Cara Atasi Nyeri Sakit Kepala Tanpa Obat Medis

Oleh: Febriansyah - 12 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Mengompres kepala dan meminum teh herbal seperti jahe, bisa membantu meredakan nyeri akibat sakit kepala.
tirto.id - Mengatasi nyeri akibat sakit kepala, tidak selamanya dengan meminum obat pereda. Ada beberapa metode alami yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Salah satu hal yang mungkin kerap kita lakukan adalah tidur. Namun terkadang tidur membuat sakit kepala malah bertambah seperti tidur singkat.

Melansir dari Medical News Today, beberapa solusi untuk mengatasi sakit kepala selain tidur bisa dilakukan di rumah dan hal ini dekat dengan kita.

Air

Cara menghilangkan sakit kepala dengan minum air. Air minum akan menghentikan dehidrasi, yang bisa menjadi penyebab banyak sakit kepala.

Minum air yang cukup dapat membantu mencegah sakit kepala atau mengurangi keparahannya.

Dehidrasi dapat menjadi penyebab banyak sakit kepala sederhana. Itu juga dapat mengubah cara seseorang merasakan, bertindak, atau berpikir.

Sebuah studi dalam jurnal Antioksidan mencatat, bahkan sedikit dehidrasi dapat mengubah cara orang berpikir dan berfungsi, membuat mereka merasa lebih buruk, dengan atau tanpa sakit kepala.

Air dapat membantu membuat seseorang dalam situasi ini merasa lebih baik. Satu studi lainnya yang diterbitkan dalam Journal of Evaluation in Clinical Practice mencatat bahwa air minum tidak mengurangi berapa lama orang mengalami sakit kepala, tetapi hal itu membuat mereka secara subjektif merasa lebih baik.

Kompres Dingin

Kompres dingin bisa menjadi solusi sakit kepala sederhana yang dimiliki banyak orang.

Menerapkan kompres es atau benda dingin lainnya ke kepala atau leher dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di daerah tersebut.

Melakukan hal itu untuk sementara waktu bisa meredakan sakit kepala.

Sebuah studi di Hawai'i Journal of Medicine & Public Health menemukan bahwa menempelkan es ke leher selama 30 menit secara signifikan mengurangi rasa sakit pada orang yang migrain.

Kompres Hangat

Dalam kasus lain, seperti dengan sakit kepala tegang di mana otot terlalu ketat, kompres hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot dan membawa kelegaan.

Kompres hangat bisa sesederhana handuk yang dipanaskan. Orang mungkin bisa mendapatkan efek yang sama dari mandi air hangat.

Matikan Lampu

Beberapa orang yang sakit kepala menjadi peka terhadap cahaya. Lampu kantor yang terang atau bahkan cahaya terang dari telepon pintar dapat membuat gejala menjadi lebih buruk.

Mungkin membantu untuk beristirahat di ruangan yang gelap atau remang-remang sambil pulih dari sakit kepala.

Minum Teh Herbal

Teh herbal dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala, misalnya, teh jahe.

Satu studi 2013 menemukan bahwa bubuk jahe memiliki efek yang mirip dengan obat umum untuk mengurangi migrain. Teh sederhana dengan air hangat dan bubuk jahe dapat membantu mengatasi gejala.

Teh yang berpotensi menenangkan lainnya termasuk herbal seperti peppermint, chamomile, dan lavender.

Olahraga

Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sirkulasi yang lebih baik, yang dapat mengurangi kemungkinan sakit kepala.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Children mencatat bahwa terlalu sedikit olahraga justru dapat memengaruhi sakit kepala di kalangan remaja.

Olahraga teratur dan sedang bisa membantu, seperti jalan cepat atau naik sepeda selama 30 menit sehari.

Kafein

Minum minuman dengan kafein, seperti kopi, teh, atau soda, terkadang dapat membantu meredakan sakit kepala.

Beberapa obat penghilang sakit yang dirancang untuk sakit kepala termasuk kafein, karena senyawa ini dapat meningkatkan efektivitasnya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Headache and Pain notes, kafein dengan sendirinya dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala tegang atau migrain.

Kafein cenderung mengendurkan pembuluh darah, yang dapat mendukung sirkulasi dan meredakan ketegangan.


Baca juga artikel terkait SAKIT KEPALA atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Febriansyah
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight