tirto.id - Surat pernyataan telah menunaikan ibadah haji menjadi salah satu syarat dokumen seleksi Petugas Haji 2024/1445 H.
Menurut laman Instagram Kementerian Agama, pendaftaran untuk seleksi Petugas Haji dibuka dari 7 hingga 17 Desember 2023.
Pada formasi Petugas Haji 2024/1445 H, lowongan yang dibuka adalah posisi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kelompok Terbang (Kloter) dan PPIH Arab Saudi.
Bagi Anda yang ingin mendaftar bisa melakukannya secara daring melalui Aplikasi Pusaka, scan barcode, atau melalui laman resmi Kementerian Agama.
Bagi pelamar yang sudah memenuhi seluruh persyaratan, wajib mengikuti ujian berbasis komputer atau computer based test (CAT) yang akan dilaksanakan pada tingkat kabupaten/kota pada 21 Desember 2023.
Hasil seleksi akan diumumkan pada 23 Desember 2023. Bagi pelamar yang lolos, akan berlanjut ke seleksi di tingkat provinsi yang tidak hanya berupa ujian CAT, tapi juga wawancara pad 28 Desember 2023.
Lalu, untuk hasil seleksi tingkat provinsi ini rencananya akan diumumkan pada 11 Januari 2024.
Contoh Format Surat Pernyataan Pernah Menunaikan Ibadah Haji
Berikut adalah contoh format surat pernyataan pernah menunaikan ibadah Haji bagi peserta seleksi Petugas Haji 2024:
SURAT PERNYATAAN TELAH BERHAJI
Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
1. Nama Lengkap:...
2. Tempat dan Tanggal Lahir:...
3. Instansi / Lembaga: ...
4. Alama tKantor:...
5. Alamat Rumah:...
6. No.HP WA:...
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya telah menunaikan ibadah haji terakhir pada tahun ..............H/............ M.
Demikian surat pernyataan ini saya buat, apabila di kemudian hari terbukti bahwa pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia untuk diproses sesuai ketentuan yang berlaku.
.................., .........Januari 2023 Yang membuat pernyataan
Materai 10.000
.................................................
Tanda tangan dan nama lengkap
Guna melihat link PDF dari contoh format surat pernyataan pernah berhaji ini bisa mengklik link berikut ini.
Syarat Dokumen Pendaftaran Petugas Haji 2024
Berikut adalah sejumlah persyaratan administrasi atau dokumen yang harus dipenuhi bagi peserta rekrutmen PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter:
1. Surat usulan/rekomendasi dari pimpinan unit eselon I Kementerian/Mitra kerja Kementerian Agama/tenaga profesional/Organisasi kemasyarakatan Islam/Pondok Pesantren dan/atau Lembaga Pendidikan Islam
2. KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang sah.
3. Surat Keputusan kepegawaian terakhir bagi ASN (Aparatur Sipil Negara).
4. Surat pernyataan telah menunaikan ibadah haji dan/atau memahami bimbingan ibadah dan manasik haji (bagi calon pembimbing ibadah)
5. Surat Pernyataan Kesediaan melaksanakan tugas bimbingan manasik kepada jemaah haji pra keberangkatan.
6. Surat pernyataan mampu mengoperasikan Microsoft Office dan Aplikasi Pelaporan PPIH
7. Surat keterangan pernah menjadi panitia/petugas haji (Surat Keputusan atau sertifikat) bagi yang pernah menjadi petugas haji.
8. Surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah.
9. Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris/Arab, dan/atau bahasa isyarat untuk Pelaksana Layanan Jemaah Haji Penyandang Disabilitas yang dilegalisir lembaga resmi (bagi yang memiliki)
10. Surat izin suami bagi calon petugas perempuan.
Tata Cara Pendaftaran Petugas Haji 2024
Proses seleksi Petugas Haji 2023 dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi Pusaka Kemenag.
Berikut adalah tata cara pendaftaran Petugas Haji 2023, seperti dilansir dari laman Kementerian Agama:
1. Buka laman https://haji.kemenag.go.id/petugas/
2. Klik Pendaftaran Petugas
3. Isikan dengan data yang diperlukan dengan benar, data-data itu adalah:
- Kankemenag Kab-Kota/Kanwil Tempat Pendaftaran
- NIK (Nomor Induk Kependudukan) sesuai yang tercantum di KTP
- Nama Lengkap
- Tanggal Lahir
- Alamat email (email belum pernah digunakan untuk mendaftar di tahun sebelumnya)
- Nomor WhatsApp yang aktif
- Jenis tugas yang diminati
- Unggah surat rekomendasi dari instansi/lembaga
4. Klik Daftar
5. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, pelamar menunggu proses verifikasi dan approval dari Kankemenag Kab-Kota /Kanwil sesuai dengan pilihan tempat mendaftar.
6. Bila sudah diverifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat pendaftaran awal, maka pelamar akan menerima notifikasi melalui WhatsApp.
7. Apabila ternyata tidak memenuhi syarat, pelamar juga akan menerima pemberitahuan lewat WhatsApp. Pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat bisa langsung ke tahap pembuatan akun.
Cara Membuat Akun Calon Petugas Haji 2024
1. Buka laman https://haji.kemenag.go.id/petugas
2. Klik “Buat Akun”
3. Isikan NIK yang sesuai
4. Buat username (tanpa spasi) Harus dicatat dan selalu diingat (tidak boleh menggunakan username yang pernah digunakan di tahun-tahun sebelumnya)
5. Isikan alamat email (sebaiknya email baru yang belum pernah digunakan untuk mendaftar Petugas Haji di tahun sebelumnya)
6. Isikan password, dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka (harus dicatat dan selalu diingat)
7. Isikan konfirmasi password, sesuai password di atas
8. Klik “Buat Akun”
9. Setelah pembuatan akun berhasil dibuat, calon Petugas Haji akan diarahkan ke Aplikasi.
10. Pilih “Masuk”
11. Isikan username (tanpa spasi) dan password (kombinasi huruf besar, huruf kecil, dan angka, sesuai saat pembuatan akun
12. Klik “Masuk”
13. Lengkapi biodata serta unggah pas foto terbaru dengan latar belakang putih, tampak muka 80%, dengan ukuran maksimal 500kb. Unggah juga berbagai dokumen dalam bentuk file PDF dengan ukuran maksimal 2MB.
14. Periksa semua data dan dokumen dan pastikan tidak ada yang salah. Jangan lupa disimpan dan submit pendaftaran.
15. Tunggu proses verifikasi oleh Admin/Verifikator Kankemenag Kab-Kota/Kanwil Thp-1.
16. Bila verifikasi berhasil, maka di status di halaman biodata akan berubah menjadi: terverifikasi.
17. Unduh Kartu Peserta dan unduh/instal Aplikasi CAT Petugas pada Playstore.
Pendaftaran juga dapat dilakukan melalui Aplikasi Pusaka yang bisa diunduh di link berikut: Aplikasi Pusaka.
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Nur Hidayah Perwitasari