tirto.id - Contoh soal tryout PPPK 2023 materi diversity berikut ini bisa menjadi bahan latihan buat persiapan menghadapi tes kompetensi PPPK Guru 2023. Mempelajari contoh soal seleksi kompetensi PPPK bisa memberikan pengetahuan tentang kemungkinan pertanyaan dalam tes.
Materi diversity (keberagaman) termasuk salah satu topik dalam kisi-kisi soal PPPK Guru 2023. Dalam tes kompetensi PPPK guru 2023, materi diversity berkaitan dengan kondisi sosial Indonesia yang identik dengan keberagaman suku, agama, budaya, dan lainnya.
Peserta seleksi PPPK Guru harus menguasai materi tersebut ditutut memahami dan punya sikap yang tepat saat menghadapi situasi keberagaman di kalangan peserta didik. Maka itu, peserta seleksi kompetensi PPPK Guru akan mendapatkan pertanyaan tentang materi diversity dalam konteks kegiatan pembelajaran.
Contoh Soal PPPK Guru 2023 Materi Diversity
Berikut ini sejumlah contoh soal PPPK Guru dan jawabannya untuk materi tes kompetensi terkait diversity (keberagaman):
1. Apa pengertian Diversity (Keberagaman)?
A. Keadaan masyarakat yang seragam dalam berbagai bidang.
B. Keadaan masyarakat yang memiliki perbedaan dalam berbagai bidang.
C. Keadaan masyarakat yang tidak memiliki budaya.
D. Keadaan masyarakat yang hanya memiliki satu agama.
Jawaban: B
2. Apa yang dimaksud dengan keberagaman etnis?
A. Perbedaan dalam norma, nilai, adat istiadat, makanan, pakaian, dan tradisi.
B. Perbedaan ras, suku, dan kelompok etnis.
C. Perbedaan bahasa yang digunakan.
D. Perbedaan dalam tata cara beribadah.
Jawaban: B
3. Faktor apa yang menyebabkan keberagaman dalam masyarakat Indonesia?
A. Letak geografis, sejarah, dan agama.
B. Letak geografis, bahasa, dan pendidikan.
C. Ekonomi, budaya, dan teknologi.
D. Sejarah, agama, dan keberagaman budaya.
Jawaban: A
4. Manfaat apa yang dapat diperoleh dari keberagaman dalam masyarakat?
A. Meningkatkan ketidakpedulian dalam masyarakat.
B. Meningkatkan keterbukaan dalam masyarakat.
C. Meningkatkan kreativitas dan inovasi.
D. Meningkatkan ketidaksetaraan dalam masyarakat.
Jawaban: C
5. Prinsip Bhinneka Tunggal Ika mengajarkan apa?
A. Semua orang harus memiliki keyakinan yang sama.
B. Berbeda-beda tetapi tetap satu.
C. Semua orang harus berasal dari suku yang sama.
D. Semua orang harus memiliki bahasa yang sama.
Jawaban: B
6. Upaya apa yang dapat dilakukan untuk menjaga keberagaman dalam masyarakat?
A. Memisahkan masyarakat berdasarkan perbedaan.
B. Memahami perbedaan, mengembangkan toleransi, dan mempromosikan pendidikan.
C. Melarang perbedaan dalam masyarakat.
D. Menghilangkan perbedaan dalam masyarakat.
Jawaban: B
7. Apa yang dimaksud dengan keberagaman dalam konteks pembelajaran?
A. Perbedaan latar belakang budaya saja.
B. Perbedaan kemampuan saja.
C. Perbedaan gaya belajar saja.
D. Perbedaan yang ada di antara peserta didik dalam proses pembelajaran.
Jawaban: D
8. Keberagaman dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan apa?
A. Keterampilan berkonflik.
B. Pemahaman terhadap perbedaan.
C. Ketidakpedulian terhadap perbedaan.
D. Kemampuan membatasi diri dalam lingkup yang sama.
Jawaban: B
9. Keberagaman latar belakang budaya dalam pembelajaran dapat mengakibatkan apa?
A. Peserta didik tidak belajar dari perbedaan.
B. Peserta didik tidak perlu bekerja sama.
C. Peserta didik tidak perlu memecahkan masalah.
D. Peserta didik belajar untuk mengembangkan pemahaman dan toleransi terhadap perbedaan.
Jawaban: D
10. Apa yang dapat diperoleh dari keberagaman dalam pembelajaran?
A. Keterbatasan dalam berpikir.
B. Penurunan kreativitas peserta didik.
C. Kemampuan memecahkan masalah secara kreatif.
D. Penurunan keterampilan kerjasama peserta didik.
Jawaban: C
11. Di sekolah, Anda mengajar mayoritas siswa beragama Islam. Namun ada juga yang beragama non-islam. Pada bulan puasa atau Ramadhan, Anda melihat ada murid non-muslim sedang makan di depan kelas. Padahal, banyak teman-teman yang lain sedang menjalankan ibadah puasa. Apa yang akan ada lakukan menyikapi situasi tersebut?
A. Menasihati siswa agar tidak makan di depan kelas pada bulan Ramadhan untuk menghormati teman yang berpuasa
B. Keduanya mempunyai hak masing-masing, dapat bertindak menurut keyakinannya
C. Menginformasikan kepada pelajar yang berpuasa Ramadhan bahwa makan di mana pun merupakan hak
D. Meminta siswa makan di tempat yang sepi agar tidak terlihat oleh temannya yang berpuasa
Jawaban: A
12. Efendi adalah siswa kelas 6 SD yang pintar dan sangat rajin menolong. Ayahnya sudah meninggal dan ibunya sibuk mencari nafkah sebagai pedagang jajanan. Efendi sering tidak masuk sekolah, karena harus membantu ibunya berjualan di pasar. Sebagai guru, apa yang akan ada lakukan menyikapi kondisi murid seperti Efendi?
A. Memberikan bantuan secara sukarela setiap bulan kepada Efendi
B. Memperbolehkan Efendi sesekali tidak masuk sekolah agar bisa bantu ibunya
C. Melarang Efendi tidak masuk sekolah dan menggalang sumbangan untuknya
D. Memberikan penjelasan pada Efendi dan ibunya tentang pentingnya mematuhi aturan sekolah
Jawaban: D
13. Salah satu murid Anda di sekolah ingin menguasai suatu jenis keterampilan. Namun, sebagai guru, Anda menilai si murid belum saatnya mempelajari keterampilan tersebut. Selain itu, Anda tidak memiliki waktu luang mengajarkan keterampilan tersebut di luar jam pelajaran. Bagaimana penjelasan yang tepat untuk murid tersebut?
A. Menjelaskan bahwa murid tidak perlu belajar keterampilan itu
B. Menjelaskan bahwa murid belum waktunya belajar keterampilan itu, dan saya tidak punya waktu mengajarkannya
C. Menjelaskan bahwa murid memiliki kemampuan untuk mempelajari keterampilan itu secara mandiri.
D. Menjelaskan bahwa murid bisa belajar keterampilan itu ke pengajar di tempat lain
Jawaban: B
14. Contoh sikap dan perilaku guru yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan yang tepat adalah....
A. Rajin beribadah disertai sikap toleransi terhadap penganut agama lain
B. Rajin beribadah disertai sikap waspada terhadap pengaruh agama lain
C. Rajin beribadah dan menonjolkan identitas kegamaannya secara tegas
D. Rajin beribadah dan aktif mengajak penganut agama lain memeluk keyakinannya
Jawaban: A
15. Sebagai guru, Anda mengahadapi situasi kelas yang berisi peserta didik dengan berbagai latar belakang berbeda. Perbedaan itu meliputi budaya, tingkat ekonomi, agama, hingga pendidikan orang tua/wali. Bagaimana sikap Anda saat menghadapi situasi kelas seperti itu?
A. Membagi para murid ke beberapa kelompok sesuai latar belakang yang sama
B. Menganggap perbedaan adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari
C. Menilai perbedaan adalah hal wajar dan menjelaskannya kepada para murid
D. Mendorong ada keseragaman untuk mengurangi dampak perbedaan
Jawaban: D.