Tema Hari Perhubungan Nasional 17 September 2023 & Link Logo PDF

Kontributor: Sulthoni, tirto.id - 15 Sep 2023 11:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tema Hari Perhubungan Nasional 2023 yang akan diperingati pada 17 September.
tirto.id - Menjelang perayaan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), Kementerian Perhubungan merilis tema dan logo Harhubnas 2023 yang diperingati setiap tanggal 17 September.

Tema Harhubnas pada tahun 2023 adalah “Melaju Untuk Transportasi Maju”. Tema tersebut, menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sangat relevan dengan visi Indonesia Emas 2045.

Dimana, Indonesia dituntut untuk terus melakukan perbaikan, mengakselerasi pembangunan dan meningkatkan pelayanan.

"Tema ini juga sejalan dengan semangat Kemerdekaan Indonesia, yang diharapkan dapat menginspirasi dan memberikan dorongan kepada kita para insan transportasi,” tuturnya mengutip laman resmi Kemenhub.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, peringatan Harhubnas bukan ajang hura-hura dan berfoya-foya. Nudi berpesan, agar momentum ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat kolaborasi para insan transportasi di seluruh Indonesia.

“Bahwa kita harus terus belajar dan semangat bekerja untuk masyarakat Indonesia,” pungkasnya.


Makna Logo Harhubnas 2023

Selain tema, Kemenhub juga telah resmi meluncurkan logo Harhubnas 2023 yang berbentuk segitiga ungu dengan arah panah ke atas.

Makna logo Harhubnas 2023 ini mempunyai makna tersendiri, adapun makna dari logo tersebut, merujuk pada laman resmi Kemenhub, maknanya sebagai berikut ini:
  • Arah Panah
Simbol yang melesat dan tepat sasaran dengan arti pembangunan sektor transportasi tidak hanya harus cepat, tapi juga harus tepat sasaran. Tidak hanya dibangun, tapi juga harus memberikan manfaat nyata bagi Masyarakat.
  • Warna Ungu
Simbol tekad dan kesungguhan. Artinya, harus melayani masyarakat dan mengabdi kepada negara dengan setulus hati.
  • Rangkul
Bentuk yang mendominasi melambangkan kekuatan seluruh elemen masyarakat secara menyeluruh. Mencerminkan rasa bahu-membahu dalam mengemban tanggung jawab bersama demi transportasi maju.
  • Percikan Api
Simbol yang melambangkan kekuatan seluruh elemen masyarakat secara menyeluruh. Mencerminkan rasa bahu-membahu dalam mengemban tanggung jawab bersama demi transportasi maju.

Sementara link untuk mengunduh logo Harhubnas 2023, dapat mengakses laman berikut ini: Logo Harhubnas 2023.

Sejarah Hari Perhubungan Nasional

Sejarah Hari Perhubungan Nasional sendiri dimulai pada tahun 1971. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK. 274/G/1971 pada tanggal 26 Agustus 1971.

Tujuan diadakannya Harhubnas, merujuk pada Surat Keputusan tersebut, memiliki tiga tujuan utama. Adapun tiga tujuan tersebut adalah
  • Meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa insan perhubungan dengan mitra kerja jasa perhubungan pada umumnya.
  • Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik.
  • Meningkatkan penghayatan dan pengamalan Lima Citra Manusia Perhubungan
Melansir dari laman resmi Kemenhub, bahwa Harhubnas merupakan momentum untuk mengingat kembali suatu peristiwa bersejarah di bidang perhubungan yang memberikan inspirasi atau motivasi bagi seluruh bangsa Indonesia.

Momen Harhubnas juga untuk mengenang hari lahir atau ulang tahun lembaga di bidang Perhubungan Nasional.

Harhubnas termasuk hari penting nasional dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dari empat sektor transportasi (Darat, Laut, Udara, dan Perkeretaapian) yang terintegrasi dalam mewujudkan konektivitas di Indonesia.


Baca juga artikel terkait HARI PERHUBUNGAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Sulthoni
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight