Jadwal Seleksi Jalur Mandiri UIN Walisongo 2022, Tata Cara, Syarat

Penulis: Fitra Firdaus - 23 Jun 2022 12:00 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Jadwal Seleksi Jalur Mandiri UIN Walisongo Semarang, pendaftaran ditutup 3 Juli 2022. Cek alur, syarat, dan tata cara pendaftaran.
tirto.id - Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Walisongo Semarang jalur mandiri sudah dimulai dengan pendaftaran sejak 22 April hingga 3 Juli 2022. Pelaksanaan Ujian CBT berlangsung pada 4-5 Juli 2022, sedangkan pengumuman hasil seleksi pada 20 Juli 2022.

Bagi calon mahasiswa yang tidak lulus UTBK SBMPTN usai pengumuman pada Kamis, 23 Juni 2022, masih ada kesempatan untuk masuk ke universitas melalui jalur mandiri. Salah satu universitas yang membuka penerimaan dari jalur ini adalah UIN Walisongo Semarang.

Terdapat 6 pilihan dalam Penerimaan Mahasiwa Baru (PMB) UIN Walisongo, yaitu SNMPTN, UTBK SBMPTN, SPAN PTKIN, UM-PTKIN, Seleksi Jalur Mandiri, dan Seleksi Jalur Mandiri Prestasi. Di antara pilihan tersebut, yang masih bisa diikuti adalah Seleksi Jalur Mandiri.

Ujian Jalur Mandiri adalah seleksi masuk UIN Walisongo Semarang berdasarkan tes tertulis tanpa melihat tahun kelulusan dan usia calon mahasiswa. Jadwal pendaftaran sudah dibuka sejak 22 April, dan akan ditutup pada 3 Juli 2022.


Jadwal Seleksi Jalur Mandiri UIN Walisongo 2022


Mengacu pada laman resmi PMB UIN Walisongo, jadwal lengkap seleksi jalur mandiri universitas tersebut adalah sebagai berikut.

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran dan upload dokumen 22 April - 3 Juli 2022
Cetak Kartu Tes 4-5 Juli 2022
Pelaksanaan Ujian CBT 11-13 Juli 2022
Pengumuman Hasil Seleksi & UKT 20 Juli 2022
Pembayaran UKT 21-29 Juli 2022
Tes Kesehatan diberitahukan kemudian
Foto KTM diberitahukan kemudian


Syarat Seleksi Jalur Mandiri UIN Walisongo 2022


Berikut ini syarat calon mahasiswa yang mendaftar ujian jalur mandiri UIN Walisongo 2022.

  1. Lulus dari satuan pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Satuan Pendidikan Mu’adalah/Pendidikan Diniyah Formal Ulya, Kelompok Belajar Paket C atau yang setara sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
  2. Memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/Satuan Pendidikan Mu’adalah/Pendidikan Diniyah Formal Ulya, Kelompok Belajar Paket C atau yang setara atau sekurang-kurangnya memiliki Surat Keterangan Lulus dari kepala sekolah/madrasah/pesantren yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah/pesantren.

Kelompok ujian jalur mandiri UIN Walisongo dibedakan menjadi 3 yaitu Kelompok IPA (Saintek), Kelompok IPS (Soshum), dan Kelompok IPC (Campuran Saintek dan Soshum)

  • Kelompok IPA (Saintek): hanya berhak mengambil jurusan Gizi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknologi Informasi dan Teknik Lingkungan
  • Kelompok IPS (Soshum) hanya berhak mengambil semua jurusan selain Gizi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknologi Informasi dan Teknik Lingkungan
  • Kelompok IPC (Campuran Saintek dan Soshum) berhak mengambil semua jurusan yang ada, termasuk Gizi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknologi Informasi dan Teknik Lingkungan

Calon peserta wajib memilih 4 program studi dalam ujian jalur mandiri UIN Walisongo 2022. Urutan pilihan fakultas/program studi didasarkan pada urutan minat.


Program Studi Seleksi Jalur Mandiri UIN Walisongo 2022


Program studi yang dapat dimasuki dalam ujian jalur mandiri UIN Walisongo 2022 adalah sebagai berikut.

Program Studi Kelompok Ujian
Fakultas Syari’ah dan Hukum
Hukum Keluarga Islam (Ahwal Al-Syakhshiyyah) IPS
Hukum Pidana Islam (Jinayah) IPS
Hukum Ekonomi Syari’ah (Muamalah) IPS
Ilmu Falak IPS
Ilmu Hukum IPS
Fakultas Ushuluddin dan Humaniora
Aqidah dan Filsafat Islam IPS
Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IPS
Studi Agama Agama IPS
Tasawuf dan Psikoterapi IPS
Ilmu Seni dan Arsitektur Islam IPS
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Pendidikan Agama Islam IPS
Pendidikan Bahasa Arab IPS
Manajemen Pendidikan Islam IPS
Pendidikan Bahasa Inggris IPS
PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) IPS
PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) IPS
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Bimbingan dan Penyuluhan Islam IPS
Komunikasi dan Penyiaran Islam IPS
Manajemen Dakwah IPS
Pengembangan Masyarakat Islam IPS
Manajemen Haji dan Umrah IPS
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Ekonomi Syari’ah IPS
Perbankan Syari’ah (S1) IPS
Akuntansi Syari’ah IPS
Manajemen IPS
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Sosiologi IPS
Ilmu Politik IPS
Fakultas Psikologi dan Kesehatan
Psikologi IPS
Gizi IPA/IPC
Fakultas Sains dan Teknologi
Pendidikan Matematika IPA
Pendidikan Fisika IPA
Pendidikan Kimia IPA
Pendidikan Biologi IPA
Matematika IPA
Fisika IPA
Kimia IPA
Biologi IPA
Teknologi Informasi IPA
Teknik Lingkungan IPA/IPC


Cara Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri UIN Walisongo 2022


Tata cara pendaftaran ujian jalur mandiri UIN Walisongo 2022 adalah sebagai berikut.
  1. Pendaftaran dilakukan secara online dengan membuka laman http://jalurmandiri.walisongo.ac.id
  2. Calon peserta wajib memilih 4 program studi.
  3. Calon peserta memilih kelompok IPA, IPS, atau IPC. Ketentuannya, IPC dipilih jika salah satu program studi yang dipilih merupakan kelompok IPA dan IPS. Sementara itu, IPA dipilih jika seluruh program studi yang dipilih merupakan kelompok IPA. Berikutnya, IPS dipilih jika seluruh program studi yang dipilih merupakan kelompok IPS.
  4. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar.
  5. Sebagai catatan, Pendaftar melakukan Input Data secara online untuk memperoleh PIN PEMBAYARAN.
  6. Untuk melihat PIN pendaftaran yang telah berhasil pada proses pendaftaran, terdapat 2 pilihan, pertama mencatat/mencetak PIN dan nomor pendaftaran yang muncul ketika proses pendaftaran selesai. Jika tidak, cek SPAM atau Inbox/Kotak Masuk dalam email aktif yang dimasukkan dalam input data.
  7. Pendaftar melakukan pembayaran pendaftaran di Bank BTN, Bank Jateng Syari’ah, Bank BSI dan Bank Mandiri dengan menunjukkan PIN PEMBAYARAN. Biaya sebesar Rp200.00. Proses MELIHAT NOMOR PENDAFTARAN hanya bisa dilakukan jika anda SUDAH MELUNASI biaya pendaftaran di bank dengan menunjukkan PIN diatas.
  8. Nomor Pendaftaran berisi username dan password. Catat Username dan Password untuk masuk dan melakukan pengisian datadiri dilaman http://datadiri.walisongo.ac.id/
  9. Calon mahasiswa mengisi Data Diri secara online melalui laman http://datadiri.walisongo.ac.id dan mengupload file scan dokumen yang ditentukan.
  10. Calon mahasiswa mesti melengkapi pengisian data dan mencetak kartu ujian.
  11. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file kartu tanda peserta ujian. Kartu tanda peserta ujian dapat diunduh dan dicetak bila isian formulir pendaftaran sudah lengkap. Dalam kartu tanda peserta ujian tercantum Nomor Pendaftaran, Nama Peserta, Program Studi yang dipilih, Ruang Ujian, dan Jadwal Ujian.
  12. Pendaftar mengikuti ujian tulis berbasis komputer (computer based test) di UIN
    Walisongo pada tanggal yang telah ditetapkan.

File scan dokumen yang harus diunggah di http://datadiri.walisongo.ac.id adalah sebagai berikut.
  1. Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/Sekolah/Satuan Pendidikan Mu’adalah dan dilengkapi dengan pas foto terbaru serta dibubuhi stempel MA/MAK/SMA/SMK/Satuan Pendidikan Mu’adalah (bagi lulusan tahun 2022).
  2. Ijazah asli (bagi lulusan 2021 dan sebelumnya)
  3. Kartu Keluarga
  4. Rekening Listrik, dengan rincian (1) Rekening listrik 3 bulan terakhir bagi pelanggan PLN Pascabayar, (2) Surat pernyataan pengeluaran biaya listrik bulanan bagi pelanggan PLN Prabayar (pulsa) yang ditandatangani oleh Kepala Keluarga, (3) Surat Keterangan bantuan listrik gratis bagi penerima bantuan listrik gratis dari pemerintah yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Kepala Kelurahan serta berstempel resmi.
  5. Penghasilan orang tua / Wali Mahasiswa, dengan ketentuan bahwa (1) Untuk orang tua/Wali Mahasiswa PNS/ pekerja formal mengunggah slip gaji; atau (2) Untuk orang tua/Wali Mahasiswa non PNS/non formal mengupload surat keterangan penghasilan perbulan yang diketahui oleh Kepala Desa/Kepala Kelurahan serta berstempel resmi.
  6. Pasfoto berwarna dengan background merah, format JPEG, dan ukuran maksimal 1 MB.
  7. Foto rumah tampak depan, tampak samping, kamar mandi, kamar tidur, ruang keluarga dan dapur.
  8. Surat keterangan rata-rata pengeluaran belanja keluarga setiap bulan yang ditanda tangani oleh Kepala Keluarga (Form terlampir).
  9. Kartu JKN-KIS Aktif (dapat berupa BPJS Kesehatan, Jamkesmas, ASKES). Bagi yang belum memiliki dipersilahkan mengurus kepesertaan JKN di daerah masing-masing dan mengisi surat pernyataan kesediaan mengurus kepesertaan JKN-KIS (Form terlampir).
  10. KIP-K (Kartu Indonesia Pintar Kuliah). Bagi yang tidak memiliki KIP-K dapat mengisi nomor KIP-K dengan angka “0”.

Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI UIN WALISONGO 2022 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight