Twibbon Hari Perhubungan Nasional 17 September 2021: Link Download

Oleh: Ega Krisnawati - 16 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Link download Twibbon Hari Perhubungan Nasional 17 September 2021.
tirto.id - Hari Perhubungan Nasional (Harbubnas) diperingati setiap tahun tanggal 17 September. Sejarah Harbubnas dilatarbelakangi karena beberapa sektor perhubungan telah memiliki hari jadi atau hari baktinya masing-masing.

Akan tetapi, hari jadinya itu dirayakan secara berdekatan. Maka itu, tidak jarang menyebabkan tidak efisien dari segi waktu ataupun biaya.

Lantas, pada tahun 1971 berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan nomor SK.274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 tentang Hari Perhubungan Nasional, hari jadi Harbubnas diperingati setiap 17 September.

Tujuan Harbubnas 17 September


Berdasarkan SK. 274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 Harbubnas memilki 3 tujuan utama, yaitu:
  1. Meningkatkan rasa kebersamaan, jiwa korsa warga perhubungan, serta dengan mitra kerjajasa perhubungan seperti pada umumnya.
  2. Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik.
  3. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan lima citra manusia perhubungan.
Pada Rabu (1/9) pemerintah secara resmi membuka rangkaian kegiatan untuk memperingati Harbubnas 2021 dengan dipimpin oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara virtual.

Kegiatan ini disaksikan oleh para insan perhubungan di Indonesia, baik dari unsur Kemenhub, Dinas Perhubungan Provinsi/Kabupaten/Kota, Operator BUMN/Swasta sektor transportasi, dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Dalam acara ini, Menteri Perhubungan banyak mengapresiasi seluruh insan transportasi yang selama ini telah bekerja keras di tengah adanya disrupsi yang terjadi di sektor transportasi. Disrupsi yang dimaksud adalah pandemi Covid-19, digitalisasi, dan perubahan yang terjadi di industri sektor transportasi baik di dalam maupun di luar negeri.

“Mari kita jadikan Harhubnas ini sebagai momentum agar kita terus berinovasi dan berkreasi menghadapi perubahan dan disrupsi yang terjadi. Kita harus mengubah mulai dari pola pikir, pola kerja, pola organisasi, reformasi digitalisasi, dan menciptakan etos kerja baru,” ungkap Menhub, dikutip laman resmi Pemerintah Kota Banda Aceh Dinas Perhubungan.

Menteri Perhubungan juga mengimbau agar insan transportasi memiliki jejaring di berbagai tempat agar dapat mengantisipasi perkembangan terbaru dari industri transportasi yang berlangsung di luar negeri.

Tahun 2021, Menteri Perhubungan menyatakan bahwa tema Harbubnas yang diusung adalah “Bergerak, Harmonikan Indonesia”. Dengan tema ini, harapannya adalah agar setiap insan perhubungan dapat saling bekerja sama untuk bergerak dan berkolaborasi dengan baik.

Harapan lainnya, yaitu agar tiap insan dapat mengesampingkan ego sektoral dan memprioritaskan kepentingan umum. Tujuan yang ingin ditempuh atas hal ini adalah agar dapat membawa perubahan yang lebih baik bagi sektor transportasi dan memberikan pelayanan paling prima bagi masyarakat Indonesia.

Twibbon Hari Perhubungan Nasional 2021


Agar dapat ikut memperingati Harbubnas 2021, adapun beberapa tautan untuk mengunduh twibbon yang bisa diunggah ke sosial media.


Baca juga artikel terkait HARI PERHUBUNGAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight