tambahnya.

Hal senada diutarakan gelandang Dedi Kusnandar. Menurutnya, pemusatan latihan yang digelar Maung Bandung memiliki dampak positif terutama dari sisi kebersamaan. Hadirnya para pemain baru dikatakan Dedi membuat tim membutuhkan penyesuaian.

“Kebersamaan dalam sebuah tim sangat penting. Apalagi untuk menghadapi musim kompetisi baru dengan beberapa pemain baru. Kita harus terus bangun chemistry,” katanya.

Persib melakoni pemusatan latihan di Batam selama satu pekan dengan agenda menggelar satu kali uji tanding. Sementara itu, beberapa pemain yang tidak disertakan akan tetap menjalani latihan rutin di Bandung. Mereka di antaranya adalah Puja Abdillah, Wildan Ramdhani, Billy Keraf dan Al Amin Syukur Fisabillah.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus