Agar Anak Berani dan Percaya Diri di Hari Pertama Masuk Sekolah

Oleh: Yonada Nancy - 26 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Orangtua perlu mempersiapkan anak baik-baik di hari pertama masuk sekolah
tirto.id - Hari pertama datang sekolah merupakan tantangan tersendiri, bukan saja untuk anak, tapi juga untuk setiap orangtua.

Untuk beberapa kasus, ada anak-anak yang pemalu dan takut untuk bergabung dengan orang-orang baru. Ada pula tipe anak-anak yang masih kesulitan beradaptasi hingga menganggap sekolah bukan tempat yang nyaman.

Terkait hal ini, orangtua perlu mempersiapkan anak baik-baik di hari pertama masuk sekolah.

Parents menulis, terdapat tiga hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum membawa anak di hari pertama sekolah.

Pertama, ajak anak bertemu dengan guru yang mengampu. Hal ini supaya anak merasa rasa percaya terhadap guru.

Kedua, mengajarkan anak-anak mengenai aktivitas yang akan dilakukan selama di sekolah, seperti menggambar atau bercerita.

Terakhir, ajak anak mendatangi kelas beberapa kali sebelum ia mulai bersekolah agar anak merasa familiar dengan suasana sekolah.

Mempersiapkan peralatan juga tak kalah penting. Dilansir The Journal, orangtu perlu memastikan untuk memberi label nama di semua barang-barang yang dibawa oleh anak-anak. Jika memungkinkan, ajak anak untuk ikut menamai barang-barang mereka agar anak memiliki rasa kepemilikan terhadap barang-barang yang dibawa.

Selain itu, disarankan untuk tidak membawakan anak-anak makanan atau minuman yang sulit mereka buka atau makanan yang pertama kali mereka makan. Pastikan anak-anak memiliki bekal yang biasa mereka konsumsi.


Tips saat mengantar dan memberi salam perpisahan

Menurut Parents ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat anak-anak tidak menangis ketika ditinggal untuk pertama kali di sekolah, seperti berikut ini:
  • Berada jauh dari rumah untuk pertama kali mungkin sulit untuk anak, jadi jika sekolah memperbolehkan, anak bisa membawa satu mainan atau boneka kesayangannya untuk menemaninya selama bersekolah di hari pertama.
  • Kembali kenalkan anak kepada guru. Pastikan bahwa guru dapat dipercaya untuk mengurus si kecil.
  • Jangan pernah pergi diam-diam. Karena ini membuat anak kehilangan kepercayaan kepada orangtua.
  • Segera tinggalkan sekolah setelah mengucapkan selamat tinggal. Jika terlalu lama mengucapkan selamat tinggal membuat anak berpikir bahwa sekolah bukanlah tempat yang aman.
  • Buat ekspresi lucu dalam mengucapkan selamat tinggal.
  • Buat ritual salam berpisah yang menyenangkan.
  • Kenali beberapa temannya. Ini bisa menjadi senjata yang bagus untuk membujuk anak-anak agar mau ditinggal, seperti “lihat ada Andi dan Lula. Mereka ingin bermain ular naga panjang”.


Baca juga artikel terkait SEKOLAH atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight