Bantuan Pemprov DKI ke Pencari Suaka Tidak untuk Jangka Panjang

Oleh: Haris Prabowo - 21 Juli 2019
Anies Baswedan menyatakan Pemprov DKI akan berupaya memenuhi kebutuhan makan dan air para imigran pencari suaka di Kalideres. Namun, bantuan itu tidak untuk jangka panjang.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pempro DKI Jakarta sudah berupaya memenuhi kebutuhan dasar para imigran pencari suaka yang kini mengungsi di Gedung eks Kodim 0503 Kalideres, Jakarta Barat.

"Bagian kami adalah ikut memastikan siapa saja berada di wilayah DKI ini terfasilitasi kebutuhannya dasarnya. Air, makanan, kita bantu di situ. Kita sambil lihat jangka panjang karena harus ada solusi permanen," kata Anies saat ditemui di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019).

Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi kebutuhan imigran dalam konteks kemanusiaan saja. Sebab, secara kewenangan, hal itu bukan ranah Pemprov DKI.

"Secara kewenangan kami sesungguhnya tidak memiliki kewenangan, tetapi kenyataan mereka ada di wilayah kami, di Jakarta. Maka kami membantu sebatas aspek kemanusiaannya, sementara jangka panjang bukan kewenangan kita," ujar dia.

Dia menambahkan UNHCR bersama Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM lebih bertanggung jawab untuk mengurus kebutuhan para imigran.

Soal penolakan warga Kelurahan Kalideres, Jakarta Barat, terhadap keberadaan para imigran di Gedung eks Kodim, Anies enggan berkomentar banyak.

"Ya kami berharap untuk bisa dikelola. Dan kami juga menharapkan agar pemerintah pusat bisa lebih cepat menyelesaikan," ujar dia.


Baca juga artikel terkait PEMPROV DKI atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight