Cek BLT Anak Sekolah 2021 di cekbansos.kemensos.go.id, Cair Oktober

Oleh: Abdul Hadi - 28 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Cara cek bansos anak sekolah 2021 di cekbansos.kemensos.go.id yang akan cair pada Oktober.
tirto.id - Pelajar dari keluarga prasejahtera yang masuk dalam kategori Program Keluarga Harapan (PKH) akan menerima bantuan langsung tunai (BLT).

Pemberian BLT ini bervariasi tergantung jenjang sekolahnya. Peserta didik SD akan memperoleh Rp900 ribu, anak SMP akan memperoleh Rp1,5 juta, sementara anak SMA akan memperoleh Rp2 juta.

BLT anak sekolah ini dicanangkan akan cair pada Oktober 2021. Keluarga yang merasa berhak menerima BLT anak sekolah dapat mengecek namanya di laman https://cekbansos.kemensos.go.id/.

BLT anak sekolah bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dari jalur pendidikan. Dalam istilah internasional, BLT dikenal dengan conditional cash transfer (CCT) yang terbukti cukup berhasil menanggulangi kemiskinan kronis, sebagaimana dilansir laman Kementerian Sosial (Kemensos).

BLT dari PKH ini termasuk program unik. Ia sudah diterapkan sejak 2007 silam. Namun, di masa pandemi COVID-19, BLT kemudian menjadi salah satu program Kemensos dalam membantu jutaan keluarga yang terdampak COVID-19.

Selain BLT untuk anak sekolah, terdapat juga bantuan sosial (bansos) lainnya dari PKH. Rincian lengkapnya adalah sebagai berikut.

- Kategori Ibu Hamil/Nifas : Rp3.000.000,-

- Kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun : Rp3.000.000,-

- Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat : Rp900.000,-

- Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat : Rp1.500.000,-

- Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat : Rp2.000.000,-

- Kategori Penyandang Disabilitas berat : Rp2.400.000,-

- Kategori Lanjut Usia : Rp2.400.000,-

Syarat Penerima BLT Anak Sekolah 2021

Tidak semua pelajar berhak menerima BLT anak sekolah dari PKH. Kemensos merinci sejumlah syarat bagi pelajar yang menjadi penerima BLT anak sekolah sebagai berikut:

1. Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

2. Terdaftar di lembaga pendidikan formal yakni SD/SMP/SMA/SMK, serta non-formal seperti PKBM/SKB/LKP yang ada di daerahnya masing-masing.

3. Pelajar penerima BLT harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan Lembaga Pendidikan.

4. Apabila pelajar tidak memiliki KIP, ia dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke lembaga dinas pendidikan setempat.

5. Untuk yang tidak memiliki KKS, orang tua bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu atau SKTM pada RT/RW atau kelurahan tempatnya tinggal.

Jadwal Pencairan BLT Anak Sekolah Cair

Berdasarkan skema PKH, bantuan untuk anak sekolah ini dicairkan dalam empat jadwal, yaitu Januari, April, Juli, dan Oktober 2021.

Pencairan BLT anak sekolah tahap ke-4 untuk tahun ini dilakukan pada Oktober 2021. Keluarga yang merasa berhak menerima BLT anak sekolah dapat mengecek daftar nama penerima BLT tersebut di situs web Kemensos.

Bantuan PKH untuk BLT anak sekolah ini bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas pendidikan anak seperti biaya SPP pendidikan, biaya ekstrakurikuler, hingga membeli kebutuhan peralatan sekolah.

Di masa pandemi COVID-19, BLT ini bisa dibelikan paket internet untuk mengikuti pembelajaran secara daring, buku penunjang pendidikan, dan kebutuhan lainnya untuk menjamin kelangsungan pendidikan selama pandemi.

Cara Cek Penerima Bansos dan Link-nya

Penerima bansos BLT anak sekolah akan dirilis pada laman https://cekbansos.kemensos.go.id/. Cara mengecek apakah Anda terdaftar sebagai penerima BLT anak sekolah adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke laman https://cekbansos.kemensos.go.id/;

2. Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan di kolom yang disediakan;

3. Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai data di KTP;

4. Ketikkan 8 huruf kode captcha yang tertera;

5. Jika kode kurang jelas, klik ikon "refresh" untuk mendapatkan kode baru;

6. Klik opsi "CARI DATA";

7. Data hasil pencarian akan ditampilkan pada laman https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Penyaluran BLT anak sekolah ini dilakukan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yakni Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Mandiri, dan Bank Tabungan Negara (BTN).

LINK CEK NAMA PENERIMA BLT ANAK SEKOLAH 2021


Baca juga artikel terkait BANSOS 2021 atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight