Alex Ferguson & MU Pernah Tawarkan Cristiano Ronaldo ke Barcelona

Oleh: Beni Jo - 18 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Manchester United disebut-sebut pernah menawarkan Cristiano Ronaldo ke Barcelona sebelum sang pemain bergabung dengan Real Madrid.
tirto.id - Eks Presiden Real Madrid, Ramon Calderon, mengungkapkan bahwa mantan manajer Manchester United (MU) Sir Alex Ferguson pernah menawarkan Cristiano Ronaldo ke Barcelona sebelum sang pemain bergabung dengan Los Blancos.

"[Alex] Ferguson tidak ingin pemainnya [Cristiano Ronaldo] pergi, karena dia tidak terlalu suka dengan Real Madrid yang menjadi saingan dan melihatnya sebagai tim yang mampu meraih semua yang dia inginkan," ungkap Ramon Calderon.

"Meskipun dia juga telah memenangkan banyak gelar bersama Manchester United, Real Madrid masih lebih banyak lagi. Dan (Ferguson) menawarkannya ke Barcelona," imbuhnya, dikutip dari AS, Jumat (17/4/2020).

Calderon adalah Presiden Real Madrid periode 2006-2009, dan proses perpindahan Cristiano Ronaldo dari Old Trafford menuju Santiago Bernabeu pada saat itu terjadi ketika Los Blancos masih di bawah kepemimpinannya.

Pria yang kini berusia 68 tahun itu juga mengungkapkan bahwa proses transfer pesepakbola andalan Timnas Portugal tersebut sangat sulit.

CR7 disebut sudah berhasrat ingin segera memperkuat Real Madrid. Di sisi lain, MU justru berupaya menghalang-halangi bahkan menawarkan sang pemain kepada Barcelona yang tidak lain adalah rival utama Real Madrid di Spanyol.

"Seperti diketahui, proses ini terjadi antara 2007 hingga 2008. Saya yang menandatanganinya. Negosiasi yang sulit dengan pihak MU, karena mereka tidak ingin kehilangan pemainnya, tetapi dia [Ronaldo] sudah membuat komitmen dengan saya," kata Calderon.

"Dia ingin gabung Real Madrid. Kesempatan yang saya tawarkan kepadanya sangat penting, dan dia mengambil peluang itu," tambahnya.


Barcelona sendiri dikabarkan sangat antusias merespons tawaran dari MU terkait Cristiano Ronaldo. Tentu tidak terbayangkan jika CR7 dan Lionel Messi berada dalam satu tim.

Namun, kata Calderon, Cristiano Ronaldo dan Real Madrid sudah memiliki komitmen sebelumnya yang tertuang dalam sebuah klausul perjanjian. Jika salah satu pihak melanggar isi kontrak tersebut, maka harus membayar denda sebesar 30 juta euro.

Dilansir Football-espana, Ramon Calderon ketika itu memang menjadi sosok yang berhasil membawa bintang-bintang sepak bola menuju La Liga untuk memperkuat Real Madrid.

Bergabungnya Cristiano Ronaldo pada musim panas 2009 bisa disimpulkan bahwa kesepakatan tersebut sebenarnya sudah terjadi pada tahun sebelumnya.

Meskipun demikian, usai datangnya pemain yang kini memperkuat Juventus tersebut, posisi Ramon Calderon sebagai Presiden Real Madrid justru digantikan oleh Florentino Perez tak lama berselang.

Baca juga artikel terkait SEJARAH SEPAKBOLA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight