Hindari Transit, Jokowi Tak Naik Pesawat Kepresidenan ke Roma

Reporter: Andrian Pratama Taher - 29 Okt 2021 14:26 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Rombongan Jokowi dalam kunker kali ini berjumlah 50 orang, sehingga tak bisa menggunakan pesawat kepresidenan biasanya.
tirto.id - Presiden Joko Widodo berangkat ke Roma, Italia pada Jumat (29/10/2021) dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi terlihat tak menaiki pesawat kepresidenan berjenis Boeing Business Jet (BBJ) 2 yang berwarna merah putih. Saat memberikan hormat di pintu pesawat, terlihat Jokowi menaiki pesawat Garuda Indonesia berwarna dominan putih dan garis berwarna merah. Di badan pesawat kali ini terlihat pula lambang negara Burung Garuda dan tulisan 'Republik Indonesia'.

Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono menuturkan Jokowi berangkat pukul 09.00 WIB dari Bandar Soekarno-Hatta dengan pesawat sewaan milik Garuda Indonesia.

Meskipun tidak merinci besaran biaya sewa pesawat, Heru mengatakan, pertimbangan memilih menyewa pesawat daripada pesawat kepresidenan karena faktor protokol kesehatan.

"Kami mempertimbangkan protokol kesehatan sehingga seat-nya diatur berjarak, rombongan plus dengan Paspamres berjumlah 50 orang [seat harus berjarak]," kata Heru kepada Tirto, Jumat (29/10/2021).

Kursi pesawat kepresidenan hanya memuat 46-47 orang sehingga tidak bisa memuat semua penumpang sesuai kebutuhan.

Alasan lain adalah karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, pemerintah ingin menghindari transit saat perjalanan menuju Roma. Oleh karena itu, Heru mengaku pemerintah memutuskan menyewa pesawat hingga kembali ke Indonesia pada 5 November 2021.

"Perjalanan tidak transit dan langsung menuju Roma. Jika menggunakan [pesawat] kepresidenan transit dua kali di Banda Aceh dan Abu Dhabi," kata Heru.

Selain ke Roma, Jokowi juga akan mengunjungi Glasgow, Skotlandia dalam rangka menghadiri Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 2021 yang juga dikenal sebagai COP26 pada 1- 2 November 2021.

Dari Glasgow, Jokowi dan rombongan akan berkunjung ke Uni Emirat Arab pada 3-4 November 2021 dalam rangka pertemuan bilateral. Jokowi baru akan tiba kembali ke Indonesia pada 5 November 2021.


Baca juga artikel terkait KUNJUNGAN KERJA JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight