BTS Masuk dalam Nominasi Reader Poll Majalah TIME 2019

Oleh: Syarifah Aini - 30 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
BTS masuk nominasi Reader Poll Majalah TIME 2019 bersama Lady Gaga hingga Presiden Korea Selatan yaitu Moon Jae-in.
tirto.id - Idol group asal Korea Selatan BTS masuk nominasi dalam Reader Poll untuk Majalah TIME edisi tahun 2019.

Dilansir dari Soompi pada Jumat (29/3/2019), idol group asuhan Big Hit Entertaiment ini berdansing bersama beberapa pesohor dunia seperti Michelle Obama, Alexandria Ocasio-Cortez, Greta Thunberg, Jacinda Arden, Christine Blasey Ford, Justin Trudeau, Serena Williams, Bernie Sanders, Lady Gaga, Presiden Korea Selatan yaitu Moon Jae-in, dan masih banyak lagi.

Setiap tahunnya, majalah TIME membuat daftar 100 tokoh paling berpengaruh di dunia. Tokoh-tokoh ini termasuk artis, pemimpin, ilmuan, aktivis, hingga pengusaha.

Para 100 tokoh yang terpilih dalam TIME 100 ini merupakan tokoh-tokoh yang secara signifikan telah memberikan dampak yang besar terhadap dunia.

Sementara itu, nominasi Reader Poll sendiri, merupakan nominasi tokoh-tokoh yang memiliki peluang untuk masuk dalam daftar TIME 100.

Diadakannya Reader Poll ini sendiri untuk mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut berpartisipasi dalam memilih tokoh yang kayak masuk dalam TIME 100.

Meski hasil dari Reader Poll tidak sepenuhnya menjadi tolak ukur masuknya tokoh tersebut dalam daftar 100 TIME, namun setidaknya hasil dari voting tersebut menjadi salah satu pertimbangan penilaian bagi para juri.

Sebelum masuk dalam nominasi Reader Poll dalam TIME 100 ini, boy group beranggotakan 7 personel ini telah berhasil memenangi reader poll TIME 100 edisi tahun 2018 lalu.

Dilansir dari laman majalah TIME 17 April 2018, BTS berhasil menduduki posisi pertama dan berhasil mengalahkan tokoh berpengaruh lainnya dengan perolehan voting sebesar 15 persen.

Tokoh-tokoh berpengaruh yang berhasil dikalahkan oleh BTS ketika itu diantaranya Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (dengan perolehan 5 persen) dan Barack Obama (dengan perolehan 3 persen).

Tokoh lain yang juga berhasil dikalahkan oleh BTS kala itu diantaranya Rihanna, Beyonce, Shawn Mendes dan Bruno Mars yang masing-masing memperoleh voting sebanyak 2 persen.


Masuknya BTS dalam nominasi Reader Poll ini didasarkan atas keberhasilan BTS membawa gelombang musik K-Pop ke skala global. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Entertainment Weekly, BTS berhasil membawa pengaruh globalnya melalui karya-karya mereka yang berhasil menguasai tangga lagu Billboard selama 3 bulan berturut-turut.

BTS juga meraih total 5 miliar streaming di Apple Music dan Spotify, hingga keberhasilan BTS dalam menjual tiket konser World Tour mereka di Staples Center, Los Angeles hingga Wembley Stadium, London.

Rencananya, voting suara untuk pemilihan Reader Poll untuk TIME 100 edisi 2019 akan dimulai pada 16 April 2019 tengah malam EST melalui website resmi TIME berikut ini.

Sementara daftar TIME 100 akan diumumkan dua hari setelahnya yaitu pada 18 April mendatang.

Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)


Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yantina Debora
Kontributor: Syarifah Aini