Tips Mengepak Pakaian Agar Lebih Efisien Saat Melakukan Traveling

Oleh: Maria Ulfa - 8 Januari 2019
Dibaca Normal 3 menit
Saat traveling, terkadang orang kesulitan mengepak pakaian ke dalam koper atau tas. Lalu, apa tips bagi para traveler agar bagasinya lebih efisien?
tirto.id - Mengepak barang bawaan dengan cermat saat traveling menjadi hal yang penting dilakukan untuk meminimalisir berat bagasi, serta membawa barang yang hanya diperlukan.

Bagi sebagian orang, mengepak pakaian adalah masalah tersendiri. Bagaimana mensiasatinya agar semua kebutuhan bisa masuk dalam tas, dan juga tidak kelebihan bagasi.

Inilah beberapa tips mengepak barang bawaan agar perjalanan yang dilakukan menjadi lebih mudah dengan barang bawaan yang lebih tertata, seperti dilansir Sky Scanner.


Bagaimana Cara Mengatur Barang Bawaan?

Mengatur barang apa saja yang akan dibawa ketika traveling untuk sebagian orang dianggap sulit, karena mereka cenderung mengepak semua barang yang terkadang tidak begitu diperlukan sehingga bagasi menjadi banyak dan melebihi berat yang ditentukan.

Membuat daftar barang bawaan adalah salah satu cara untuk mengatur seberapa banyak bagasi yang akan kita bawa.

Pastikan semua yang dibawa adalah barang-barang yang memang dibutuhkan ketika melakukan perjalanan, seperti pasport, alat mandi, pakaian dan barang-barang yang sekiranya memiliki fungsi ketika perjalanan.

Bagaimana Mengepak Pakaian?

Masalah lainnya yang muncul ketika akan mengepak barang bawaan adalah cara agar koper atau tas yang kita gunakan muat untuk membawa segala keperluan yang dibutuhkan.

Di dalam koper atau tas, tempat untuk pakaian tentu akan lebih banyak ketimbang untuk barang lainnya.

Selain itu, mengepak pakaian agar terorganisasi dengan baik dan tidak menimbulkan masalah dalam perjalanan tentu menjadi penting.

Seperti pakaian yang terkena noda akibat tercampur dengan sabun atau alat make up, tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam perjalanan.

Lalu bagaimana cara untuk mengepak pakaian agar kita memiliki banyak tempat untuk barang yang lain, serta terhindar dari masalah dalam perjalanan?
  • Pertama: usahakan untuk memastikan bahwa pakaian ada di bagian terdalam tas atau koper. Jangan mencampurnya dengan barang-barang yang bisa bocor atau tumpah.
  • Kedua: lipatlah pakaian dengan menggulungnya agar hemat ruang. Selain itu, untuk menghindari pakaian menjadi kusut dan kita harus menyetrika ulang. Akan lebih baik lagi jika pakaian yang digulung dimasukkan lagi ke dalam tas kompresi vakum agar pakaian menjadi lebih rapi dan terlindungi dari noda apapun.
  • Ketiga, cara mengepak lainnya adalah menggunakan tas packing cubes, tas berbentuk kotak ini bisa membantu kita memisahkan barang bawaan sesuai keperluan, dan bisa kita keluarkan dari koper ketika sampai di tempat tujuan tanpa membuatnya berantakan.
  • Keempat: isilah semua ruang dalam koper atau tas yang akan digunakan agar sekiranya barang yang kita perlukan semua masuk ke dalam koper atau tas tersebut.
  • Kelima: jaga agar pakaian tetap segar dan tidak menimbulkan bau apek atau bau tidak enak lainnya. Seperti memasukkan pengharum pakaian, atau pengharum laci di dalam koper agar pakaian tetap segar dan tidak bau.

Bagaimana Mengepak Gadget?

Setelah pakaian, barang bawaan lain yang penting adalah gadget. Biasanya kita hanya mencampurkannya dengan pakaian, sehingga kita harus mengeluarkan semua isi koper atau tas untuk menjangkau beberapa barang-barang kecil termasuk gadget tersebut.

Sebaiknya gunakan tas pouch atau tas dengan retseleting kecil untuk memasukkan pengisi daya handphone, power bank, adaptor, headphone, flashdisk, hardisk, dan lain sebagainya.

Dan juga pakailah tas plastik ekstra untuk menyimpan barang yang akan digunakan dalam perjalanan pulang seperti kunci rumah, tiket parkir, dan kunci mobil, atau bisa diisi dengan obat-obatan dan aksesoris lainnya.

Cara Mengepak Alat Kosmetik

Untuk perempuan, alat kosmetik atau alat make up menjadi barang wajib yang harus dibawa ketika traveling.

Cara mengepak alat kosmetik agar tidak tumpah atau pecah, dan bisa dimasukkan ke dalam koper dengan penggunaan ruang yang minim tentu menjadi penting.

Pertama, untuk mencegah bedak padat atau eye shadow pecah selama perjalanan, letakkanlah kain wol datar di antara bedak padat dan tutupnya, begitu juga dengan wadah eye shadow.

Jangan lupa untuk memakai tas pouch atau tas kecil untuk wadah make up agar tidak tercampur dengan barang lainnya.

Akan lebih baik jika kita membawa alat kosmetik yang tidak terlalu besar dengan memindahkan beberapa alat kosmetik tersebut ke wadah yang lebih kecil.

Seperti lotion kulit yang memiliki wadah yang besar dipindahkan ke wadah yang lebih kecil untuk meminimalisir ruang dalam koper.

Menjaga Barang Berharga

Ada beberapa tips untuk menjaga barang-barang penting atau berharga agar tidak hilang. Hal ini dilakukan untuk menghindari skenario terburuk seperti dirampok, dan sebaiknya kita tidak menggunakan barang yang mencolok.

Jika Anda khawatir tentang barang-barang berharga di kamar hotel atau penginapan. Ada tips agar barang berharga bisa disimpan dengan aman, seperti sembunyikan barang-barang tersebut di wadah lotion yang sudah kosong, seperti kunci hotel, gadget, perhiasan, atau uang.

Atau sembunyikan di tempat yang sekiranya aman dan tidak terjangkau oleh orang-orang yang berniat tidak baik.

Cara Menghindari Membayar Bagasi Ekstra

Pastikan menimbang berat bagasi Anda, karena kini terdapat beberapa maskapai penerbangan yang telah menerapakan biaya untuk bagasi.

Seperti yang telah diterapkan Lion Air dan Wings Air yang hanya memberikan gratis kabin seberat 7 kg, dan untuk bagasi, penumpang diharuskan membayar sesuai berat bagasi yang di bawa.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengecek batas bagasi untuk maskapai yang Anda gunakan, jika Anda tidak ingin membayar bagasi tambahan.

Kemudian untuk menyiasati berat bagasi maka pakailah barang, aksesoris atau pakaian yang berat di badan Anda, untuk mengurangi berat yang ada di bagasi. Selain itu, belilah koper yang sekiranya memiliki massa yang ringan.

Tips Lainnya

Selain tips-tips di atas, ada beberapa tips lain untuk mempermudah menemukan koper atau tas ketika hendak mengambil bagasi. Yaitu dengan memberi pita panjang yang mencolok atau tempel stiker besar agar mudah dikenali.

Kemudian, jika Anda ingin membawa buku sebagai bahan bacaan, usahakan jangan membawa buku fisik, tetapi bacalah buku secara online, atau unduh terlebih dahulu buku-buku yang ingin dibaca.

Sehingga kita hanya perlu membaca buku tersebut lewat gadget seperti tablet ketika berada di perjalanan.

Selain itu, pastikan semua barang berharga ada di kabin pesawat bersama Anda, seperti gadget, tas tangan berisi dompet, dan lain sebagainya.

Jangan lupa membawa satu pakaian ke dalam pesawat untuk berjaga-jaga jika ada kejadian yang tidak diinginkan, seperti suhu yang berbeda di tempat tujuan, atau pakaian Anda tertumpah minuman, dan lain sebagainya.


Baca juga artikel terkait TRAVELING atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yandri Daniel Damaledo