Anies: Pinjaman Rp12,5 T untuk Pariwisasata hingga Tangani Banjir

Oleh: Riyan Setiawan - 27 Juli 2020
Dana tersebut akan digunakan untuk mengendalikan banjir, meningkatkan layanan air minum, dan pengelolaan sampah.
tirto.id - Pemerintah Provinsi DKI mendapatkan pinjaman sebesar Rp12,5 triliun dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero.

Pinjaman tersebut didapat setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meneken surat perjanjian kerjasama pinjaman pemulihan nasional dengan Kementerian Keuangan dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero.

"Ini pertama kalinya kami mendapat pinjaman lewat SMI ini. Jadi ada beberapa sektor yang nanti akan dibantu untuk pendanaan," kata Anies di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin (27/7/2020).

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk mengendalikan banjir, meningkatkan layanan air minum, dan pengelolaan sampah.

Selain itu, Anies juga akan meningkat meningkatkan infrastruktur di bidang transportasi; pariwisata; kebudayaan; dan juga olahraga.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu optimistis dana tersebut dapat memulihkan ekonomi Jakarta selama pandemi COVID-19. Pemulihan ekonomi Jakarta yang lebih cepat akan berdampak pada pemulihan ekonomi nasional.

"Jadi jakarta memiliki porsi yang cukup besar dari perekonomian indonesia. Karena itu, bila kita mempercepat pemulihan di Jakarta akan berdampak nasional," klaim Anies.


Baca juga artikel terkait PEMPROV DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight