Galaxy XCover 4s, Smartphone Tahan Banting Samsung Resmi Meluncur

Oleh: Ibnu Azis - 11 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi Galaxy XCover 4s, smartphone tangguh Samsung, cukup memikat, yang cocok untuk aktivitas outdoor.
tirto.id - Samsung Galaxy XCover 4s resmi meluncur di Italia, Senin (10/6/2019), yang dirancang khusus agar tahan banting dan tahan air.

"Kami mencoba menawarkan pengalaman terbaik bagi pengguna, terlepas di mana mereka beraktivitas," kata Carlo Carollo, Wakil Presiden Divisi Telepon Samsung Electronics Italia, sebagaimana dikutip dari siaran resmi perusahaan, Selasa (11/6).

Ketahanan terhadap air di Galaxy XCover 4s berkat sertifikasi IP68, yang memungkinkan perangkat ini tetap menyala saat 'tenggelam' hingga kedalaman 1,5 meter untuk waktu maksimum 30 menit. Sertifikat tersebut juga membuat Galaxy XCover 4s tahan terhadap debu, kotoran, dan pasir.

Galaxy XCover 4s juga telah memenuhi sertifikasi MIL-STD 810G, merupakan serangkaian tes yang dirancang seturut standar militer AS. Samsung mengklaim, berkat tes tersebut Galaxy XCover 4s dapat digunakan dalam kondisi lingkungan ekstrem.

Cocok sebagai ponsel outdoor, Galaxy XCover 4s juga dibekali beragam fitur yang disesuaikan untuk aktivitas di luar ruangan. Misalnya, tombol khusus yang dapat disesuaikan untuk jalan pintas ke aplikasi favorit. Mulai menghidupkan lampu 'senter' LED, mengaktifkan kamera, atau lainnya, yang dapat diakses dengan satu sentuhan.

Selain itu, desain luar Galaxy XCover 4s dilapisi karet yang memudahkan genggaman dan tahan banting jikalau terjatuh yang membuatnya terlihat tangguh.


Mengenai spesifikasi, Samsung membekali Galaxy XCover 4s dengan layar berdiagonal 5 inci tipe TFT resolusi HD. Ponsel ini bertenaga prosesor octa-core, terdiri dari dual-core 1,6 GHz dan hexa-core 1,6 GHz. Meski begitu, Samsung tak menyebut chipset yang digunakan.

Untuk mendongkrak performanya, dapur pacu Galaxy XCover 4s disandingkan dengan RAM 3GB. Penyimpanan internalnya cukup lapang, yaitu 32GB yang dapat diekspansi dengan memanfaatkan kartu SD maksimal 512GB. Saat diluncurkan, ponsel ini sudah menjalankan OS Android 9.0 Pie.

Galaxy XCover 4s di sektor fotografi mengandalkan kamera utama 16MP (f/1.7) sedangkan kamera depannya berkekuatan 5MP (f/2.2). Untuk mendukung aktivitas pengguna sehari penuh, ponsel ini ditopang baterai berkapasitas 2.800mAh.

Galaxy XCover 4s dilaporkan GSM Arena dibanderol dengan harga 299 euro atau setara Rp4,8 juta (kurs Rp16.108) di Italia. Ponsel ini juga akan dipasarkan ke wilayah Eropa dalam waktu dekat, namun belum ada keterangan dari pihak Samsung apakah Galaxy XCover 4s bakal diboyong ke Asia khususnya Indonesia.

Sebagai informasi, pendahulunya, Samsung Galaxy XCover 4, resmi masuk Indonesia pada Februari 2018.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH