Vlog Perdana BTP Ditonton 4,4 Juta Kali Penayangan dalam 3 Hari

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 28 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Vlog perdana BTP usai keluar dari penjara berjudul "BTP VLOG #1 - PULANG" telah ditonton sebanyak 4,4 juta kali dan mendapat 795 ribu subscriber.
tirto.id - Basuki Tjahaja Purnama atau BTP baru saja bebas dari penjara pada Kamis 24 Januari 2019 kemarin, setelah menjalani hukuman 2 tahun, terkait kasus penodaan agama.

Kabar kebebasan BTP memang sudah ramai di media sosial beberapa waktu lalu. Pada Kamis, 17 Januari 2019, akun Instagram resmi @basukibtp mengunggah surat kepada para pendukungnya yang berencana menyambut idolanya bebas dari penjara pada 24 Januari.

Surat itu meminta Ahoker tidak perlu datang ke Mako Brimob. Ahok juga minta publik memanggilnya BTP—akronim dari nama lengkapnya.

Di Twitter, sedikitnya warganet memakai empat tagar demi menyambut Basuki Tjahaja Purnama bebas.

Tagar itu adalah #AhokBebas, #BTPBEBAS, #BTPpulang, #BTPOrangbaik, dan #WelcomeBackBTP. Tagar terakhir menjadi topik tren di Twitter.

Selama sepekan, ada 185,4 ribu cuitan dari 66,1 ribu pengguna dengan topik BTP Bebas di Twitter.

Percakapan itu mula-mula belum banyak ditanggapi warganet ketika kabar BTP bakal bebas pada 17 Januari 2019.

Namun, reaksi warganet makin meningkat hingga sehari sebelum ia bebas. Puncaknya, pada Kamis kemarin, kabar BTP bebas menjadi trending topic.

Kini, usai bebas, BPT punya hobi baru yaitu menjadi seorang vloger. Ia membuat sebuah Vlog berjudul "BTP VLOG #1 - PULANG" di saluran YouTube miliknya "Panggil Saya BTP", berdurasi 9 menit 26 detik.

Vlog tersebut berisi tentang perjalanan pulang BTP dari Mako Brimob menuju kediamannya. BTP yang dijemput putra pertamanya, Nicholas Sean, berbincang di dalam mobil. Salah satunya tentang rencana mereka berlibur ke Australia.

Dalam perjalanan tersebut, BTP juga sempat memamerkan sebuah cincin pada Nicholas.

Cincin tersebut, merupakan pemberian Oesman Sapta Odang (OSO), saat menjenguknya di Mako Brimob.

"Ini papa dititipin cincin. Ini mau papa kembalikan ke Pak OSO. Ini bisa jdi warna merah loh," kata BTP dalam vlog tersebut.

Video perdana BTP tersebut telah ditonton sebanyak 4.460.585 kali penayangan, sejak diunggah pada 3 hari lalu.

Hingga Senin (28/1/2019), saluran "Panggil Saya BTP" juga telah mendapat sebanyak 795,548 subscriber.

Berdasarkan penelusuran Tirto, saluran tersebut setidaknya mendapat 2-5 subscriber baru setiap 1 detik.

Di sela perbincangan dengan anaknya, BTP juga sempat mengutarakan keinginannya untuk memperpanjang surat izin mengemudi miliknya, yang telah habis masa berlakunya.

"Saya mau bikin SIM nih, SIM saya lewat pas ulang tahun kemarin. Mau nyetir saya, terus saya mau ke gereja, sudah lama enggak duduk di gereja. Saya juga mau touring, tol Jawa, Jakarta-Surabaya, dan pengen pulang kampung juga, mau lihat kuburan bapak saya dan kakek nenek saya," ucap BTP.

Di akhir video, BTP mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendoakan dan mendukungnya.




Baca juga artikel terkait PEMBEBASAN BTP atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight