Dinsos DKI Beri 2.200 Porsi Makan per Hari ke Pencari Suaka UNHCR

Oleh: Haris Prabowo - 12 Juli 2019
Para pencari suaka asal Afganistan, Somalia, dan Sudan yang berkumpul di Kalideres disediakan 2.200 porsi makan per hari.
tirto.id - Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah mengatakan pihaknya akan lebih pro-aktif membantu imigran asal Afganistan, Somalia, dan Sudan yang sempat terpencar di beberapa wilayah Jakarta.

Saat ini, setelah dikumpulkan menjadi satu tempat di Kalideres, Jakarta Barat, Dinsos sudah menyiapkan 2.200 porsi makan untuk para imigran dalam sehari.

"Ya dikasih [makan] dong. Masa enggak dikasih. Karena kan kemanusiaan kan harus dikasih makan layaknya manusia. Sehari dua kali makan. Paling tidak siang dan malam. Jadi kita buka dapur umum di Jakarta Barat. Kalau dibawa ke lokasi sekarang ini di Kalideres, kita siapkan 1.100 [porsi] makanan. Karena bertambah terus orangnya," katanya saat dihubungi, Jumat (12/7/2019) siang.

Sampai Kamis (11/7/2019) malam, kata Irmansyah, pihaknya bersama UNHCR sudah menghitung jumlah total pengungsi sebanyak 998 orang. Namun, kemudian bertambah menjadi sekitar 1.100-an orang.

"Mereka datang pakai kendaraan sendiri. Jam 10 atau jam 11 datang sendiri. Kemungkinan bukan dari Kebon Sirih. Kalo Kebon Sirih kan 250 kan. Jadi kami akan menampung selama 7 hari," katanya.

Per Kamis (11/7/2019) lalu, semua pengungsi imigran yang berada di Jalan Kebon Sirih dan Tambora akhirnya dipindahkan dan dijadikan satu tempat di Kalideres, Jakarta Barat.

Hal tersebut sesuai dengan usulan Sekda DKI Jakarta Saefulloh pada Rabu (10/7/2019) lalu.

"Kita coba tidak jauh dari kantornya yang di Kalideres. Kan di situ sebetulnya dulu mereka difasilitasi di situ. Nah, ada kekurangan bahan makanan, makanya mereka lapor ke UNHCR di sini [Jalan Kebon Sirih]. Supaya didengarkan mereka nginep di situ kan," kata Saefullah saat ditemui di Balai Kota, Rabu (10/7/2019) sore.


Baca juga artikel terkait PENCARI SUAKA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri