Daftar Film Tragedi 11 September: Fahrenheit 9/11-Zero Dark Thirty

Oleh: Sirojul Khafid - 11 September 2019
Dibaca Normal 2 menit
Daftar dan sinopsis film tentang 9/11 WTC Amerika Serikat
tirto.id - Tragedi 9/11 saat 2 pesawat menabrak gedung kembar atau World Trade Center di Amerika Serikat pada 9 September 2001 sangat menggemparkan dunia.

Selasa, 11 September 2001, serangan teroris meruntuhkan menara kembar World Trade Center (WTC) di kota New York.

Dua pesawat, American Airlines penerbangan nomor 11 dan United Airlines nomor 175, dibajak dan menabrak menara WTC itu. CNN melaporkan, setidaknya 2.977 orang meninggal dunia. Sementara itu, di gedung pertahanan AS, Pentagon, 184 orang meninggal dunia setelah pesawat American Airlines nomor penerbangan 77 yang dibajak menabrak gedung itu.

Untuk mengenang teror 9/11 tersebut, beberapa sineas membuat film tentang tragedi itu, mulai drama hingga dokumenter.
Berikut daftar dan sinopsis film tentang 9/11.

    • Zero Dark Thirty
    Sudut pandang film ini pada proses penangkapan terduga teroris tragedi 9/11. Dalam film terlihat proses interogasi tahanan sampai proses penangkapan Osama bin Laden, yang diduga otak serangan gedung kembar di Amerika Serikat.

    Banyak agen CIA yang tersebar di berbagai penjuru dunia guna mencari Osama bin Laden.

    Zero Dark Thirty berada dalam arahan sutradara Kathryn Bigelow dan penulis naskah Mark Boal. Film berdurasi 157 menit ini tayang perdana pada 11 Januari 2013.

    Setelah film ini rilis, wartawan penerima penghargaan Pulitzer, Seymour Hersh menyangkal cerita film yang diklaim sebagai adaptasi kisah nyata ini.

      • Fahrenheit 9/11
    Film ini berpusat pada presiden Bush dan kaitannya dengan tragedi 9/11. Beberapa hal yang diperlihatkan di antaranya perselisihan pemilihan di Florida, ikatan kuat keluarga Bush dengan tambang minyak di Arab Saudi, frekuensi waktu liburan pra 9/11 dan keributan pada peristiwa 9/11.

    Kita juga dapat melihat pertanyaan film terhadap alasan, tujuan dan “nilai jual” dari perang paska 9/11.

    Fahrenheit 9/11 berada dalam arahan sutradara dan penulis naskah Michael Moore. Film dokumenter berdurasi 122 menit ini tayang perdana pada 25 Juni 2004.


      • Remember Me

    Kematian saudara mengubah banyak hal dalam hidup Tyler Roth (Robert Pattinson). Bukannya saling menguatkan, kedua orang tuanya justru semakin tidak akur sejak kematian saudaranya. Dia tumbuh menjadi remaja pemberontak.

    Pada titik tertentu, Tyler merasa tidak ada lagi orang yang bisa mengerti keadaannya. Tyler merasa hidup sudah tidak berguna lagi. Hal yang membuatnya semakin menjadi pemberontak.

    Sampai suatu ketika, dia bertemu dengan Ally Craig (Emilie de Ravin), perempuan yang hidupnya tak kalah rumit. Kehidupan Ally seakan kosong setelah ibunya dibunuh. Sama dengan Tyler, Ally merasa hidupnya sudah tidak berguna lagi ke depan.

    Seiring waktu berjalan, Ally perlahan menyembuhkan luka-lukanya. Proses itu sedikit banyak membuat Tyler terpesona. Kemudian mulai tumbuh benih-benih cinta di antara keduanya. Entah sampai kapan cerita itu akan berlangsung, yang jelas banyak perjuangan yang perlu mereka lakukan.

    Remember Me berada dalam arahan sutradara Allen Coulter dan penulis naskah Jenny Lumet dan Will Fetters. Film berdurasi 112 menit ini rilis pertama kali pada 12 Maret 2010.


    Banyak orang hilang sejak peristiwa 9/11. Salah satunya ayah dari Oskar Schell (Thomas Horn). Ayah Oskar diperankan oleh Tom Hanks.

    Saking banyaknya kenangan dengan ayahnya, Oskar tidak bisa beranjak dari kesedihan dan tumbuh menjadi orang yang tertutup. Bahkan hubungannya dengan sang ibu, Laura (Sandra Bullock) juga merenggang.

    Saat Oskar berumur sembilan tahun, dia menemukan kunci misterius dalam sebuah amplop peninggalan sang ayah. Kunci tersebut kemudian membawanya bertualang mengelilingi New York. Oskar mencari sisa-sisa kenangan sang ayah dan mencari semangat untuk kembali hidup.

    Film adaptasi novel karya Jonathan Safran Foer ini disutradarai oleh Stephen Daldry dan penulis naskah Eric Roth. Film berdurasi 129 menit ini tayang perdana pada 20 Januari 2012.

    Extremely Loud and Incredibly Close berhasil masuk nominasi Oscar dalam kategori Film Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik.

      • United 93
    Dalam ceritanya, ada empat pesawat yang dibajak untuk menabrakkan diri ke gedung kembar Amerika pada 9/11 silam. Namun tidak semua berjalan lancar.

    Satu dari empat pesawat berhasil lolos dari tabrakan. Para penumpang saling bahu-membahu melawan pembajak. Walaupun akhirnya menghantam daratan dan tidak ada yang selamat, perlawanann itu menjadi satu kisah inspiratif tersendiri.

    United 93 berada dalam arahan sutradara dan penulis naskah Paul Greengrass. Film berdurasi 111 menit ini tayang perdana pada 28 April 2006.



    Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
    (tirto.id - Film)

    Kontributor: Sirojul Khafid
    Penulis: Sirojul Khafid
    Editor: Yulaika Ramadhani
    DarkLight