iKON Comeback dengan i DECIDE Mini Album, Rilis 6 Februari 2020

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 21 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
iKON comeback dengan konsep mini album i DECIDE yang dijadwalkan rilis 6 Februari 2020.
tirto.id - iKON, boy group yang berada di bawah agensi YG Entertainment mengumumakn tanggal comeback dan teaser konsep mini album berjudul i DECIDE. Teaser comeback "i DECIDE" itu telah diunggah di akun resmi YouTube YG Entertainment pada Selasa (21/1/2020).

"Aku kembali ke tempatku, di mana aku memulai dan meninggalkan semua ketidakpercayaan. Terlepas dari semua godaan, aku terus berjalan di jalanku sendiri. Dan akhirnya aku di sini. Aku adalah aku. Aku mendefinisikan diriku sendiri. Aku adalah alasan untuk semuanya. Kenapa tidak? Aku memutuskan."

Suara Bobby iKON mengiringi teaser comeback dengan narasi yang seolah menggambarkan perubahan dan pilihan iKON untuk terus maju di tengah segala hal yang terjadi. YG Entertainment menjelaskan narasi i DECIDE memang menyinggung tentang perubahan.

"Narasinya menyinggung tentang perubahan dan musik yang [iKON] akan tampilkan. iKON tumbuh melalui seri NEW KIDS untuk menemukan diri mereka sekarang dan mengekspresikan ambisi mereka untuk bergerak maju saat mereka membuat keputusan sendiri," kata YG Entertainment seperti dikutip Soompi.

i DECIDE akan dirilis pada 6 Februari 2020 pukul 06.00 pm KST. i DECIDE merupakan mini album ketiga iKON. Sebelumnya, iKON merilis album repackage dengan single utama bertajuk “I’M OK”.

Album repackage ini terdiri dari lagu-lagu yang dipilih dari album seri NEW KIDS, yaitu NEW KIDS: BEGIN (2017), NEW KIDS: CONTINUE, NEW KIDS: FINAL yang dirilis tahun 2018 lalu, dan full album kedua mereka, RETURN.

Album ini, terdiri dari 23 lagu termasuk lagu baru yang bertajuk “I'M OK”. Selain itu, mega hit “LOVE SCENARIO” milik iKON yang telah menetapkan tonggak sejarah dengan menduduki puncak tangga lagu selama 43 hari dan menciptakan 'gelombang bernyanyi bersama' pada semua generasi juga masuk dalam album repackage.

Selain itu, terdapat lagu “KILLING ME”, dan “GOODBYE ROAD” yang sebelumnya menjadi single utama dalam mini album NEW KIDS: CONTINUE, dan NEW KIDS: FINAL.

iKON sendiri telah melakukan tur konser di beberapa negara Asia dan Australia, yang dimulai dari Agustus 2018, dan telah mengumpulkan total 180 ribu penonton.

Sementara, tahun lalu, IKON telah menerima penghargaan Song of the Year di Melon Music Awards 2018 melalui lagu hit mereka “LOVE SCENERAIO”, sedangkan B.I menerima penghargaan sebagai Songwriter of the Year.

Comeback iKON lewat i DECIDE merupakan comeback pertama mereka tanpa B.I atau Kim Hanbin. Leader boy group iKON, B.I memutuskan meninggalkan YG Entertainment dan grupnya usai ia diisukan memakai narkoba. Hal tersebut ia ungkapkan pada Rabu (12/6/2019) melalui akun Instagram pribadi @shxxbi131.

“Ini adalah Kim Han Bin [nama asli B.I]. Pertama-tama saya ingin meminta maaf karena menyebabkan masalah atas tindakan saya yang tidak pantas,” ujar idol kelahiran 1996 tersebut.

B.I mengaku dirinya memang sempat ingin menggunakan narkoba, tetapi hal tersebut tidak jadi ia lakukan karena ia merasa takut.

“Memang benar saya sempat ingin mengandalkan pada hal-hal yang seharusnya tidak pernah terjadi dalam keadaan kesusahan dan kesulitan. Namun saya terlalu takut dan takut untuk melakukannya,” tutur B.I.

Ia juga mengungkapkan permintaan maaf kepada penggemarnya yang sangat kecewa atas tindakannya.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight