Hasil Tampines Rovers vs Bali United di Liga Champions: Skor 3-5

Oleh: Beni Jo - 14 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hasil pertandingan Tampines Rovers vs Bali United ditutup dengan skor 3-5. Gol Stefano Lilipaly dan Sidik Saimima di babak perpanjangan waktu menjadi penentu kemenangan Bali United.
tirto.id - Hasil pertandingan Tampines Rovers vs Bali United dalam babak kualifikasi Liga Champions Asia 2020 yang digelar di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (14/1/2020), berakhir dengan skor 3-5.

Setelah bermain imbang 3-3 di waktu normal, gol Stefano Lilipaly dan Sidik Saimima pada babak perpanjangan waktu menjadi penentu kemenangan Bali United atas Tampines Rovers.

Dalam pertandingan ini, Bali United memakai pola 4-3-3. Menurunkan Wawan Hendrawan sebagai kiper utama, Serdadu Tridatu mengandalkan duet Willian Pacecho dan Leonard Tupamahu sebagai bek sentral.

Untuk posisi lini tengah, juara Liga 1 2019 ini memasang tiga pemain, yakni Fadil Sausu, Brwa Nouri, serta Paulo Sergio. Sedangkan di depan, mereka menampilkan Melvin Platje sebagai target man dengan dukungan Stefano Lilipaly dan Yabes Roni.

Meski bermain di kandang lawan, Bali United tampil menggebrak sejak awal laga. Saat pertandingan baru berjalan delapan menit, Melvin Platje sudah mendapatkan kesempatan emas.

Memanfaatkan kesalahan pemain Tampines Rovers dalam mengumpan bola, Melvin melesakkan tendangan dari tengah lapangan. Bola tidak dapat diantisipasi kiper dan membobol gawang tuan rumah. Skor 0-1 untuk Bali United.

Berikutnya, Melvin Platje kembali beraksi pada menit ke-13. Dari dalam kotak penalti, penyerang dengan nomor punggung tujuh ini melepaskan tembakan yang cukup keras sehingga membobol gawang Mohamed Rudy untuk yang kedua kalinya. Keunggulan Bali United bertambah menjadi 0-2.

Namun, keunggulan 2 gol tidak mampu dipertahankan Bali United di babak pertama. Menjelang babak pertama berakhir, Tampines Rovers membalas satu gol lewat aksi Boris Kopitovic pada menit ke-43. Skor 1-2 pun bertahan hingga memasuki waktu istirahat.

Sementara pada paruh kedua, tuan rumah memaksakan skor imbang 2-2 pada menit ke-53. Kali ini, Jordan Webb yang sukses mengoyak gawang yang dikawal oleh Wawan Hendrawan.

Usai menyamakan kedudukan, Tampines Rovers justru membalikkan keadaan. Pemain Bali United M. Rachmat membuat kesalahan dengan melakukan gol bunuh diri pada menit ke-67. Usahanya mengantisipasi serangan, malah membuat bola masuk ke gawang sendiri. Skor berubah 3-2.

Beruntung, pada menit ke-82, M. Rachmat sukses membayar tuntas kesalahan sebelumnya. Memaksimalkan assist Stefano Lilipaly, eks pemain PSM ini berhasil mencetak gol hingga kedudukan kembali imbang 3-3.

Karena skor berakhir imbang 3-3 di waktu normal, pertandingan pun dilanjutkan menuju extra time atau babak perpanjangan waktu 2x15 menit untuk menentukan pemenang laga.

Pada fase ini, Bali United mampu mencetak gol pada menit ke-100. Berawal dari kerja sama Melvin Platje dan Paulo Sergio, Stefano Lilipaly sukses memaksimalkan bola dengan melakukan sontekan dari jarak dekat dan membuat skor menjadi 3-4.

Menit ke-115, Sidik Saimima memperlebar skor usai bola sepakannya membobol gawang Tampines Rovers. Tim tamu pun menjadi unggul 3-5.

Sampai babak perpanjangan waktu berakhir, tak ada gol tambahan. Skor 3-5 mengakhiri pertandingan dengan hasil kemenangan untuk Bali United. Serdau Tridatu pun sukses melaju ke fase kualifikasi selanjutnya.

Pencetak gol: Boris Kopitovic 43', Jordan Webb 53', M. Rachmat 67' bunuh diri (Tampines Rovers), Melvin Platje 8', 13', M. Rachmat 82', Stefano Lilipaly 100', Sidik Saimima 115' (Bali United)

Daftar Susunan Pemain

Tampines Rovers (4-3-3): Mohamed Rudy; Abd Aziz, Amirul Adli, Mark Bennett, Muhammad Shah; Madhu Mohana, Zehrudin Mehmedovic, Kyoga Nakamura; Irwan Shah Arismail, Boris Kopitovic, Jordan Webb.

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan; I Made Andhika Wijaya, Willian Pacecho, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin; Fadil Sausu, Brwa Nouri, Paulo Sergio; Stefano Lilipaly, Yabes Roni, Melvin Platje.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS ASIA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight