Usai Sertijab, Andika Perkasa Resmi Jabat KSAD

Oleh: Andrian Pratama Taher - 29 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jenderal TNI Andika Perkasa resmi menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).
tirto.id - Jenderal TNI Mulyono resmi menyerahkan tongkat komando Angkatan Darat kepada Jenderal TNI Andika Perkasa, Kamis (29/11/2018). Serah terima dilakukan setelah Andika resmi dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Jokowi, Kamis (22/11/2018) lalu.
Acara serah terima jabatan (sertijab) dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Sebelum sertijab, KSAD Jenderal TNI Mulyono menyerahkan panji kepemimpinan kepada Jenderal TNI Andika Perkasa.

Seusai penyerahan panji, Mulyono dan Andika melaporkan kepada Hadi selaku inspektur upacara dan Panglima TNI bahwa serah terima jabatan telah dilakukan.

"Laporan resmi serah terima tugas, wewenang dan tanggung jawab kepala staf angkatan saya terima," kata Hadi di Mabesad, Jakarta, Kamis (29/11/2018).
"Serah terima jabatan telah dilaksanakan. Laporan selesai," kata Mulyono.
Dari pantauan Tirto, acara serah terima jabatan pun dihadiri pula KSAL Laksamana TNI Sisi Sukma Adji, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Selain petinggi dari matra, sejumlah menteri pun hadir yakni Menkopolhukam Jendral (Purn) Wiranto dan Menkomaritim Jenderal (purn) Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menhan Jendral (pur) Ryamrizard Ryacudu.
Sejumlah purnawirawan pun terlihat hadir dalam pelantikan Andika Perkasa. Selain itu, Jenderal (Purn) Agum Gumelar terlihat masuk bersama Ketua MURI Jaya Suprana.

Dari informasi dihimpun, Jenderal (HOR) Hendropriyono, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, dan Jenderal (Purn) Budiman ikut hadir dalam acara serah terima jabatan.
Presiden Jokowi resmi melantik Letjen TNI Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Kamis (22/11/2018). Andika akan menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang sudah menjabat sejak Juli 2015. Seusai pelantikan, pria yang masih menjabat sebagai Pangkostrad itu akan melakukan serah terima jabatan pada Kamis (29/11/2018).

Andika mengawali karir sebagai perwira pertama infanteri di jajaran korps baret merah (Kopassus) Grup 2 /Para Komando dan Satuan-81 /Penanggulangan Teror (Gultor) Kopassus selama 12 tahun, dan setelah penugasan di Departemen Pertahanan dan Mabes TNI-AD kembali bertugas di Kopassus sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama, Grup 3 /Sandhi Yudha.
Alumni Akmil 1987 ini pernah menjabat sejumlah posisi strategis di lingkungan militer. Sebelum menduduki jabatan strategis, Andika menjabat sebagai Kadispenad. Kemudian ia menduduki jabatan Danpaspampres pada tanggal 22 oktober 2014 tepatnya 2 (dua) hari setelah Jokowi-JK dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014-2019.
Dua tahun berselang, Andika ditunjuk sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura pada tanggal 30 Mei 2016. Ia pun kemudian dirotasi sebagai Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AD. terakhir, Menantu mantan Kepala BIN Hendropriyono itu menjabat sebagai Pangkostrad.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN KSAD atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - )

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight