Layanan Kesehatan SMK

Apa Saja Peluang Usaha di Bidang Kesehatan?

Penulis: Yonada Nancy, tirto.id - 5 Sep 2023 06:25 WIB | Diperbarui 8 Okt 2023 22:51 WIB
Dibaca Normal 5 menit
Berikut ini informasi apa saja profesi dan pekerjaan di bidang layanan kesehatan beserta penjelasan tugasnya.
tirto.id - Sektor kesehatan terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Seiring berkembangnya sektor kesehatan, maka peluang usaha di bidang kesehatan semakin beragam.

Nyatanya, saat ini peluang usaha layanan kesehatan semakin bervariasi dari pada beberapa dekade sebelumnya. Contoh bisnis layanan kesehatan yang marak baru-baru ini adalah pembuatan aplikasi telemedicine.

Aplikasi telemedicine biasa dikembangkan oleh startup kesehatan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna berkonsultasi dengan dokter dan tenaga kesehatan profesional di mana pun dan kapanpun.

Ada juga bisnis kesehatan yang menguntungkan seperti membuka praktik dokter, mendirikan klinik tumbuh kembang anak, hingga menyediakan jasa homecare. Setiap ide bisnis layanan kesehatan semacam itu memiliki potensi keuntungan yang besar karena banyak dibutuhkan.

Apa Itu Bisnis Layanan Kesehatan?


Pengertian bisnis layanan kesehatan secara umum adalah jenis usaha yang memberikan layanan di bidang kesehatan dan perawatan tubuh.

Menurut Nurelah dan Mawardani dalam Dasar-Dasar Layanan Kesehatan (2022) adalah sebuah bisnis layanan kesehatan harus memenuhi lima syarat pokok.


Syarat pertama adalah tersedia dan berkesinambungan. Artinya, bisnis kesehatan sebaiknya menyediakan layanannya kepada seluruh masyarakat dan secara terus menerus atau berkelanjutan.

Syarat kedua adalah bisnis haruslah dapat diterima dan wajar. Pastikan bisnis berjalan sesuai dengan standar, etika, dan norma-norma yang berlaku.

Syarat ketiga adalah bisnis mudah dicapai atau accesible. Pastikan bahwa bisnis kesehatan bertempat di wilayah-wilayah yang membutuhkan layanan tersebut dan bisa diakses dengan mudah.

Kemudian, syarat keempat adalah bisnis harus mudah dijangkau atau affordable. Terakhir, syarat yang kelima bisnis kesehatan harus bermutu dan diberikan oleh tenaga profesional dan berkompeten.


Peluang Usaha Layanan Kesehatan


Peluang usaha layanan kesehatan sangat beragam, bisa sebagai penyedia jasa maupun barang. Menurut Wulan Desi Arisandy dalam Modul Kebutuhan Dasar Manusia Kelas XI (2022), setidaknya ada dua faktor yang harus seimbang untuk mempertahankan kesehatan.

Kedua faktor itu adalah fisiologis dan psikologis. Faktor fisiologis berkaitan dengan kondisi fisik, seperti kesehatan jantung, kesehatan mata, kesehatan pencernaan, dan organ fisik lainnya. Sementara itu, psikologis berkaitan dengan kondisi mental, kejiwaan, dan pikiran.

Setiap faktor tersebut tentu perlu dijaga kesejahteraannya dengan melakukan berbagai aktivitas kesehatan hingga tindakan medis. Hal-hal semacam inilah yang nantinya bisa dikembangkan sebagai peluang usaha layanan kesehatan.

Peluang usaha layanan kesehatan ini nantinya bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan sesuai kebutuhan konsumen sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Dikutip dari Small Business Trends, berikut ini beberapa ide bisnis layanan kesehatan:

1. Membuka Layanan Praktik Dokter

Praktik dokter adalah salah satu bentuk bisnis layanan kesehatan yang paling umum. Dokter-dokter umum atau spesialis menjalankan praktik pribadi atau bekerja di rumah sakit untuk memberikan perawatan medis kepada pasien.

2. Mendirikan Klinik Kesehatan Mental

Klinik kesehatan mental adalah usaha di bidang kesehatan yang menyediakan layanan konseling, terapi, dan perawatan.

Adapun layanan di klinik kesehatan mental spesifik diberikan bagi individu yang mengalami masalah kesehatan mental. Contoh masalah kesehatan mental tersebut seperti depresi, kecemasan, atau gangguan bipolar.

3. Membuka Layanan Apotek

Membuka apotek juga merupakan peluang usaha layanan kesehatan yang menjamur sejak lama. Apotek adalah tempat di mana pasien dapat membeli obat-obatan dan produk-produk kesehatan lainnya.

Tidak hanya itu, apotek juga menyediakan jasa apoteker yang dapat memberikan informasi dan konsultasi mengenai penggunaan obat-obatan, hingga meracik obat-obatan khusus dari resep dokter.

4. Menyediakan Layanan Asuransi Kesehatan

Layanan asuransi kesehatan juga merupakan peluang usaha layanan kesehatan yang menjanjikan. Bisnis layanan asuransi kesehatan ini menawarkan polis perlindungan kepada klien terkait risiko kesehatan.

Umumnya, perusahaan asuransi akan menyediakan biaya perawatan medis, termasuk kunjungan dokter, rawat inap, dan prosedur medis lainnya.

5. Membuka Klinik Kecantikan

Klinik kecantikan juga merupakan contoh ide bisnis layanan kesehatan. Klinik kecantikan beroperasi dengan menyediakan berbagai layanan perawatan kulit dan kecantikan.

Contoh layanan di dalam klinik kecantikan seperti facial, perawatan laser, tindakan bedah kosmetik, dan sebagainya.

6. Mendirikan Klinik Gigi

Seiring berkembangnya zaman, masyarakat semakin sadar bahwa merawat kesehatan gigi adalah hal yang penting. Oleh karena itu, mendirikan klinik gigi bisa menjadi bisnis kesehatan yang menguntungkan.

7. Menjual Alat Kesehatan

Bisnis menjual alat kesehatan cukup marak dilakukan oleh para pelaku bisnis di bidang kesehatan saat ini. Bisnis menjual alat kesehatan tidak hanya dilakukan sebagai pemasok, tetapi juga penyedia layanan pemesanan atau inden.

Hal ini karena beberapa jenis alat kesehatan langka sehingga harus di pesan dari pabrik produksi yang terkadang ada di luar negeri.

8. Menjadi Personal Trainer (PT)

Personal trainer (PT) adalah orang yang bertugas dalam memberikan pelatihan kepada individu untuk hidup sehat. Mereka biasa ditugaskan di pusat kebugaran atau rumah masing-masing kliennya.

Menjadi seorang PT dapat membantu orang mencapai dan menjaga kebugaran fisik mereka. Bisnis menjadi PT juga menjadi peluang bagus dalam industri kesehatan.

9. Menjadi Influencer Kesehatan di Media Sosial

Menjadi influencer kesehatan di media sosial juga menjadi ide bisnis layanan kesehatan yang cukup menjanjikan. Menjadi influencer di media sosial haruslah memiliki pengetahuan yang kuat tentang kesehatan.

Mereka berperan untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada banyak orang.

10. Mengembangkan Aplikasi Telemedicine

Aplikasi telemedicine saat ini memang marak digunakan masyarakat, khususnya sejak pandemi COVID-19 lalu. Hal ini karena aplikasi telemedicine dapat membantu pasien mendapatkan akses ke layanan kesehatan dengan lebih mudah dan cepat.

Oleh karena itu, mengembangkan aplikasi telemedicine bisa menjadi peluang usaha layanan kesehatan yang menjanjikan.

11. Membudidayakan Tanaman Obat

Tanaman obat memiliki potensi besar dalam pengobatan alternatif. Tidak hanya itu, tanaman obat juga banyak dibutuhkan untuk penelitian.

Usaha membudidayakan tanaman obat bisa dilakukan dengan menanam berbagai jenis tanaman obat dan olahannya. Hasil budidaya dan olahannya nanti dapat didistribusikan ke berbagai sektor yang membutuhkan, termasuk sektor kesehatan.

12. Menyediakan Layanan Katering Diet Medis

Katering diet medis adalah layanan penyedia makanan khusus sesuai kondisi kesehatan masing-masing pasien.

Katering diet medis ini memungkinkan penderita diabetes, jantung, kolesterol, dan penyakit lainnya memperoleh makanan yang layak, bersih, berkualitas, serta aman dan sehat untuk kondisinya.

13. Menyediakan Jasa Perawat Homecare

Bisnis penyedia jasa perawat homecare atau home-caregiver adalah bisnis kesehatan yang marak sejak beberapa tahun terakhir. Bisnis ini memungkinkan klien menerima jasa caregiver untuk merawat orang yang sakit, lumpuh, lansia, dan kondisi lainnya.

Layanan ini memiliki potensi besar karena layanan yang sangat dibutuhkan di berbagai komunitas.

14. Membuka Layanan Fisioterapi

Layanan fisioterapi, seperti praktik fisioterapi atau klinik fisioterapi juga merupakan bentuk ide bisnis layanan kesehatan. Layanan fisioterapi dapat membantu pasien memulihkan mobilitas mereka.

Layanan ini biasa diperlukan dalam tahap pemulihan setelah cedera atau operasi.

15. Mendirikan Biro Wisata Medis

Wisata medis (medical tourism) memiliki peluang keuntungan yang begitu besar. Wisata medis adalah wisata yang dilakukan oleh wisatawan untuk keperluan medis.

Hal ini bisa dijadikan peluang dalam membuka biro wisata medis. Biro wisata medis dapat menghubungkan pasien dengan fasilitas medis di luar negeri yang menawarkan perawatan berkualitas dengan harga lebih terjangkau.

16. Mendirikan Laboratorium Kesehatan

Laboratorium kesehatan adalah tempat di mana tes medis dilakukan. Mendirikan laboratorium kesehatan juga bisa menjadi alternatif bisnis di bidang kesehatan yang menjanjikan.

17. Menyediakan Layanan Terapi Wicara

Layanan terapi wicara juga merupakan contoh ide bisnis kesehatan yang menguntungkan. Layanan terapi wicara diperlukan untuk membantu individu dengan masalah bicara dan bahasa. Layanan ini bisa diberikan untuk anak-anak maupun orang dewasa.

18. Menyediakan Layanan Terapi Okupasi

Bisnis layanan terapi okupasi membantu orang mengatasi hambatan dalam aktivitas sehari-hari. Penyedia layanan terapi okupasi dapat bertugas dalam membantu pasien meningkatkan kualitas hidup dengan mencapai kemandirian mereka.

19. Mendirikan Klinik Pengobatan Alternatif

Pengobatan alternatif seperti akupunktur, refleksologi, dan terapi holistic semakin diminati. Mendirikan klinik pengobatan alternatif dapat memenuhi permintaan ini.

20. Mendirikan Klinik Kesuburan

Klinik kesuburan adalah bisnis yang banyak dibutuhkan saat ini. Sesuai namanya, klinik kesuburan memungkinkan pasien memperoleh solusi dari masalah ketidaksuburan hingga perencanaan program hamil.

Klinik kesuburan biasanya akan diisi tim medis yang terampil dan teknologi terkini untuk mengatasi kmasalah pasien dalam mendapatkan keturunan.

Contoh layanan di klinik kesuburan bisa berupa layanan bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) hingga inseminasi buatan.

21. Mendirikan Pusat Kebugaran

Kesehatan fisik dan kebugaran menjadi perhatian banyak orang saat ini saat ini. Peluang usaha terkait kebutuhan masyarakat itu adalah dengan mendirikan pusat kebugaran atau gym.

Layanan kesehatan di pusat kebugaran bukan hanya menyediakan peralatan olahraga. Pelaku bisnis juga bisa menyediakan berbagai program pelatihan, seperti yoga, boot camp, atau kelas latihan lainnya yang menarik.

22. Mendirikan Klinik Diet

Klinik diet juga menjadi peluang usaha layanan kesehatan yang menjamur saat ini. Klinik diet menawarkan jasa konsultasi dan perencanaan program diet untuk membantu kliennya memeproleh berat badan yang ideal.

Klinik diet biasanya diisi oleh para ahli gizi dan profesional kesehatan yang kompeten di bidangnya.


Baca juga artikel terkait LAYANAN KESEHATAN atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dhita Koesno

DarkLight