Apa Itu Permainan Tradisional Bentengan & Bagaimana Aturan Mainnya?

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar, tirto.id - 15 Sep 2022 18:22 WIB | Diperbarui 16 Sep 2022 07:54 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal apa itu permainan tradisional Bentengan dan bagaimana aturan permainan tersebut?
tirto.id - Bentengan merupakan permainan tradisional Betawi yang dimainkan secara berkelompok. permainan ini merupakan permainan tradisional berkelompok yang membutuhkan ketangkasan, kecepatan berlari, dan strategi yang handal.

Dikutip dari laman web Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, setiap pemain harus menjaga wilayah atau “benteng” mereka sekaligus menangkap lawan yang ingin masuk. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mengambil alih wilayah atau “benteng” lawan. Berikut adalah aturan dan cara bermain permainan Bentengan.


Aturan dan Cara Main Bentengan




Sebelum memulai permainan, kelompok yang bermain dibagi menjadi dua kelompok dengan masing-masing beranggotakan 4-8 orang. Kemudian tentukan tempat untuk bermain. Sangat disarankan untuk bermain di tempat yang luas dan datar karena akan harus banyak berlari ketika bermain Bentengan.

Setiap kelompok berdiri pada wilayahnya sendiri yang juga disebut area aman. Kemudian beberapa pemain yang menjadi penyerang bisa mencoba untuk menyerang benteng lawan dengan meninggalkan area aman mereka.

Penyerang ini apabila disentuh oleh penjaga di luar area amannya maka ia akan “dipenjara”. Penjaga bertugas menjaga wilayahnya sendiri agar tidak disentuh pihak lawan, sementara penyerang bertugas untuk mencari celah dan menyentuh benteng lawan.

Ada juga peran mata-mata yang bertugas untuk mengawasi lawan yang sudah lama tidak menyentuh benteng. Selain itu ada juga peran pengganggu yang bertugas untuk memancing lawan untuk keluar dari area aman mereka.

Selain dengan mengambil alih benteng, kelompok juga bisa memenangkan bentengan dengan acara memasukkan semua anggota kelompok lawan ke dalam penjara. Namun, anggota yang sudah dipenjara juga bisa dibebaskan oleh rekan sekelompoknya dnegan menyentuh mereka di wilayah penjara.

Jika setiap anggota kelompok dapat memahami tugas dan perannya dengan baik, ditambah dengan strategi yang tepat, permainan ini bisa dimenangkan dengan mudah.

Permainan tradisional ini selain menyenangkan juga memiliki beberapa manfaat. Dilansir dari laman web Bina Qurani Islamic School, berikut adalah manfaat permainan Bentengan.


Manfaat Permainan Bentengan



1. Melatih Kecepatan dan Kelincahan

Manfaat utama yang bisa dirasakan dalam bermain permainan bentengan adalah melatih dan menambah kecepatan dan kelincahan. Permainan ini menuntut pemain untuk bisa lincah berlari untuk mengejar lawan atau menembus pertahanan benteng lawan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan intensitas berlari dan kegiatan fisik lainnya ketika bermain bentengan, permainan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Meningkatkan Keterampilan Motorik

Bermain permainan bentengan memerlukan pemain untuk menggerakkan semua anggota tubuhnya. Selain berlari, pemain juga harus melihat, mengamati, dan berpikir bagaimana lawan bisa ditangkap dan benteng mereka bisa dikuasai.

4. Mengurangi Risiko Obesitas

Permainan ini mewajibkan pemain untuk aktif bergerak dan berlari sehingga akan terjadi banyak pembakaran kalori pada tubuh yang membantu mengurangi risiko obesitas.

5. Memupuk Kerja Sama

Unsur terpenting dalam memenangkan permainan bentengan selain kecepatan dan kelincahan adalah strategi. Oleh karena itu, pemain dituntut untuk bisa mengatur strategi dan bekerja sama dengan anggota-anggota kelompoknya untuk menjaga benteng, menangkap lawan, membebaskan kawan, dan menguasai benteng lawan.


Baca juga artikel terkait PERMAINAN TRADISIONAL atau tulisan menarik lainnya Muhammad Iqbal Iskandar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Yantina Debora

DarkLight