Cara Memperingati Hari Perhubungan Nasional 17 September

Kontributor: Balqis Fallahnda, tirto.id - 15 Sep 2023 20:52 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kumpulan cara memperingati Harhubnas 2023 yang menarik dan sejarah lengkap Hari Perhubungan Nasional 2023.
tirto.id - Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional 2023 atau Harhubnas 2023 yang akan jatuh pada Minggu, 17 September 2023.

Tahun ini adalah Harhubnas ke 50 sejak pertama kali diperingati pada 17 September 1973 di Silang Monas Jakarta.

Mengutip dokumen “Sejarah Singkat Hari Perhubungan Nasional” di laman Dishub Sulteng, Harhubnas pada 17 September dicetuskan oleh Frans Seda yang kala itu menjabat sebagai Menteri Perhubungan.

Hal tersebut didasarkan pada pertimbangan, bahwa pada saat itu unsur pelabuhan melakukan hari bakti setiap tanggal 5 September, unsur Pos dan Telekomunikasi merayakan hari bhakti setiap tanggal 26 September dan unsur Kereta Api merayakan Hari Kereta Api setiap tanggal 27 September.

Akhirnya diambil kebijaksanaan dan keputusan dalam rangka efisien waktu dan biaya, maka semua hari bhakti tersebut disatukan dan dirayakan pada bulan September dan tanggal 17 di pilih dari hari bersejarah Indonesia, yaitu tanggal 17 Agustus.

Berdasarkan SK. Menteri Perhubungan No 274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 peringatan Harhubnas memiliki 3 tujuan utama, yakni:
  • Meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa insan perhubungan dengan mitra kerja jasa perhubungan pada umumnya.
  • Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik.
  • Meningkatkan penghayatan dan pengamalan Lima Citra Manusia Perhubungan.

Tema dan Logo Harhubnas 2023



Untuk peringatan tahun ini, Kemenhub, secara resmi telah mengumumkan tema Harhubnas 2023 pada Selasa, 12 September 2023 yakni “Melaju untuk Transportasi Maju”.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa tema Harhubnas 2023 selaras dengan visi Indonesia Emas 2024, yang diharapkan bisa menjadi motivasi insan transportasi untuk bersemangat menyongsong kemajuan Indonesia.

“Tema ini juga sejalan dengan semangat kemerdekaan Indonesia, yang diharapkan dapat menginspirasi dan memberikan dorongan kepada kita para insan transportasi. Bahwa kita harus terus belajar dan semangat untuk maju,” terang Budi dikutip Antara News.

Selain tema, Kemenhub juga merilis logo Harhubnas 2023 yaitu “Segitiga Ungu dengan Panah ke Atas”, yang menyimbolkan pembangunan sektor transportasi yang cepat dan tepat sasaran.


Cara Memperingati Harhubnas 2023



Masyarakat dapat memperingati Harhubnas 2023 dengan melakukan berbagai macam cara mulai dari menggunakan transportasi umum, belajar mengenai keselamatan berlalu lintas, hingga kampanye di sosial media.

1. Menggunakan transportasi umum

Gunakan transportasi umum saat Harhubnas 2023 sebagai tindakan konkret untuk mendukung sistem perhubungan. Ini dapat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas dan dampak negatif lingkungan akibat emisi yang ditimbulkan dalam penggunaan kendaraan pribadi. Anda juga dapat mengajak teman dan keluarga untuk ikut serta.

2. Belajar tentang keselamatan berlalu lintas

Gunakan momen Harhubnas 2023 untuk belajar lebih banyak tentang keselamatan berlalu lintas. Anda dapat mengikuti lokakarya atau seminar yang membahas cara berkendara yang aman, pentingnya penggunaan sabuk pengaman, dan aturan lalu lintas lainnya. Edukasi tentang keselamatan berlalu lintas dapat menyelamatkan nyawa.

3. Diskusi mengenai peran penting transportasi

Selenggarakan diskusi keluarga atau forum komunitas tentang peran penting transportasi dalam kehidupan sehari-hari. Diskusikan isu-isu seperti mobilitas berkelanjutan, cara mengurangi polusi udara, dan bagaimana masyarakat dapat berkontribusi pada perhubungan yang lebih baik.

4. Ikut serta dalam acara yang diselenggarakan dinas terkait

Hadiri acara publik Harhubnas 2023 yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah atau organisasi terkait. Ini bisa berupa pameran transportasi, parade kendaraan, atau peragaan busana dengan tema perhubungan. Partisipasi aktif dalam acara ini akan membantu meningkatkan pemahaman tentang sistem perhubungan.

5. Kampanye sosial media

Manfaatkan media sosial untuk meningkatkan kesadaran tentang Hari Perhubungan Nasional. Anda dapat membagikan informasi, fakta, dan statistik tentang transportasi dan perhubungan yang relevan dengan teman-teman Anda. Gunakan tagar yang sesuai untuk membuat topik ini menjadi perbincangan yang lebih luas.

Baca juga artikel terkait HARI PERHUBUNGAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight