Cara Merayakan Hari Bumi 2022: Menghemat Energi hingga Pengomposan

Kontributor: Balqis Fallahnda - 22 Apr 2022 08:12 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berpartisipasi merayakan Hari Bumi 2022, berikut daftar kegiatannya.
tirto.id - Hari Bumi Sedunia (earth day) diperingati setiap tanggal 22 April. Hari bumi dapat menjadi momen pengingat bagi semua masyarakat untuk menjaga bumi dari kerusakan.

Penting untuk disadari: menjaga kelestarian lingkungan dan beradaptasi dengan cara hidup lebih ramah dengan lingkungan adalah tugas semua orang.

Hari Bumi pada tahun 2022 mengambil tema "Invest in Our Planet" atau Investasi di Planet Kita dengan sub tema "Nature in the Race to Zero" atau "Alam dalam Perlombaan Menuju Nol".

Kita perlu mencapai nol emisi gas rumah kaca pada pertengahan abad untuk menjaga suhu global di bawah 1,5°C. Sementara fokus utamanya adalah pada pengurangan ketergantungan bahan bakar fosil.

Meningkatnya bencana alam, cuaca ekstrem, dan suhu global perlu diperlambat atau dihentikan. Mungkin ini tampak mustahil bagi satu, apalagi jutaan atau bahkan miliaran manusia.

Tapi tindakan kecil, seperti memungut sampah di trotoar yang mungkin bisa berdampak pada ekosistem di laut, masih dinilai bisa memberikan perubahan penting.


Cara Merayakan Hari Bumi 2022

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berpartisipasi merayakan hari bumi, berikut kegiatan yang dapat dilakukan sebagaimana disarikan dari Earthwatch Institute dan Global Citizen.

1. Menggunakan botol minum sendiri

Sebagian besar air mineral dikemas dalam botol sekali pakai. Botol-botol tersebut hanya akan berakhir di tempat sampah, lautan, dan tempat lain yang membahayakan organisme dan lingkungan.

Menggunakan botol minum sendiri dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi tindakan kecil yang bemanfaat besar bagi lingkungan.

2. Membersihkan lingkungan

Di hari bumi, Anda dapat lebih memperhatikan lingkungan sekitar dengan membersihkan sampah. Berkeliling di kompleks rumah sambil membawa kantong sampah dan memungutnya dapat menjadi pilihan kegiatan di hari bumi.

Infografik SC Merayakan hari Bumi
Infografik SC Merayakan hari Bumi. tirto.id/Sabit


3. Menghemat energi di rumah

Setiap bangunan termasuk rumah banyak mengkonsumsi energi untuk listrik. Efesiensi penggunaan energi dapat dilakukan dengan mematikan lampu dan barang elektronik jika sudah tidak dibutuhkan. Memakai peralatan elektronik hemat energi juga bisa dilakukan.

4. Membuat taman hujan

Membuat taman hujan dengan menanam tanaman hijau di halaman depan atau belakang rumah dapat menjadi kegiatan bermanfaat. Di samping mempercantik rumah, tanaman dapat membantu meningkatkan kualitas air dan mencegah banjir.

5. Melakukan pengomposan

Pengomposan makanan dan bahan yang dapat terurai secara hayati adalah cara yang bagus untuk memberi makan tanah, organisme di dalam tanah, dan kehidupan tanaman sambil mengurangi limbah.


Baca juga artikel terkait HARI BUMI 2022 atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight