DKI Jakarta Diperkirakan Punya Wakil Gubernur Awal Februari 2020

Oleh: Mohammad Bernie - 20 Januari 2020
Gerindra dan PKS akhirnya menyepakati dua nama calon wakil gubernur DKI Jakarta.
tirto.id - Gerindra dan PKS akhirnya menyepakati dua nama calon wakil gubernur DKI Jakarta.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik memperkirakan pada awal bulan Februari 2020 Jakarta sudah memiliki wakil gubernur.


"Jadi Insya Allah kalau enggak ada halangan mungkin paling lambat awal bulan selesai lah," kata Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Senin (20/1/2020).

Setelah melalui proses panjang sekitar 2 tahun, akhirnya Partai Gerindra dan PKS resmi menyepakati politikus PKS Nurmansyah Lubis dan politikus Gerindra Ahmad Riza Patria untuk diusung menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno.

Selanjutnya, dua partai itu akan melayangkan surat ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar dua nama calon diajukan ke DPRD DKI Jakarta. Di DPRD, para legislator akan membentuk panitia pemilihan.

Taufik menyebut di proses ini DPRD tak perlu lagi membentuk tata tertib lantaran sudah rampung sebelumnya.

Pasca panitia pemilihan terbentuk maka akan dibuat Badan Musyawarah untuk menetapkan jadwal paripurna. Pada rapat paripurna itulah DPRD akan memilih Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Namun sambil menunggu proses itu, Gerindra dan PKS akan bersafari untuk mengenalkan dua nama calon mereka ke para anggota DPRD.

"Ya nanti kita ajak silaturahmi calonnya, kita tenteng silaturahmilah ke wartawan, ke semua fraksi. Nnt kita tenteng calonnya," kata Taufik.


Baca juga artikel terkait CAWAGUB DKI atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Hendra Friana
DarkLight