Daftar Gamepad dan Joystick Bluetooth Harga Kurang dari Rp500 Ribu

Oleh: Adrian Samudro - 23 Oktober 2019
Dibaca Normal 2 menit
Gamepad dan joystick bluetooth merupakan aksesori andalan gamer saat memainkan game di smartphone.
tirto.id - Seorang gamer sejati mungkin tidak hanya memainkan game di PC atau konsol game saja, melainkan juga game yang ada di gawai pribadi.

Hal itu berkaca dari kemampuan smartphone dalam memainkan game mobile dengan spesifikasi tinggi berkat dibekali chip prosesor dan grafis yang mumpuni.

Meski begitu, bermain game di gawai terutama smartphone kadang kala dirasa kurang nyaman karena beberapa permainan seringkali tidak berjalan dengan baik ketika layar terlalu banyak mendapat sentuhan.

Di samping itu, layar pada smartphone pun tidak terlalu besar layaknya bermain di PC atau konsol game yang mengakibatkan akses sejumlah tombol di layar terasa sempit.

Oleh karenanya, saat ini sejumlah produsen barang elektronik telah membuat kontroler gamepad atau joystick sebagai aksesori tambahan yang dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan bermain game di smartphone pribadi.

Kontroler ini nantinya dapat digunakan terutama untuk game balapan seperti Ashpalt dan game simulasi strategi termasuk Minecraft, Fortnite, GTA, Mobile Legends, dan PUBG.

Dijual dengan kisaran harga Rp200 ribu hingga Rp500 ribu, kontroler ini biasanya sudah dilengkapi koneksi Bluetooth yang hanya kompatibel dengan perangkat Android.

Berikut adalah beberapa perangkat kontroler gamepad dan joystick sebagaimana dirangkum Tirto dari situs web XDA Developers dan Digital Trends.

1. Mad Catz C.T.R.L.

Memiliki bodi solid, perangkat ini disebut terinspirasi dari kontroler Xbox 360. Tata letak tombolnya pun hampir serupa dengan kontroler pada Xbox.

Dilengkapi dengan dua joystick di bagian atas dan bawah, kontroler ini juga menghadirkan d-pad serta tombol A,B,X,Y yang masing-masing terletak di kiri bawah dan kanan atas.

Menariknya lagi, selain untuk kebutuhan bermain game, perangkat C.T.R.L. ini memiliki fungsi lain yang kompatibel dengan perangkat Android.

Seperti "mode mouse" yang berfungsi sebagai kursor di layar untuk mengarahkan akses pada perangkat Android. Kemudian, kontroler ini juga bisa dipakai untuk bermain di perangkat PC.

Bertenaga baterai jenis AA, Mad Catz C.T.R.L. disebut dapat digunakan untuk bermain game lebih dari 40 jam non-stop.

Perangkat ini tersedia dalam beberapa warna dan dibanderol dengan kisaran harga 30 dolar AS atau sekitar Rp400 ribu di e-commerce.

2. 8Bitdo SF30 Pro

8BitDo memiliki tampilan dan bentuk yang berciri khas layaknya kontroler konsol game Nintendo yakni SNES.

Meski begitu, perangkat ini memiliki fitur yang lebih modern ketimbang inspirasinya tersebut, tapi SF30 dibekali dengan dua buah joystick di sisi bawah perangkat.

Meski memiliki ukurang yang agak kecil, perangkat ini juga telah dibekali konektivitas Bluetooth untuk menghubungkannya dengan perangkat Android.

Kontroler bergaya retro ini bisa dibeli dengan harga 41 dolar AS atau sekitar Rp550 ribu.

3. 8Bitdo Zero Wireless

8BitDo kali ini menawarkan kontroler dengan ukuran yang lebih kecil tapi dengan tombol akses yang masih terbilang lengkap.

Memiliki nama Zero, bukan berarti tidak layak, tapi justru perangkat yang hanya dibanderol dengan harga 16 dolar AS (Rp 220 ribu) ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Meski hanya berukuran 6,7 x 1,4 inci, Zero wireless dibekali dengan d-pad, 4 tombol (A B X Y), dua tombol akses dan tombol bumper.

Selain itu, perangkat ini juga telah disematkan baterai tanam yang dapat diisi ulang dengan kabel microUSB.

4. Xiaomi Mi Game Controller

Dikenal sebagai produsen smartphone, tapi ternyata Xiaomi juga memproduksi kontroler sebagai perangkat aksesori untuk produk smartphone bikinannya.

Memiliki tata letak tombol yang juga serupa dengan Xbox, Xiaomi Mi Game ini dilengkapi dengan dua joystick, d-pad, tombol aksi, tombol Android, serta bumper.

Selain itu, perangkat ini memiliki fitur yang dapat menghemat daya yakni mode siaga otomatis, yang bikin perangkat akan secara otomatis mati setelah 5 menit tidak digunakan.

Tidak hanya diperuntukkan bagi smartphone saja, perangkat seharga 24 dolar AS (Rp 336 ribu) ini juga dapat berfungsi sebagai kontroler TV Android.

5. Moga Hero Power

Moga Hero Power adalah perangkat kontroler lain yang juga memiliki bentuk serupa dengan pengendali konsol game Xbox.

Meski begitu, perangkat ini terbilang unik sebab memiliki dudukan yang dapat digunakan untuk menyangga smartphone dan memudahkan gamer saat bermain game.

Dilengkapi dengan dua joystick asimetris, d-pad, tombol A B X Y, bumper belakang dan tombol akses Android, perangkat ini telah didukung dengan baterai tanam yang dapat diisi ulang.

Moga Hero Power dibanderol dengan harga 20 dolar AS (Rp 280 ribu) di toko toko online.

6. Rotor Riot USB-C Controller

Rotor Riot bisa menjadi pilihan lain bagi Anda yang menggunakan perangkat Android dengan konektivitas USB Type-C. Sebab, kontroler ini tidak didukung dengan Bluetooth, melainkan USB Type-C sebagai penghubungnya.

Maka dari itu, perangkat ini juga tidak ditenagai daya tambahan baik itu dari baterai jenis AA maupun baterai tanam. Hal ini dikarenakan Rotor Riot ditenagai dari daya perangkat Android milik Anda.

Dilengkapi dengan fitur dan tombol yang terbilang lengkap seperti kontroler lainnya, perangkat ini tersedia di toko online dengan harga mulai dari 30 dolar AS (Rp 420 ribu).


Baca juga artikel terkait GAME atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Ibnu Azis
DarkLight