Daftar Tim & Pembalap Formula E 2022: Jadwal Race Jakarta 4 Juni

Kontributor: Permadi Suntama - 24 Mei 2022 15:09 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Formula E 2022 diikuti oleh 11 tim dan 22 pembalap. Jadwal race Jakarta pada bulan Juni mendatang. Jalannya balapan live di RCTI+.
tirto.id - Berikut ini daftar tim dan pembalap Formula E 2022 serta jadwal race di Jakarta, Indonesia, yang akan berlangsung pada bulan Juni mendatang.

Formula E Jakarta E-Prix 2022 dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 4 Juni 2022, di Sirkuit Jakarta International ePrix, Ancol. Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim mobil listrik bakal tampil di balapan pertama yang berlangsung di Indonesia tersebut.

Saat ini klasemen kejuaraan Formula E 2022 dipimpin oleh Stoffel Vandoorne dari tim Mercedes-EQ, yang meraih 111 poin dari 8 balapan yang sudah dijalani.

Meskipun baru memenangi 1 ePrix, Vandoorne berhasil tampil konsisten di awal musim ini. Stoffel Vandoorne tercatat hanya 1 kali gagal finis dan 5 kali naik podium, dengan 3 podium di antaranya diraih dalam 3 balapan terakhir.

Di balapan terakhir yang berlangsung di Jerman, Stoffel berhasil naik podium, meskipun memulai race dari P12. Pencapaian itu membuatnya senang dan optimis bisa meraih hasil bagus di balapan-balapan berikutnya.

“Berhasil naik podium [meskipun start dari P12] sangat memuaskan. Itu benar-benar pelajaran positif untuk balapan selanjutnya,” kata Stoffel Vandoorne, dikutip dari situs web resmi Formula E.

ePrix Jerman sendiri berhasil dimenangi oleh rekan Vandoorne, Nyck de Vries, dan menjadi kemenangan keduanya musim ini. Meski begitu, posisi De Vries tertahan di peringkat 6 karena kerap gagal menyelesaikan balapan.

Nyck de Vries yang merupakan juara dunia Formula E 2021 diperkirakan berupaya untuk menjadi yang tercepat di Sirkuit Jakarta International ePrix, Ancol, untuk mencatatkan namanya sebagai pembalap pertama yang menjadi juara di sirkuit tersebut.

Di Formula E Jakarta 2022, sebanyak 2 pembalap Mercedes-EQ pun menjadi favorit untuk memenangi ePrix pertama yang berlangsung di Indonesia. Terlebih performa tim Mercedes-EQ cukup meyakinkan dalam beberapa balapan.

Di sisi lain, pembalap tim Rokit Venturi Racing, Edoardo Mortara, bakal menjadi pengganggu dominasi Mercedes di Formula E 2022, serta pembalap DS Techeetah Jean Eric Vergne.

Selain nama-nama di atas, masih ada sejumlah pembalap lain yang bakal ambil bagian di Formula E Jakarta, termasuk mantan rekan Rio Haryanto di Formula 1 Pascal Wehrlein, dari tim TAG Heuer Porsche.


Daftar Tim dan Pembalap Formula E 2022


Berikut daftar tim dan pembalap Formula E 2022 dari Mercedes-EQ hingga Dragon/Penske Autosport:

  • Mercedes-EQ: Stoffel Vandoorne, dan Nick de Vries
  • Rokit Venturi Racing: Edoardo Mortara, Lucas Di Grassi
  • DS Techeetah: Jean-Eric Vergne, Antonio Da Costa
  • Jaguar TCS: Mith Evans, Sam Bird
  • Envision Racing: Robin Frijns, Nick Cassidy
  • TAG Heuer Porsche: Andre Lotterer, Pascal Wehrlein
  • Avalanche Andretti: Jake Dennis, Oliver Askew
  • Mahindra Racing: Oliver Rowland, Alexander Sims
  • Nissan E.Dams: Sebastian Buemi, Maximilian Gunther
  • NIO 333 FE Team: Oliver Turvey, Dan Ticktum
  • Dragon/Penske Autosport: Sergio Sette Camara, Antonio Giovinazzi

Jadwal Formula E Jakarta 2022 & Live Streaming RCTI+


Jika tidak ada perubahan jadwal, balapan Formula E Jakarta di Sirkuit Jakarta International ePrix, Ancol, dapat disaksikan melalui live streaming gratis di RCTI+ pada Sabtu, 4 Juni 2022 mulai pukul 15.00 WIB.


Baca juga artikel terkait FORMULA E 2022 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis

DarkLight