Menuju konten utama

35+ Contoh Soal ANBK SMK 2024 AKM Literasi-Numerasi & Jawaban

Temukan kumpulan contoh soal ANBK SMK 2024 dan kunci jawaban untuk AKM Literasi dan Numerasi lengkap di sini.

35+ Contoh Soal ANBK SMK 2024 AKM Literasi-Numerasi & Jawaban
Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengikuti ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMK Duta Karya, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (1/9/2022). ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.

tirto.id - Contoh soal ANBK SMK 2024 dan kunci jawaban diperlukan oleh siswa SMK yang nantinya mengikuti kegiatan asesmen tersebut. Mereka akan diuji berdasarkan beberapa instrumen, salah satunya AKM Literasi dan Numerasi.

Berdasarkan ungkapan laman ANBK Kemdikbudristek, ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer merupakan program evaluasi yang dilaksanakan oleh Kemdikbud. Tujuan utamanya adalah menaikkan mutu pendidikan berdasarkan input, proses, dan output pembelajaran suatu sekolah.

Khusus untuk ANBK 2023 jenjang SMK, agendanya berlangsung pada 19-22 Agustus 2024. Adapun untuk tahapan pelaksanaan ANBK 2024 jenjang SMK, dimulai dari sinkronisasi simulasi AN pada 2-4 Agustus 2024.

Kumpulan Contoh Soal Literasi dan Numerasi SMK 2024

Berikut ini sejumlah contoh soal ANBK SMK 2024 dan kunci jawaban materi AKM Literasi dan Numerasi sebagaimana dirangkum dari laman Pusmendik Kemdikbud.

Contoh Soal AKM Literasi SMK dan Jawabannya

Untuk menjawab pertanyaan nomor 1, 2, 3, dan 4 silakan baca dengan cermat teks cerita berikut:

Bunga Matahari dan Pertemuannya dengan Hangat

Ayahku sering dipanggil Pak Kebun. Ia orang yang ulet dan sabar. Terutama ketika merawatku. Ia sering bercerita mengenai bagaimana aku tumbuh. Suatu pagi, ia pernah menceritakan bagaimana aku lahir dari biji yang kecil. Kepalaku yang runcing ditancapkan di satu wadah yang bernama polybag. Di pagi yang lain, ia menceritakan bagaimana ia menungguku berkecambah hingga 10 senti atau memunculkan 4 helai daun. Selanjutnya aku dipindahkan ke tanah yang lebih luas.

Pernah suatu siang dia mengeluh sedikit mengenai susahnya aku diberi makan. Katanya aku harus disiram setiap hari. Rentan terhadap hama seperti fungi, serangga, dan bekicot. Aku harus ada dalam tanah campuran pupuk kandang. Perbandingannya yaitu 70% tanah, 30% pupuk kandang, dan tanah harus bekisar pH 6,0-7,5. Ribet deh katanya. Namun, ayah tetap sabar merawat dan menyayangiku tanpa kenal lelah.

Pengalaman berkesan adalah ketika ayah memperkenalkanku pada hangat. Pengalaman yang paling kuingat.

Kata ayahku, hangat adalah suatu hal yang patut disyukuri keberadaannya. Hangat merupakan kata yang muncul di doa-doanya setiap pagi. Kata ayah, aku akan mati jika hangat berubah menjadi panas maupun dingin. Tanpa hangat, aku tidak bisa hidup. Aku bertanya-tanya mengapa aku harus ada bersama hangat minimal 6-8 jam sehari. Ayah hanya tersenyum sambil memberi pupuk dan sedikit air untuk makan siang.

“Suatu saat nanti kamu akan mengerti. Untuk saat ini, sebut saja ia matahari,” begitu katanya.

Matahari, aku menyadari ada yang tumbuh dalam diriku setiap kamu datang memberi hangat. Menembus tanah dan daun basah, memberi makan. Mengangkat tunas-tunas, memekarkan bunga. Betapa senangnya aku.

Matahari, kamu baik hati. Hari-hari berlalu bagai angin. Selama itu pula kamu selalu ada bagaikan sahabat. Kamu mendengarkan aku menyerocos setiap hari. Tentang ini, tentang itu, tentang begini, begitu. Tak pernah sekalipun keberadaanmu ingin aku lewatkan. Aku selalu ingin mendekat. Ayah kadang tertawa melihatku mengikutimu kemanapun engkau pergi. Sedikit-sedikit menengok, melihat kanan-kiri, seakan aku bisa kehilanganmu sewaktu-waktu. Betapa dekatnya kita. Walau engkau di atas nun jauh di sana.

Matahari, terima kasih sudah menjagaku agar tetap ada. Tak terasa seratus hari lebih sudah kita lewati bersama. Kini aku sudah 160 cm, hampir setinggi ayahku. Daun-daunku berwarna hijau. Wajahku besar dihiasi mahkota kuning, mirip dengan warna hangat yang rutin kamu beri. Terima kasih sudah menemaniku dengan sabar selama ini.

Mungkin di atas sana terasa sepi. Namun, aku harap kamu tahu bahwa di sini, aku dan teman-temanku mengucap syukur atas keberadaanmu setiap hari. Kami berlomba-lomba

untuk mendapat kesempatan memandangmu sedikit lebih dekat. Terima kasih Matahari. Terima kasih Tuhan atas berkah yang diberikan pada kami, makhluk ciptaan-Mu.

1. Jika Pak Kebun ingin mencari wadah yang tepat untuk menanam bunga matahari, kata kunci yang dapat dimasukkan dalam laman pencarian adalah

Jawaban: Polybag.

2. Bagaimana Pak Kebun menceritakan proses tumbuhnya Bunga Matahari?

  • A. Terlahir dari biji yang tidak terlalu kecil, tumpul, dan harus ditanam jauh di dalam tanah.
  • B. Dijaga baik-baik karena ia rentan terhadap hama, tetapi tidak harus disiram setiap hari.
  • C. Tidak harus selalu dijemur di bawah matahari karena Bunga Matahari tidak tahan panas.
  • D. Harus dipindahkan ke tanah yang lebih luas setelah berkecambah 10 senti atau muncul 4 helai daun.E. Harus ada dalam tanah campuran pupuk kandang dengan perbandingan 70% pupuk kandang, 30% tanah.

Jawaban: D.

3. Berdasarkan teks cerita, bagaimana tokoh si bunga matahari sebelum dan sesudah ia mengenal matahari?

  • A. Awalnya Bunga Matahari bingung akan penjelasan Pak Kebun mengenai matahari. Setelah Bunga Matahari merasakan hangatnya cahaya matahari, ia berterima kasih
  • B. Bunga Matahari tidak menyadari matahari selalu ada untuk merawatnya hingga ia besar. Hal itu karena ada Pak Kebun yang menyayanginya dengan tulus.
  • C. Pertama kali merasakan hangatnya cahaya matahari muncul rasa bahagia. Setelah seratus hari dan tingginya 160 cm, Bunga Matahari merasa bersyukur.

Jawaban: A (Sesuai), B (Sesuai), C (Tidak Sesuai).

4. Bagaimana Bunga Matahari menggambarkan Si matahari dalam cerita? Klik pada setiap pilihan jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.

  • A. Matahari itu sabar menemaniku tumbuh besar.
  • B. Sebagai sahabat yang rajin merawatku setiap hari.
  • C. Matahari selalu tepat waktu untuk memberi kehangatan.
  • D. Kedermawanannya memberi tanpa meminta balasan.

Jawaban: (A) Matahari itu sabar menemaniku tumbuh besar, (C) Matahari selalu tepat waktu untuk memberi kehangatan, (D) Kedermawanannya memberi tanpa meminta balasan.

Untuk menjawab pertanyaan nomor 5, 6, dan 7 silakan baca dengan cermat teks cerita berikut:

Gerhana

Malam itu sangat dingin. Hujan yang turun tadi sore masih meninggalkan bau basah. Malam ini cuacanya buruk. Tidak ada bintang yang menyembul di langit. Tidak ada juga gerhana. Saya mengatakan kepada istri saya sesuai apa yang telah diberitakan di televisi. Gerhana bulan merah darah tidak akan terlihat jika cuaca tidak mendukung.

“Pulang, yuk.” Kata saya sambil berbisik. Istri saya tidak menyerah. Ia memang tangguh untuk tidak menghiraukan rasa pegal di lehernya karena sedari tadi mendongak ke langit.

“Kita harus melihat bulan merah darah itu. Dulu ketika di SMA kita belajar mengenai gerhana bulan. Bulan tersebut bagus sekali bila dari gambar, aku akan membuktikannya secara langsung. Gerhana bulan merupakan fenomena yang terjadi saat posisi bumi ada di antara matahari dan bulan. Saat gerhana bulan terjadi, bulan mengitari bumi. Sementara itu, bumi mengitari matahari. Apabila ditarik garis lurus saat bumi ada di tengah matahari dan bulan, maka yang terjadi adalah bumi akan menutup cahaya matahari ke bulan. Sinar matahari yang melewati atmosfer bumi menyebabkan atmosfer menyaring sebagian besar cahaya biru. Inilah yang mengakibatkan bulan tampak berwarna merah jika dilihat dari Bumi. Kamu mau melewatkan momen indah ini?"

“Iya aku paham. Namun sepertinya tidak akan muncul”.

"Tolong bayangkan," katanya dengan sungguh-sungguh. "Jika dihitung dari hari ini, apa yang akan terjadi seratus empat puluh tahun kedepan? Gerhana itu hanya muncul seratus empat puluh tahun sekali sementara kita tidak mungkin mencapai umur menahun sebanyak itu. Lalu apa yang akan terjadi pada kita?" Ia bertanya sangat serius.

Saya menjawab pertanyaannya sambil membersihkan mulutnya yang belepotan. Lama kelamaan Istri saya tertidur dengan kepalanya yang bersandar di bahu saya. Sayang sekali kita tidak bisa menyaksikannya.

5. Mengapa sang istri bersikukuh untuk melihat gerhana bulan?

  • A. Ingin membuktikan secara langsung bahwa gerhana bulan tersebut bagus sekali.
  • B. Dirinya ingin membuktikan gerhana yang sempat ia lihat ketika SMA.
  • C. Ingin menghabiskan waktu dengan berlama-lama bersama suaminya.
  • D. Dia merasa bahwa tidak akan pernah tampak gerhana bulan lagi di bumi.
  • E. Dia merasa sia-sia jika tidak bisa melihat gerhana bulan secara langsung.

Jawaban: A.

6. Bagaimana sifat dari sosok istri setelah kamu membaca teks tersebut?

Klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berdasarkan isi teks!

  • A. Sosok yang memiliki keinginan yang kuat untuk membuktikan pendapatnya.
  • B. Semangat pantang menyerah yang tinggi agar tujuannya tercapai.
  • C. Sosok yang merasa dirinya paling pintar dan paling benar dari orang lain.

Jawaban: A (Benar), B (Benar), C (Salah).

7. Mengapa penulis menggunakan kalimat "Lalu apa yang akan terjadi pada kita?" pada paragraf terakhir? Klik pada setiap pilihan jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.

  • A. Menegaskan keinginan tokoh istri melihat gerhana bulan yang kemunculannya sangat jarang.
  • B. Penegasan watak tokoh istri yang keras kepala dan suka menentang kepada tokoh suami.
  • C. Wujud kekecewaan tokoh istri ketika kemunculan gerhana tidak dapat melihatnya secara langsung.
  • D. Hanya sebagai kalimat dalam akhir cerita agar jalan cerita berakhir dengan dramatis.

Jawaban: (A) Menegaskan keinginan tokoh istri melihat gerhana bulan yang kemunculannya sangat jarang, (C) Wujud kekecewaan tokoh istri ketika kemunculan gerhana tidak dapat melihatnya secara langsung.

Untuk menjawab pertanyaan nomor 8, 9, dan 10 silakan baca dengan cermat teks cerita berikut:

Makna Sebilah Bambu dalam Tari Bambu Gila

Tari Bambu Gila atau Baramasewel merupakan permainan sejak zaman penjajahan Portugis di masa lalu yang berasal dari Maluku. Tarian ini memang bernuansa mistis dengan melibatkan adanya roh halus yang akan menggerakkan sebatang bambu panjang yang dibawa oleh tujuh orang dewasa. Pada masyarakat Maluku yang masih tradisional, aura mistis dalam permainan bambu gila akan terasa sangat kental. Pasalnya, orang-orang yang boleh memainkan bambu gila bukanlah orang sembarangan, melainkan mereka yang sudah terpilih.

Tari Bambu Gila digunakan salah satunya sebagai pemindahan dan penarikan kapal dilakukan dengan bantuan Bambu Gila. Selain itu, pada masa peperangan, Bambu Gila digunakan untuk melawan musuh. Masyarakat Maluku juga menjadikan Bambu Gila sebagai bagian spiritual dan warisan budaya dari leluhurnya sebagai pertunjukan masyarakat Maluku sekaligus sebagai sarana dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Tetapi sekarang sudah mulai sebagai hiburan suatu acara, asalkan tidak menyalahi aturan dan normanya.

Semakin berkembangnya zaman tari Bulu Gila ini yang sudah dimodifikasi dalam gerakannya. Walaupun kehadiran Roh Halus ini adalah hal yang sangat menarik dari tarian ini, namun makna tarian ini bukanlah hal-hal gaib di dalam tarian. Sebenarnya, gerak para penari yang menahan gerakan magis bambu adalah sebuah simbol dari nilai kebersamaan yang harus tetap terjaga. Gerakan kaki yang serempak dan penuh dengan kekuatan menunjukkan semangat gotong royong dalam kehidupan rakyat Maluku yang disebut Masohi. Meskipun telah dilakukan hasil modifikasi, makna inilah yang tetap ada dan lebih ditonjolkan dalam tarian Bambu Gila, dan nilai-nilai inilah yang masih terbawa dalam tarian Bambu Gila.

Tari Bulu atau Bambu Gila ini sebenarnya sudah cukup langka, sekalipun itu di Maluku sendiri. Hanya ada beberapa kampung yang mampu membawakan tarian ini secara otentik. Namun demikian, banyak sanggar tari di Maluku yang telah mempelajarinya dan mengambil intisari tarian ini untuk ditampilkan dalam bentuk yang lebih modern. Biasanya, tarian ini ditampilkan sebagai tari penyambutan tamu atau hiburan dalam berbagai acara formal. Bambu Gila adalah sebuah identitas masyarakat Maluku yang tidak akan ditemukan di belahan Nusantara lainnya. Lewat tarian ini, maka kita akan semakin yakin bahwa Indonesia itu memang kaya.

8. Anda ingin mencari informasi mengenai tradisi Bambu Gila. Kata kunci yang sesuai untuk mencari informasi tersebut adalah...

  • A. Tarian adat Maluku.
  • B. Tarian mistis Maluku.
  • C. Tarian asal Maluku.
  • D. Tari Bulu Maluku.

Jawaban: (B) Tarian mistis Maluku, (D) Tari Bulu Maluku.

9. Penulis ingin menggambarkan Tari Bambu Gila atau Baramasewel.

Menurut kamu apakah warna pada ilustrasi di atas sudah sesuai dengan pesan yang disampaikan penulis. Klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berdasarkan isi teks!

  • A. Sesuai. Karena warna pakaian para penari terlihat kontras dengan pengambilan gambar di siang hari.
  • B. Sesuai. Karena warna pakaian pemain bambu gila menyatu dengan laut sehingga sesuai dengan isi teks.
  • C. Sesuai. Karena warna bambu terlihat menonjol dengan pakaian pemain yang berwarna merah.

Jawaban: A (Benar), B (Salah), C (Benar).

10. Semakin berkembangnya zaman, tari Bulu Gila ini sudah dimodifikasi dalam gerakannya. Apa yang menjadi penyebab perubahan atau modifikasi dari tarian Bulu Gila ini?

  • A. Perilaku masyarakat yang modern dan meninggalkan tradisi.
  • B. Keinginan masyarakat membuat tradisi yang sederhana.
  • C. Kelengkapan dalam tradisi bambu gila semakin langka.
  • D. Turunnya minat dalam bermain tradisi tari gila.
  • E. Pola pikir masyarakat yang semakin modern.

Jawaban: E

Bacalah uraian berikut!

Panic Buying sebagai Gejala Sosial

Gejala sosial adalah fenomena yang menandai munculnya permasalahan sosial di masyarakat. Permasalahan ini mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu di dalam lingkungan hidupnya. Pengertian umum ini diadopsi dari ilmu alam untuk diterapkan dalam ilmu sosial, khususnya Sosiologi. Emile Durkheim adalah tokoh sosiologi klasik yang mempopulerkan gejala sosial sebagai objek kajian sosiologi.

Munculnya gejala sosial diawali dari perubahan-perubahan sosial yang ada di masyarakat. Contoh perubahan tersebut adalah perubahan kondisi ekonomi, kondisi pemerintahan, kondisi lingkungan alam, dan kondisi sosial dalam komunitas masyarakat. Misalnya saja perubahan sosial yang terjadi di masa pandemi virus corona pada tahun 2020. Merebaknya virus corona ke beberapa negara pada tahun tersebut menyebabkan banyak terjadi gejala sosial baru. Kepanikan sosial melanda di banyak sudut dunia. Salah satu gejala sosial yang melanda beberapa negara akhir-akhir ini adalah panic buying.

Panic buying merupakan fenomena ketika masyarakat melakukan penimbunan beberapa barang pada saat terjadi situasi darurat tertentu. Dalam kasus merebaknya virus corona, barang-barang yang menjadi incaran para konsumen adalah hand sanitizer (cairan pembersih tangan) dan masker. Hal ini terjadi karena kepanikan masyarakat akan kelangkaan barang yang menyebabkan melambungnya harga.

Memahami gejala sosial, seperti panic buying, sangat penting untuk mencegah munculnya permasalahan sosial yang lebih besar. Tindakan mengobati gejala sosial dapat mengurangi risiko bencana sosial ke depan. Dengan memahami dan menemukan solusi atas munculnya gejala sosial ini, diharapkan efek negatif ke depan bisa diantisipasi.

11. Berdasarkan teks wacana tersebut, apa efek negatif panic buying bagi negara?

  • A. menimbulkan inflasi atau kenaikan harga
  • B. membuat keuangan akan terganggu
  • C. melancarkan usaha masyarakat kecil
  • D. menyebabkan produktivitas meningkat
  • E. meningkatkan daya saing dan kualitas

Jawaban: A.

12. Judul pada wacana teks mengandung arti bahwa peran seorang pembeli sangat menentukan terjadinya situasi panic buying. Pilih setiap pernyataan yang sesuai sebagai perubahan dan upaya praktis yang dapat kita lakukan untuk mengatasi panic buying!

  • A. Membuat secara kreatif barang keperluan selama terjadi masalah sosial panic buying.
  • B. Membeli barang seperlunya atau tidak melampaui batas kewajaran pembelian barang.
  • C. Ikut terlibat dalam pengadaan barang sehingga pasti akan kebagian barang tersebut.
  • D. Membuat posko pengaduan kelangkaan barang yang akan dilaporkan ke pemerintah.
  • E. Melakukan kegiatan sosial untuk membantu atau berbagi barang dengan sesama.

Jawaban: A, B, E.

13. Pernyataan berikut yang berisi simpulan dan prediksi yang benar terkait teks wacana tentang panic buying!

  • A. Diperlukan kesadaran yang tinggi dari masyarakat untuk tidak melakukan penimbunan barang agar panic buying dapat diatasi.
  • B. Bila panic buying tidak dapat diatasi, masalah yang muncul semakin banyak, yakni masalah ekonomi, psikologi, dan sosial.
  • C. Penimbunan barang tertentu akibat sebuah kejadian seharusnya bisa diantisipasi bila para pelaku bisnis diberi sanksi.
  • D. Tindakan tegas dari pemerintah sangat diperlukan untuk meminimalkan efek negatif panic buying di Indonesia.
  • E. Kelangkaan barang tidak akan menyebabkan harga melambung tinggi bila bantuan pemerintah selalu mengalir ke masyarakat.

Jawaban: A, B, D.

Bacalah wacana berikut!

Perubahan iklim telah melanda dunia sejak berjuta tahun yang lalu. Perubahan iklim dapat berupa peningkatan suhu permukaan bumi atau juga penurunan suhu permukaan bumi. Namun, pada masa sekarang, perubahan iklim lebih pada peningkatan suhu permukaan bumi atau sering disebut dengan pemanasan global.

Perubahan iklim dapat terjadi karena faktor alam atau faktor manusia. Perubahan iklim karena faktor alam dapat berupa interaksi komponen-komponen alam, seperti erupsi vulkanik, perubahan curah hujan atau pola angin, dan variasi sinar matahari. Sementara itu, perubahan iklim karena manusia, misalnya perusakan hutan, penggunaan gas chlorofluorocarbon (CFC) atau gas freon yang tidak terkontrol, penggunaan bahan bakar fosil, efek gas rumah kaca, pembuangan gas industri, dan lain-lain.

14. Mengapa peningkatan suhu di bumi dapat terjadi?

Jawaban benar lebih dari satu.

  • A. Perubahan curah hujan.
  • B. Penggunaan lahan untuk ladang.
  • C. Pemakaian gas freon pada mesin pendingin.
  • D. Pembangunan gedung bertingkat.
  • E. Pembuangan sampah-sampah pabrik.

Jawaban: A, C.

15. Jika ingin mencari informasi lebih lanjut tentang hal tersebut melalui penelusuran internet, kata kunci yang efektif adalah ….

  • A. peningkatan suhu bumi, permukaan bumi, dan iklim dunia
  • B. perubahan iklim, pemanasan global, dan peningkatan suhu bumi
  • C. pemanasan global, perubahan iklim dunia, dan iklim dunia sekarang
  • D. permukaan bumi, penurunan suhu bumi, dan iklim dunia
  • E. penurunan suhu bumi, peningkatan suhu bumi, dan permukaan bumi

Jawaban: B.

16. Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak perubahan iklim?

Jawaban benar lebih dari satu.

  • A. Pengelolaan dan pembuangan limbah secara ramah lingkungan.
  • B. Pemberian kebebasan jam bekerja agar masyarakat lebih nyaman bekerja.
  • C. Perubahan gaya hidup yang tidak hanya mengandalkan kecanggihan teknologi.
  • D. Pemberian subsidi kepada masyarakat miskin berupa daging dan sayur-sayuran.E. Peningkatan pertumbuhan ekonomi yang dapat menurunkan kerusakan alam.

Jawaban: A, C.

17. Mana sajakah pernyataan yang tepat untuk menggambarkan kondisi perubahan iklim tersebut?

Jawaban benar lebih dari satu.

  • A. Alih fungsi hutan menyebabkan kekeringan karena cadangan air yang ada di bumi semakin berkurang.
  • B. Penggunaan transportasi umum akan menyebabkan perubahan iklim di bumi semakin meningkat.
  • C. Pembuangan gas industri dari pabrik-pabrik menimbulkan efek rumah kaca sehingga mengakibatkan kekeringan.
  • D. Penggunaan bahan bakar fosil berpengaruh pada peningkatan suhu udara yang panas di berbagai daerah.
  • E. Tingginya pemakaian kendaraan bermotor meningkatkan polusi udara di lapisan ozon.

Jawaban: A, C, D.

18. Apa perbedaan gaya hidup manusia di masa lalu dengan sekarang yang mengakibatkan perubahan iklim?

Jawaban benar lebih dari satu.

  • A. Dahulu masih banyak lahan untuk menanam pohon, sekarang banyak lahan digunakan untuk pembangunan pabrik.
  • B. Dahulu banyak orang bepergian memilih berjalan kaki, sekarang orang bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi.
  • C. Dahulu udara selalu sejuk, sekarang udara lebih panas sehingga banyak yang menggunakan kipas angin.
  • D. Dahulu makanan dibungkus dengan daun, sekarang makanan dibungkus dengan plastik.
  • E. Dahulu banyak orang yang memasak sendiri, sekarang banyak orang yang membeli makanan cepat saji.

Jawaban: A, B, C.

Bacalah cerpen berikut!

Perjuangan Belum Usai

Aku terlahir dari keluarga miskin, sangat miskin. Namun, hal itu tak sedikit pun menyurutkan niatku untuk terus belajar dan bersekolah setinggi mungkin agar impianku menjadi kenyataan.Beberapa tahun yang lalu, saat aku hendak memasuki jenjang pendidikan menengah atas. Aku dan kedua orangtuaku sempat berdebat hebat. Lagi-lagi masalah ekonomi. Masuk SMA adalah barang mewah buat kami yang demi mengisi perut saja kami merasa kewalahan.Satu yang harus kusyukuri, Tuhan telah menitipkan kecerdasan padaku, sehingga dengan kondisi ekonomiku yang seperti ini aku masih memiliki peluang masuk SMA dengan beasiswa. Tuhan memang maha Adil, di balik kesulitan selalu ada kemudahan.“Mas, kamu tetap ingin melanjutkan ke SMA?” Ibu masih sibuk menggoreng di dapur kecil kami.

“Iya, Bu, doakan Dimas mendapat beasiswa, supaya tidak perlu biaya.”

“Halah Mas, jangan mimpi di siang bolong. Anak pemulung seperti kamu sudah cukuplah sampai SMP, nggak usah neko-neko?” Kalimat Bapak benar-benar menjadi anak panah yang dengan cepat bersarang di relung hatiku. Kalau dipikir dengan logika memang ucapan Bapak benar.

Lagi-lagi Tuhan memang selalu memberikan apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Berkat kerja kerasku, akhirnya aku berhasil duduk di bangku SMA Favorit di Jakarta. Sayangnya, tak lama setelah aku bersekolah di tempat itu, Bapak pergi meninggalkan aku, Ibu, dan Adikku untuk selamanya. Sungguh, aku tidak ingin kehilangan Bapak untuk selamanya. Aku ingin Bapak bangga melihat keberhasilanku. Tanpa kusadari tangisanku pecah, tumpah-ruah.

Hari terus berganti. Aku harus kembali ke sekolah dan kembali kepada keseharianku yang melelahkan. Tak terasa sudah hampir dua tahun aku menimba ilmu di sekolah ini. Aku bertekad untuk lulus dengan nilai terbaik supaya aku dapat dengan mudah meraih beasiswa untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Rupanya, harapan tak selalu sejalan dengan kenyataan. Dan impian tak selalu senada kehidupan. Perjalananku ketika menimba ilmu di sini tidak semudah yang ada dipikiranku. Banyak rintangan yang harus aku hadapi, Ibu yang menyusul Bapak membuatku harus membagi waktu untuk menanggung hidup kedua Adikku.

“Dimas, mengapa belakangan ini prestasi belajarmu menurun?” Aku hanya menunduk, menggurat-gurat lantai keramik dengan sepatu dekilku.

“Kalau prestasimu menurun seperti ini terus sepertinya saya terpaksa harus mencabut beasiswa pendidikan kamu!” Entah berapa kali ancaman itu kudengar. Dan aku harus merelakan satu tahun terakhir membiayai sekolahku sendiri.

Hingga tiba saatnya hari kelulusan. Dengan perjuangan yang keras, aku sangat bersyukur dapat lulus dari sekolah ini dengan predikat siswa terbaik. Tak hanya itu, impianku untuk melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi pun berhasil kuraih.

Aku telah berhasil melewati serangkaian tikungan, turunan dan tanjakan yang Tuhan berikan kepadaku. Tujuan utamaku adalah menjadi pahlawan pendidikan yang akan mencerdaskan jutaan anak bangsa yang hidup diambang garis takdir yang memilukan.

Perjuanganku kembali dimulai saat aku mulai merintis “Lembaga Pendidikan Anak Pinggiran”. Sekolah yang bangunannya sangat sederhana itu kudirikan bersama beberapa teman untuk menampung anak-anak kurang beruntung. Inilah awal dari perjuangan yang sesungguhnya.

19. Mengapa Dimas harus membagi waktu untuk menanggung hidup kedua adiknya?

  • A. Karena Bapak dan Ibu Dimas telah meninggal dunia.
  • B. Karena Dimas tetap ngotot melanjutkan sekolahnya.
  • C. Karena adiknya harus segera kembali ke sekolah.
  • D. Karena Dimas harus belajar keras untuk mendapat beasiswa

Jawaban: A.

20. Menurut teks tersebut, bagaimana kondisi perekonomian keluarga Dimas?

  • A. Sangat miskin namun berkecukupan.
  • B. Serba kekurangan karena tidak bekerja.
  • C. Sangat miskin dan serba kekurangan.
  • D. Miskin dan tidak memiliki penghasilan.
  • E. Bekerja, tetapi berpenghasilan rendah.

Jawaban: C.

Contoh Soal AKM Numerasi SMK dan Jawabannya

1. Untuk menjawab pertanyaan berikut silakan baca dengan cermat uraian ini.

Bermain Kelereng

Rudi akan bermain kelereng bersama Bima, Sultan, Jaka dan Satriya. Rudi memiliki 120 kelereng. Rudi akan membagikan kelerengnya kepada Bima; 30% kelereng kepada Sultan dan 0,15 bagian kepada Jaka. Sisa kelereng Rudi akan dibagi sama banyak untuk dirinya sendiri dan Satriya.

Jika 10 kelereng Satriya diberikan kembali kepada Rudi, berapakah selisih paling banyak antara kelereng yang dimiliki Rudi dengan kelereng milik masing-masing temannya?

  • A. 23
  • B. 22
  • C. 20
  • D. 14
  • E. 4

Jawaban: C.

2. Untuk menjawab pertanyaan berikut silakan baca dengan cermat uraian ini.

Academic Writing

Andi mengikuti kursus academic writing untuk melatih kemampuannya dalam menulis. Academic writing adalah kemampuan menulis karya ilmiah dalam Bahasa Inggris yang mengikuti kaidah Bahasa Inggris yang baik dan benar. Untuk belajar menulis dengan baik, guru meminta Andi untuk menulis sebuah teks yang terdiri dari 100 kata pada minggu pertama. Kemudian pada minggu-minggu berikutnya Andi harus menambahkan 20 kata untuk setiap minggu.

Andi mendapat tugas untuk menulis sebuah teks yang terdiri dari 100 kata pada minggu pertama. Pada minggu-minggu berikutnya, Andi harus menambahkan 20 kata setiap minggu. Andi menuliskan teks dengan jumlah kata sesuai dengan permintaan. Pada minggu ke berapakah Andi menulis teks sebanyak 300 kata?

  • A. 9
  • B. 10
  • C. 11
  • D. 12
  • E. 13

Jawaban: C.

Untuk menjawab pertanyaan nomor 3 dan 4 silakan baca dengan cermat teks berikut:

Pertandingan Renang

Dalam sebuah ajang bergengsi diadakan perlombaan antarklub ekstrakurikuler bidang olahraga. Acara ini diselenggarakan setahun sekali. Salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan adalah renang. Aturan perolehan poin dalam perlombaan renang tersebut adalah sebagai berikut.

  • Finis pertama = Poin 5
  • Finis pertama = Poin 3
  • Finis pertama = Poin 1

Dalam perlombaan tahun ini, klub ekstrakurikuler sekolah SMA KITA berhasil memenangkan pertandingan dari 20 pertandingan renang secara perorangan.

3. Diketahui total poin yang diperoleh klub ekskul SMA KITA adalah 66 poin dengan rincian total poin yang diperoleh ketika finis di tempat kedua sama dengan gabungan poin yang diperoleh ketika finis pada tempat pertama dan ketiga. Berdasarkan hal tersebut, banyak atlet klub ekskul SMA KITA yang finish di tempat kedua adalah ... orang.

Jawaban: 11.

4. Pada tahun sebelumnya, klub ekstrakurikuler SMA KITA mengikuti perlombaan yang sama dan memenangi 20 pertandingan dengan total poin yang lebih besar yaitu 84 poin. Namun, saat itu menurut wasit terjadi pelanggaran sehingga total poin berkurang menjadi 72. Diketahui saat itu, banyak atlet ekstrakurikuler SMA KITA yang finish di posisi 2 adalah dua kali banyak atlet yang finish di posisi 3.

Berilah tanda centang pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut berkaitan dengan adanya pengurangan poin!

  • A. Seluruh atlet yang finish pertama didiskualifikasi
  • B. Ada 4 orang atlet yang didiskualifikasi.
  • C. Jika ada atlet yang finish ketiga didiskualifikasi, maka akan ada atlet yang finish pertama didiskualifikasi juga.

Jawaban: A (Salah), B (Benar), C (Benar).

5. Untuk menjawab pertanyaan berikut silakan baca dengan cermat uraian ini.

Percobaan Roket Air

Sebuah roket air ditembakkan dari atas gedung dengan ketinggian 90 feet mengarah ke atas dengan persamaan:

h(t) = -8t2 + 20t + 90

Dengan h menyatakan ketinggian peluru (dalam feet) dan t waktu dalam detik. Satuan feet disingkat ft atau kaki dapat dikonversi menjadi meter, dimana 1 feet = 0,3048 meter.

Seseorang yang berada di atas gedung lain dengan ketinggian 98 feet akan dapat melihat roket ketika ketinggian roket sama dengan ketinggian tempat orang tersebut berada atau di atasnya.

Berikut adalah pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan percobaan roket air tersebut. Berilah tanda centang pada setiap pernyataan yang benar! Pernyataan benar lebih dari satu!

  • A. Seorang pada gedung yang berlainan tersebut dapat melihat roket pada interval ½ ≤ t ≤ 2 setelah roket ditembakkan.
  • B. Roket mencapai ketinggian maksimum pada saat t = 1,5 detik.
  • C. Pada saat t = 4 detik, ketinggian roket lebih dari 40 feet.

Jawaban: (A) Seorang pada gedung yang berlainan tersebut dapat melihat roket pada interval ½ ≤ t ≤ 2 setelah roket ditembakkan, (C) Pada saat t = 4 detik, ketinggian roket lebih dari 40 feet.

6. Di samping rumah Faiz terdapat 2 kolam pemeliharaan ikan lele yang masih kosong dengan ukuran sama.

Faiz, Fitroh, dan Rizki mengadakan percobaan mengisi kolam tersebut sampai penuh dengan ukuran diameter selang air yang berbeda-beda meskipun memiliki panjang yang sama. Dari percobaan tersebut didapat data sebagai berikut:

  • Faiz = 10 menit
  • Fitroh = 15 menit
  • Rizki = 20 menit

Berdasarkan data percobaan, pernyataan yang benar adalah ...

  • A. Debit air terbesar adalah pada percobaan Rizki.
  • B. Debit air terbesar adalah pada percobaan Faiz.
  • C. Semakin besar waktu yang dibutuhkan semakin tinggi debit airnya.
  • D. Semakin kecil waktu yang dibutuhkan semakin rendah debit airnya.
  • E. Diameter selang yang paling besar adalah milik Fitroh.

Jawaban: B.

7. Untuk menjawab pertanyaan berikut silakan baca dengan cermat teks ini.

Pemilihan Kepala Desa

Di Desa 'Z' akan diadakan pemilihan Kepala Desa dan Wakil Kepala Desa. Pemilihan tersebut akan diikuti oleh 10 calon Kepala Desa laki-laki dan 6 calon Kepala Desa perempuan.

Proses pemilihan kepala dan wakil kepala desa di Desa ‘Z’ agak unik tidak seperti pada umumnya. Proses pemilihan dilakukan 2 tahap, yakni pemilihan kepala desa pada tahap 1 dan pemilihan wakil kepala desa pada tahap 2. Semua peserta yang tidak terpilih menjadi kepala desa pada tahap 1, akan diikutkan pada pemilihan wakil kepala desa di tahap 2.

Berdasarkan informasi yang disajikan, berilah tanda centang pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

  • A. Jika satu orang calon Kepala Desa laki-laki mengundurkan diri maka peluang terpilih Kepala Desa laki-laki adalah 60%.
  • B. Jika tiga orang calon Kepala Desa laki-laki dan satu orang calon Kepala Desa perempuan mengundurkan diri maka peluang terpilih Kepala Desa perempuan lebih dari 40%.
  • C. Jika calon Kepala Desa laki-laki dan perempuan masing-masing bertambah satu orang maka peluang terpilihnya Kepala Desa laki-laki lebih dari 65%.
  • D. Jika calon Kepala Desa laki-laki bertambah dua orang maka peluang terpilihnya Kepala Desa laki-laki kurang dari 65%.

Jawaban: A (Benar), B (Benar), C (Salah), D (Salah).

Untuk menjawab pertanyaan nomor 8, 9, dan 4 perhatikan data berikut!

Usaha Kaos Kaki

Bu Erna merupakan seorang penjahit kaos kaki. Usaha ini baru ditekuni Bu Erna selama 1 tahun. Bu Erna mengerjakan sendiri semua proses produksi kaos kakinya. Setiap bulannya Bu Erna selalu mendapatkan cukup banyak pesanan. Kaos kaki yang diproduksi Bu Erna terdiri dari kaos kaki bermotif dan polos.

Berikut ini jumlah kaos kaki yang sudah diproduksi oleh Bu Erna pada tahun 2020.

BulanMotifPolosJumlah
Januari201535
Februari203050
Maret343569
April552075
Mei464894
Juni256085
Juli7680156
Agustus584098
September5482136
Oktober5078128
November7075145
Desember5280132
Total5606431203

8. Data yang tepat terkait jumlah produksi tahun 2020 bulan Januari adalah...

  • A. 20, 15, 35
  • B. 20, 30, 50
  • C. 34, 35, 44
  • D. 560, 80, 132
  • E. 50, 78, 128

Jawaban: A.

9. Berapakah jumlah produksi kaos kaki bermotif selama satu tahun?

  • A. 643
  • B. 560
  • C. 1.203
  • D. 132
  • E. 178

Jawaban: B.

10. Berikut pasangan yang tepat terkait jumlah produk adalah...

  • A. Januari, 35
  • B. Februari, 69
  • C. Maret, 34
  • D. Juni, 60
  • E. Desember, 52

Jawaban: A.

Untuk menjawab pertanyaan nomor 11 dan 12 perhatikan data berikut!

Perumahan Peduli Lingkungan Sehat

Perumahan Peduli Lingkungan Sehat adalah sebuah komplek perumahan yang minimalis, bersih, dan rindang. Perumahan ini memiliki tipe rumah 21, 36, dan 54. Harga dari tipe rumah 21 adalah Rp220.000.000,00. Sedangkan harga tipe rumah 21 dengan 36 memiliki selisih yang sama dengan harga tipe rumah 36 dan 54, yaitu Rp140.000.000,00. Pembelian rumah ini dapat dicicil dengan bunga yang dihitung berdasarkan nilai dari periode sebelumnya.

Perhitungan cicilan:

Harga rumah dikurangi uang muka (apabila ada) kemudian dikali dengan bunga (1 + %bunga)waktu. Selanjutnya dibagi secara merata sesuai dengan jangka waktu cicilan.

11. Rumah tipe 21 akan dicicil selama 3 tahun. Berapakah perkiraan cicilan yang harus dibayar setiap tahun apabila sudah membayar uang muka sebesar Rp10.000.000,00?

  • A. Rp73.300.000,00.
  • B. Rp84.700.000,00.
  • C. Rp93.170.000,00.
  • D. Rp95.300.000,00.
  • E. Rp97.500.000,00.

Jawaban: C.

12. Berdasarkan kondisi tersebut, perhatikanlah pernyataan-pernyataan di bawah ini! Klik pada setiap pernyataan yang benar! Jawaban benar lebih dari satu!

A. Harga rumah tipe 54 adalah Rp260.000.000 juta lebih tinggi dari harga rumah tipe 21.

B. Tabungan selama 5 tahun adalah adalah Rp423.000.000,00.

C. Harga rumah tipe 54 adalah Rp500.000.000.

D. Seseorang tersebut masih harus menabung selama 10 bulan lagi untuk bisa membeli rumah tipe 54.

Jawaban: B, C.

Untuk menjawab pertanyaan nomor 13, 14, dan 15 perhatikan data berikut!

Tabung Oksigen

Tabung oksigen adalah wadah baja bertekanan tinggi dan non-reaktif untuk menyimpan oksigen yang digunakan untuk kebutuhan medis, terapeutik, ataupun diagnostik. Isi tabung berupa cairan yang terkonsentrasi dari lingkungan. Tabung oksigen terdiri dari berbagai ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Untuk penggunaan standar, isi dari tabung oksigen akan berkurang sebanyak 50 ml/ menit. Berikut ilustrasi ukuran bagian dalam tabung oksigen.

Salah satu bagian dari tabung oksigen adalah Humidifier. Humidifier merupakan alat untuk melembabkan O2 sebelum diterima pasien. Tujuannya adalah untuk mencegah iritasi mukosa saluran nafas pasien. Proses humidifikasi dilakukan dengan mengalirkan O2 ke humidifier yg diisi air untuk membentuk gelembung-gelembung udara guna menghasilkan uap air. Berikut ilustrasi humidifier beserta ukurannya.

Isi dari botol humidifier adalah air suling atau air distilasi yang memiliki batas maksimal pengisian yaitu 2/3 dari tinggi botol. Setelah digunakan dan air berkurang sampai batas minimal yaitu 1/3 dari tinggi botol, maka botol harus segera diisi ulang dengan air sampai batas maksimalnya kembali.

13. Tabung oksigen dengan ukuran lebih besar biasanya digunakan pada fasilitas kesehatan. Berapakah kapasitas maksimum dari tabung oksigen “B”?

  • A. 9,8 liter.
  • B. 15,4 liter.
  • C. 30,28 liter.
  • D. 43,12 liter.
  • E. 49 liter.

Jawaban: D.

14. Puskesmas biasanya menyediakan tabung oksigen dalam beberapa ukuran. Pada suatu waktu, tabung oksigen “A” yang isinya sudah tidak penuh digunakan. Setelah 40 menit digunakan, isi dari tabung tersebut habis dan diganti dengan menggunakan tabung “C” yang masih penuh selama 60 menit yaitu sampai keadaan pasien mulai pulih.

Berdasarkan kondisi penggunaan isi tabung oksigen tersebut, klik pada setiap pernyataan yang benar! Jawaban benar lebih dari satu!

A. Saat terisi penuh, tabung “A” berkapasitas maksimum 100 liter.

B. Sebelum digunakan hingga habis, isi dari tabung oksigen “A” yaitu 2 liter.

C. Penggunaan tabung “C” selama 30 menit menghabiskan 3 liter.

D. Sisa isi dari tabung “C” setelah penggunaan adalah 4,7 liter.

Jawaban: B, D.

15. Pengisian air pada humidifier harus selalu memperhatikan batas maksimum dan batas minimumnya. Tentukanlah benar atau salah untuk setiap pernyataan berikut! Klik pada kotak yang sesuai!

  • A. Batas minimum air pada humidifier yaitu 192,5 ml.
  • B. Batas maksimum air pada humidifier yaitu 539 ml.
  • C. Volume air yang harus ditambahkan saat air pada humidifier mencapai batas minimum adalah 192,5 ml.

Jawaban: A benar, B salah, C benar.

Untuk menjawab pertanyaan nomor 16 dan 17 perhatikan data dari uraian berikut!

Pembuatan Gula ArenGula aren merupakan gula tradisional yang terbuat dari air nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau.

Dalam proses pembuatan gula aren,air nira dimasak dan diaduk terus menerus sampai terkaramelisasi. Untuk sekali pemasakan seorang produsen dapat mengolah air nira sejumlah 5 liter dan memakan waktu 5 jam dengan api sedang. Dari 5 liter air nira yang dimasak hanya akan menyisakan 50% karamelisasi gula. Setelah gula berwarna coklat pekat dan masak, gula akan dicetak ke dalam cetakan batok kelapa berbentuk setengah bola.

Pengisian karamel gula aren ke dalam cetakan batok biasanya dilakukan sampai 80% dari volume yang dapat ditampung cetakan agar gula aren mudah diambil saat sudah mengeras. Agar menghasilkan 1 kg gula aren yang siap jual, pembuat membutuhkan sekitar 6 liter air nira saat musim kemarau. Dengan hasil gula yang sama, saat musim hujan air nira yang dibutuhkan sejumlah 8 liter karena saat musim hujan kadar air dalam nira akan lebih banyak.

16. Perhatikan bentuk dan ukuran cetakan batok gula aren yang disajikan!

Berapa banyak karamel gula yang dapat ditampung dalam satu cetakan batok!

  • A. 11,31 cm3.
  • B. 45,26 cm3.
  • C. 56,57 cm3.
  • D. 90,51 cm3.
  • E. 113,14 cm3.

Jawaban: B.

17. Pada musim kemarau, dalam sehari seorang pembuat gula aren mampu mengolah air nira menjadi gula sebanyak 6 kali pemasakan. Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan berikut yang benar! Jawaban benar lebih dari satu!

  • A. Karamel gula yang dihasilkan dalam sehari adalah sebanyak 18 liter.
  • B. Gula aren yang mampu dihasilkan dalam sehari adalah sebanyak 5 kg.
  • C. Karamel gula aren yang dibutuhkan untuk menghasilkan 2 kg gula aren adalah sebanyak 6 liter.
  • D. Dalam 1 kg gula aren, gula aren yang dihasilkan adalah sebanyak 100 kepingan gula.

Jawaban: B, C.

Baca juga artikel terkait ANBK atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ibnu Azis