tirto.id - Untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama, sangat penting bagi calon peserta untuk memahami jenis soal yang akan dihadapi.
Berbeda dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang kebanyakan soalnya mencakup materi umum, SKB secara khusus disesuaikan dengan tujuan formasi. Dengan begitu, pelamar disuguhkan soal sesuai bidang yang ingin dilamarnya.
Artikel ini menyajikan daftar materi yang diberikan kepada peserta dalam tahapan SKB CPNS formasi Pranata Hubungan Masyarakat (Humas) Ahli Pertama. Kemudian sejumlah 20 contoh soal SKB CPNS untuk jurusan tersebut beserta jawabannya.
Kisi-Kisi Soal SKB CPNS Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama
Ketentuan materi atau kisi-kisi soal SKB CPNS Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama sudah dibagikan melalui surat Menpan RB. Dokumen itu diterbitkan tanggal 4 November 2024, dengan nomor surat B/5457/M.SM.01.00/2024.
Berikut daftar materi yang disuguhkan untuk tes SKB CPNS Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama.
Kemampuan Umum:
- Ruang Lingkup Humas
- Etika Kehumasan
- Manajemen Isu
- Manajemen Komunikasi
- Karakteristik Media
- Media Baru
- Komunikasi Massa
- Penulisan Kehumasan
- Publisitas
- Kegiatan Humas
- Komunikasi Organisasi
- Teori Komunikasi
- Model Komunikasi
- Komunikasi Interpersonal
- Audit Komunikasi
- Metode Penelitian Komunikasi
20 Contoh Soal SKB CPNS Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama dan Jawaban
Berikut daftar contoh soal yang kemungkinan keluar pada tahapan SKB CPNS 2024 untuk formasi Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama beserta kunci jawabannya.
1. Dalam KAP, gangguan komunikasi bisa terjadi pada setiap ….
A. tahap komunikasi
B. proses komunikasi
C. bentuk komunikasi
D. jenjang komunikasi
Jawaban: A
2. Menurut Wilbur Schramm (1986) mengungkapkan agar komunikasi efektif bisa dipahami jika pesan yang disampaikan dapat membangkitkan tanggapan yang kita kehendaki, dengan syarat, antara lain pesan....
A. harus cepat disampaikan
B. dibuat dengan cermat dan seksama
C. harus dirancang dan disampaikan sehingga menarik
D. harus menggunakan lambang-lambang yang jelas dan singkat
Jawaban: C
3. Dalam KAP, posisi komunikator/pengirim dan komunikan/penerima sesungguhnya lebih merupakan peran yang dijalankan secara ….
A. permanen
B. temporer
C. berulang
D. bergantian
Jawaban: D
4. Komunikasi adalah transmisi informasi, ide, emosi, keterampilan, dan lain sebagainya yang menggunakan simbol- kata-kata, gambar, grafis. Pengertian komunikasi ini diungkapkan oleh....
A. Wilbur Schramm
B. David K. Berlo
C. Berelson dan Steiner
D. Rosenblat
Jawaban: C
5. Salah satu komponen dalam kompetensi KAP adalah ….
A. perasaan
B. perhatian
C. pengetahuan
D. pengalaman
Jawaban: C
6. Salah satu dari tujuh prinsip menurut Murphy dan Hildebrandt, adalah pesan yang dikomunikasikan disusun dalam kalimat yang mudah dipahami. Prinsip tersebut adalah....
A. concretness
B. clarity
C. courtesy
D. consideration
Jawaban: B
7. Salah satu kompetensi KAP yang penting, yaitu kemampuan mengubah pikiran/perasaan menjadi ungkapan verbal dan nonverbal, dinamakan sebagai kompetensi ….
A. merangkai pesan
B. menyimak pesan
C. mengelola bahasa nonverbal
D. bersikap dengan ungkapan nonverbal
Jawaban: A
8. Komunikasi antar persona merupakan suatu proses interaksi dan pembagian makan yang terkandung dalam gagasan-gagasan maupun perasaan. Ketika orang berkomunikasi, maka yang terjadi adalah suatu transaksional yang dapat diartikan: (l) siapa yang terlibat dalam proses komunikasi saling membutuhkan tanggapan demi suksesnya komunikasi itu; (2) komunikasi melibatkan komunikasi dari banyak unsur. Hal ini disampaikan oleh....
A. Wilbur Scramm
B. David K. Berlo
C. Joseph A. DeVito
D. Verdeber
Jawaban: D
9. Etika dalam KAP penting untuk diperhatikan karena, etika berkaitan dengan pengembangan relasi khususnya yang berkaitan dengan ….
A. kredibilitas
B. tanggung jawab
C. kredibilitas dan tanggung jawab
D. tindakan
Jawaban: C
10. Salah satu karakteristik komunikasi antar persona adalah....
A. selalu terjadi tanpa sengaja
B. melibatkan banyak orang
C. terjadi di mana dan kapan saja
D. berlangsung dalam waktu singkat
Jawaban: C
11. Konteks budaya dalam komunikasi antarpribadi mencakup ….
A. nilai-nilai dan keyakinan
B. keyakinan dan pandangan
C. pandangan dan kedudukan
D. pandangan dan nilai-nilai
Jawaban: A
12. Menurut Kelley ada beberapa faktor eksternal atau internal yang
mempengaruhi persepsi, yakni....
A. komitmen
B. konsistensi
C. ketulusan
D. keunikan
Jawaban: B
13. Dalam komunikasi antarpribadi penting untuk memperhatikan konteks komunikasi. Salah satu konteks tersebut adalah lingkungan. Berikut ini adalah hal-hal yang terkait dengan lingkungan, kecuali ….
A. ruangan tempat komunikasi berlangsung
B. tempat duduk yang ditata berhadap-hadapan
C. keyakinan yang dianut pihak yang berkomunikasi
D. gedung tempat komunikasi berlangsung
Jawaban: C
14. Tiga fungsi media massa: (1) pengawasan lingkungan; (2) korelasi antar bagian masyarakat dalam menanggapi lingkungan; dan (3) transmisi warisan sosial. Hal ini disampaikan oleh....
A. David K. Berlo
B. Wilbur Schramm
C. Wright
D. Lasswell
Jawaban: C
15. Salah satu sifat penonton yang perlu di cermati, kecuali ....
A. kemampuan menduga adegan selanjutnya
B. kecenderungan menurut terhadap alur dan informasi yang diberikan
C. cenderung tertarik pada tokoh yang baik atau memiliki kemampuan hebat (protagonis)
D. ketidaktertarikan penonton untuk menghitung alur pemecahan masalah
Jawaban: B
16. Hakikat komunikasi adalah proses penyampaian pikiran, keinginan,hasrat, perasaan kepada orang lain dengan sengaja dan memiliki tujuan yang jelas, dengan menggunakan....
A. kata-kata yang jelas dan tegas
B. kalimat yang sistematis dan tepat
C. bahasa verbal maupun nonverbal, bermedia ataupun langsung
D. bahasa yang sesuai dengan konteks budaya
Jawaban: C
17. Ahli komunikasi yang mengemukakan tiga definisi komunikasi antar persona atau komunikasi antar pribadi berdasarkan: (l) komponen (componential), (2) hubungan diadik (relational dyadic), (3) pengembangan (developmental) adalah....
A. Joseph A. DeVito
B. Raymond V. Lesikar
C. David K. Berlo
D. Steade
Jawaban: A
18. Proses Komunikasi melibatkan beberapa faktor, kecuali....
A. komunikator
B. budaya
C. pesan
D. komunikan dan efek
Jawaban: B
19. Penerima pesan menerima sinyal yang ditransmisikan oleh kepalanya melalui proses ….
A. Incoding
B. Deconing
C. Oncoding
D. Coding
E. Orcoding
Jawaban: B
20. Menyediakan dan mengajarkan ilmu pengetahuan sesuai dengan nilai yang ada adalah pengertian dari ….
A. Integritas
B. Motivasi
C. Kreatifitas
D. Sosialisasi
E. Adaptasi
Jawaban: D
21. Komunikasi yang berlangsung dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas adalah ….
A. Komunikasi bisnis
B. Komunikasi personal
C. Komunikasi vertikal
D. Komunikasi internal
E. Komunikasi eksternal
Jawaban: C
22. Faktor keberhasilan dari sudut komunikasi, kecuali ….
A. Cakap
B. Sikap
C. Ramah
D. Pengetahuan
E. Sistem sosial
Jawaban: B
23. Menggunakan bahasa-bahasa kiasan dan memiliki banyak arti dan makna, sehingga terjadi kesalahpahaman informasi terhadap penerima surat adalah contoh hambatan komunikasi
A. Media
B. Penyandian
C. Memberikan balikan
D. Penerima pesan
E. Pengirim pesan
Jawaban: B
24. Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan agar kita sukses di tempat kerja, kecuali…
A. Cerdas mengatasi semua hambatan komunikasi
B. Mampu meningkatkan prasangka negatif
C. Berprasangka positif
D. Mendorong umpan balik untuk komunikasi yang baik
E. Secara efektif mampu beradaptasi terhadap suasana kerja dan politik kantor
Jawaban: B
25. Proses yang meliputi kegiatan analisis situasi (pengumpulan data dan fakta), strategi (perencanaan dan program), implementasi (tindakan dan komunikasi), evaluasi (pengukuran hasil) dengan tetap berpegang kepada komitmen, etika kehumasan, dan praktik-praktik terbaik merupakan ...
A. Kode Etik Humas
B. Praktisi Humas
C. Tata Kelola Kehumasan
D. Lembaga Humas
Jawaban: C
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani