Liga Champions

Hasil Bayern Munchen vs Liverpool: Sama Kuat di Babak Pertama

Oleh: Gilang Ramadhan - 14 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-1 pada babak pertama menjadi hasil Bayern Munchen vs Liverpool dalam pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions 2018/2019 pada Kamis (14/3/2019).
tirto.id - Hasil Bayern Munchen vs Liverpool dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 berakhir dengan skor 1-1 pada babak pertama. Bertanding di Allianz Arena pada Kamis (14/3) dini hari waktu Indonesia, kedua kesebelasan bermain sama kuat di babak pertama. Sadio Mane berhasil membuka keunggulan Liverpool menit 26, sebelum Joel Matip mencetak gol bunuh diri pada menit 38.

Tuan rumah Bayern Munchen hanya butuh kemenangan dengan skor 1-0 saja untuk memastikan lolos ke babak 8 besar. Sementara, Liverpool hanya butuh imbang 1-1. Leg pertama di Anfield sendiri berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Niko Kovac selaku pelatih Bayern menurunkan formasi 4-2-3-1 dengan mengandalkan Robert Lewandowski sebagai ujung tombak. Javi Martinez menggantikan Leon Goretzka di lini tengah, sementara Jerome Boteng harus menepi di bangku cadangan.

Di pihak lawan, Liverpool racikan Jurgen Klopp kembali dapat menurunkan trio maut, Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino sejak menit pertama. Di lini pertahanan, Virgil van Dijk ditemani oleh Joel Matip. Sementara Jordan Henderson memimpin lini tengah.



Pertandingan dimulai dengan tempo yang lambat. Tuan rumah mencoba menguasai jalannya laga dengan membangun serangan-serangan dari lini belakang. Lima menit pertama kedua kesebelasan masih belum mendapatkan peluang.

Thiago Alcantara menciptakan peluang pertama duel ini pada menit 8. Memanfaatkan salah umpan Roberto Firmino di depan gawang sendiri, Thiago langsung melepaskan sepakan spekulasi, namun masih melambung tinggi di atas mistar.

Liverpool terpaksa melakukan pergantian pemain lebih cepat menyusul cedera yang dialami Jordan Henderson pada menit 13. Fabinho masuk menggantikan sang kapten.

Roberto Firmino melakukan percobaan pertama mencetak gol bagi Liverpool pada menit 25. Menerima umpan terobosan Mohamed Salah di depan kotak penalti, penyerang asal Brasil itu melepaskan sepakan keras yang sayangnya masih melebar.

Tuan rumah harus teringgal lebih dahulu oleh gol Sadio Mane pada menit 26. Umpan panjang Virgil van Dijk sukses disambut Sadio Mane yang kemudian berhasil mengecoh Manuel Neuer dan Rafinha sebelum menceploskan bola ke gawang kosong.

Menit 33, Sadio Mane berhasil mengirim umpan terobosan kepada Andrew Robertson yang melakukan overlap. Kendati memiliki opsi untuk melakukan umpan kepada Firmino di muka gawang, bek asal Skotlandia itu justru melepaskan sepakan langsung. Namun Manuel Neuer masih menepisnya.

Tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan pada menit 38. Umpan silang kencang Serge Gnabry gagal disapu secara sempurna oleh Joel Matip yang justru membuat bola masuk ke gawang sendiri.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-1 tetap bertahan. Bayern Munchen mencatatkan 4 peluang yang 2 di antaranya menemui gawang dari 63% penguasaan bola. Sementara Liverpool berhasil membuat 2 tendangan tepat ke gawang Manuel Neuer.

Susunan Pemain

Bayern Munchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Rafinha, Niklas Sule, Mats Hummels, David Alaba; Javi Martinez, Thiago Alcantara; Serge Gnabry, James Rodriguez, Franck Ribery; Robert Lewandowski. Pelatih: Niko Kovac.

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson (Fabinho 13'), Georginio Wijnaldum, James Milner; Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino. Pelatih: Jurgen Klopp.




Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight