Cara Cek Penerima Program Indonesia Pintar (PIP): SD, SMP, SMA-SMK

Oleh: Yuda Prinada - 2 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara cek penerima Program Indonesia Pintar (PIP) untuk siswa SD, SMP, hingga SMA-SMK.
tirto.id - Pencairan PIP (Program Indonesia Pintar) dapat dilakukan oleh siswa-siswi dari jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK yang sudah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar). Lantas, bagaimana cara mencairkan PIP ini?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggencarkan bantuan untuk para siswa yang masih bersekolah pada akhir 2020. Tentunya, dana yang nantinya akan diterima dapat membantu para siswa yang kesulitan dalam biaya pendidikannya seperti pembelian alat tulis, bayaran sekolah, dan lain-lain.

Program Indonesia Pintar yang dijalankan oleh Kemendikbud ini adalah bantuan tunai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diberikan kepada anak usia sekolah mulai dari enam hingga 21 tahun yang ekonominya tergolong menengah ke bawah.

Menurut Kemendikbud, PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal SD sampai SMA/SMK dan jalur non formal Paket A sampai Paket C, serta pendidikan khusus.

Tentunya, terdapat kriteria prioritas kepada anak yang nantinya dapat melakukan pencairan PIP. Orang yang memiliki KIP akan dijadikan sebagai yang lebih membutuhkan. Setelah itu, ada tipe pertimbangan khusus yang meliputi peserta Program Keluarga Harapan, pemegang Kartu Keluarga Sejahtera, anak yatim/piatu, terdampak bencana, mantan siswa drop out, mengalami kelainan fisik, atau sedang menjalankan pendidikan nonformal.

Selain itu, nilai dari bantuan yang diberikan akan berbeda setiap jenjang pendidikannya. Para peserta didik SD akan mendapatkan uang sebanyak Rp450.000, SMP memperoleh Rp750.000, dan SMA atau SMK dapat Rp1.000.000 setiap tahunnya.



Cara Cek Penerima PIP

Sebelum dapat melakukan pencairan, peserta didik harus mengetahui terlebih dahulu apakah dirinya sudah tercantum sebagai salah satu penerima PIP atau bukan.

Untuk mengetahui hal tersebut cukup mudah. Peserta didik atau orang tua/wali dapat mengakses laman pip.kemendikbud.go.id/home. Sebelum mengakses website tersebut diharapkan menyiapkan data berupa Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN), tanggal lahir peserta didik, dan nama ibu kandungnya.

Ketika membuka laman Kemendikbud khusus penerima Program Indonesia Pintar akan terlihat tiga kolom. Dengan data yang sudah disiapkan, seseorang dapat dengan mudah mengisinya. Lalu, klik tombol cari.

Cara Pencairan PIP

Berdasarkan catatan di jendela.kemdikbud.go.id, jika seseorang ingin melakukan pencairan PIP hanya perlu membawa KIP serta beberapa dokumen yang bisa mensahkan kebenaran akan kepemilikan kartu tersebut.

Setelah sudah memiliki bukti pendukung, peserta didik atau orang tuanya dapat mengambil uang yang diberikan sebagai bantuan di bank penyalur terdekat yang sudah ditetapkan pemerintah di setiap daerah.

Baca juga artikel terkait PROGRAM INDONESIA PINTAR atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight