Daftar Mobil Listrik di IIMS 2018: Dari Mitsubishi Hingga Tesla

Oleh: Yantina Debora - 24 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
MMKSI menghadirkan Outlander PHEV dan i-MiEV di area test drive khusus mobil listrik dan hybrid di IIMS 2018.
tirto.id - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 tidak hanya menghadirkan kendaraan baru, aksesoris dan ragam promo. IIMS juga juga menghadirkan sejumlah mobil listrik dari agen pemegang merek hingga produksi mahasiswa.

Pihak penyelenggara IIMS pun menyediakan satu arena khusus di area luar gedung untuk mencoba mobil listrik dari berbagai model. Mulai dari prototipe karya mahasiswa, sedan mewah, hingga sport utility vehicle (SUV).

Mitsubishi Outlander PHEV dan i-MiEV

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan Outlander PHEV dan i-MiEV di area test drive khusus mobil listrik dan hybrid di IIMS 2018.

Sebelumnya, Mitsubishi Motors sudah menyerahkan 10 kendaraan listrik meliputi 8 unit Mitsubishi Outlander PHEV, 2 unit kendaraan listrik i-MiEV serta 4 unit quick charger kepada pemerintah Indonesia.


BMW i8 dan Wallbox Plus

BMW Indonesia menghadirkan purwa-rupa garasi cerdas untuk kendaraan BMW i8 pada Festival Kendaraan Listrik IIMS 2018. Garasi ini mensimulasikan tempat parkir kendaraan listrik dengan sarana pengisian ulang baterai menggunakan panel surya yang ditempatkan di bagian atap.

Adapun pengunjung IIMS 2018 dapat mencoba BMW i8 dan simulasi pengisian kembali baterai melalui BMW i Wallbox Plus yang telah tersambung dengan panel surya sebagai sumber energi terbarukan selama 19-29 April 2018.

Mercedes-Benz E 350 e

Mercedes-Benz memperkenalkan kendaraan E 350 e sebagai produk dengan konsep teknologi EQ Power. EQ Power merupakan teknologi yang diimplementasikan dalam E 350 e Plug-in Hybrid, yaitu sebuah model sedan mewah yang menggabungkan efisiensi dengan kenyamanan berkendara.

Mercedes-Benz menyiapkan dua unit E 350 e yang dapat diuji coba oleh para calon pelanggan di sebuah jalur khusus di IIMS.


Mobil listrik Kaliurang Unisi Generasi 3

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3, karya anak bangsa yang tergabung dalam tim UASC Electric Vehicle di bawah naungan Universitas Islam Indonesia, turut meramaikan IIMS 2018. Pengunjung yang hadir juga diizinkan mencoba mobil listrik secara langsung di arena test drive yang telah disediakan.

Kaliurang Unisi Generasi 3 dilengkapi sistem android dan menjadi mobil mini formula dengan pengoperasian android pertama di Indonesia yang memanfaatkan sistem telemetri karena kondisi mobil (baterai, suhu motor, dan lain-lain) dapat ditampilkan pada layar secara otomatis untuk dipantau dari paddock.

Tesla P 100 D

Mobil produksi perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini memang tidak diuji coba di IIMS. Namun para pengunjung bisa melihat lebih dekat unit Tesla P 100 D di salah satu anjungan mobil mewah di IIMS.

Baca juga artikel terkait IIMS 2018 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Otomotif)

Sumber: antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora