Tugas Malaikat Mikail dalam Agama Islam dan Dalilnya di Al Quran

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif, tirto.id - 17 Sep 2021 12:02 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tugas dari Malaikat Mikail adalah menyampaikan rezeki kepada makhluk Allah SWT.
tirto.id - Malaikat adalah makhluk Allah SWT selalu taat dan tunduk kepada seluruh perintahNya. Beriman kepada malaikat adalah rukun iman yang kedua, setelah iman kepada Allah SWT.

Beriman kepada malaikat dapat dipahami dengan menyakinkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan melalui perbuatan, bahwa Allah SWT telah menciptakan malaikat-malaikatnya bersama dengan tugasnya.

Dikutip dari laman NU Online, kata “malaikat” berasal dari kata “malak” dalam bahasa Arab yang berarti kekuatan. Sebagian besar ulama mempercayai, jika kata “malak” merujuk kepada kata “alaka” yang berarti mengurus atau utusan.

“Dan segala apa yang ada di langit dan di bumi hanya bersujud kepada Allah yaitu semua makhluk bergerak (bernyawa) dan (juga) para malaikat, dan mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.” (Q.S An-Naml {16}:49).



Tugas Malaikat Mikail

Salah satu malaikat yang wajib diimani oleh umat Islam adalah Malaikat Mikail. Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti oleh Faesal Ghozaly (2016:73), tugas dari Malaikat Mikail adalah menyampaikan rezeki kepada makhluk Allah SWT.

Rezeki yang dibawa oleh Malaikat Mikail dapat berupa turunnya hujan. Selain itu, juga dapat berbentuk sumber kehidupan bagi tumbuh-tumbuhan supaya berkembang dengan subur.

Hal tersebut, juga disampaikan di dalam kitab Al Haba’ik fi Akhbabril Malak’ik karya Jalaluddin As-Suyuthi, bahwa terdapat 4 malaikat yang mengurusi urusan dunia. Salah satu dari malaikat tersebut adalah Malaikat Mikail yang bertugas mengurus turunnya hujan dan tumbuh-tumbuhan.

Selain itu, Malaikat Mikail merupakan salah satu malaikat yang memusuhi orang-orang kafir yang tidak tunduk kepada perintah Allah SWT. Tugas memusuhi orang kafir tersebut, dilakukan bersama dengan Malaikat Jibril.

“Barang siapa menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir.” (Q.S Al-Al Baqarah {2}:98)

Tugas Malaikat-Malaikat Allah SWT

Jumlah malaikat Allah SWT tidak diketahui secara pasti. Namun, Allah SWT meminta umat Islam untuk wajib mengetahui 10 malaikatNya.

Dikutip dari buku Pendidikan Agama islam dan Budi Pekerti oleh Kemenag (2019:174-175), beberapa malaikat yang wajib diketahui oleh umat Islam, yaitu Malaikat Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Raqib, Atid, Malik, dan Ridwan.

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril bertugas untuk menyampaikan wahyu. Selain itu, Malaikat Jibril juga bertugas mengatur angin dan memenuhi hajat manusia.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertugas untuk menyampaikan rezeki seperti hujan dan menjaga tumbuh-tumbuhan

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil bertugas untuk meniup sangkala sebanyak dua kali, yaitu apabila akan datangnya Hari Kiamat dan ketika semua manusia akan dihidupkan kembali.

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail bertugas untuk mencabut nyawa manusia

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar bertugas untuk bertanya kepada manusia ketika di alam kubur

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir bertugas untuk bertanya kepada manusia ketika di alam kubur bersama Malaikat Munkar

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib bertugas untuk mencatat amal-amal baik manusia ketika hidup di dunia

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid bertugas untuk mencatat amal-amal buruk manusia ketika hidup di dunia

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik bertugas untuk menjaga pintu neraka

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan bertugas untuk menjaga pintu surga.


Baca juga artikel terkait NAMA MALAIKAT atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight