Tips Memilih Prosesor PC atau Laptop untuk Gaming

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 2 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah hal mesti diperhatikan saat memilih prosesor komputer PC atau laptop yang akan dipakai untuk gaming.
tirto.id - Teknologi yang dibenamkan dalam prosesor komputer terus berkembang seiring berlalunya zaman. Pilihannya menjadi sangat beragam.

Meski demikian, memilih prosesor komputer yang tepat untuk keperluan gaming perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam urusan gaming, pemilihan prosesor komputer PC atau laptop juga perlu menjadi perhatian karena dan spesifikasinya sangat memengaruhi kinerja game.

Umumnya, prosesor gaming keluaran terbaru memiliki clock speed lebih tinggi, ukuran cache lebih besar, dan jumlah thread lebih banyak.

Performa prosesor pun menjadi lebih gahar begitu disandingkan dengan berbagai perangkat keras pendukung yang selaras. Semakin mahal harga prosesor, performa dan fiturnya pun lebih dapat diandalkan.

Namun, dalam memilih prosesor komputer PC atau laptop untuk gaming yang tepat sesuai dengan kebutuhan juga perlu memperhatikan sejumlah hal. Dikutip dari situs Acer ID dan Intel, berikut ini sejumlah hal yang mesti diperhatikan saat memilih prosesor PC atau laptop untuk gaming.

Jumlah Core Prosesor

Meski jumlah inti atau core prosesor tidak secara mutlak bisa memengaruhi performa, tetapi core ganda (dual core) atau lebih menjanjikan. Sebab, core ganda atau lebih membuat prosesor dapat menangani menangani kompleksnya pemrosesan informasi dan perintah di komputer.

Apalagi jika PC atau laptop tidak hanya dipakai untuk gaming, semakin banyak core memudahkan pengguna untuk menjalankan aktivitas lain tanpa hambatan.


Jumlah core lebih dari satu, pun mampu menandingi kinerja prosesor core tunggal sekalipun clock speed-nya tinggi. Dengan demikian, PC atau laptop gaming bisa sekaligus dipakai misalnya untuk rendering video atau menjalankan aplikasi lain yang kompleks. Beban kerja komputer bisa lebih maksimal pula.

Clock Speed

Clock Speed adalah jumlah siklus yang mampu ditangani prosesor dalam satu detik. Kecepatan ini dalam bentuk satuan gigahertz (GHz). Semakin besar angkanya, secara umum dikatakan baik.

Dari sisi ini, sebaiknya sembari memperhatikan jumlah core prosesornya. Jumlah core yang banyak ditambah clock speed tinggi pada prosesor menjadikan PC atau laptop lebih andal untuk gaming.

Bandingkan Benchmark Antar-Prosesor

Informasi yang didapatkan dari benchmark dapat memberikan pertimbangan secara utuh dalam memilih prosesor PC atau laptop untuk gaming. Nilai dalam benchmark diambil dari performa prosesor secara keseluruhan dan sebenarnya. Lain itu, benchmark untuk prosesor kini bisa dengan mudah didapatkan informasinya di internet.

Kenali Pembaruan Generasi Prosesor

Pabrikan prosesor memiliki jangka waktu untuk produk yang dirilis di pasaran. Contohnya adalah Intel yang secara bertahap melakukan pembaruan generasi prosesornya yang kini telah mencapai generasi ke-11. Begitu generasi terbaru lahir, maka fitur yang dimilikinya semakin maju dengan konsumsi daya lebih rendah.


Biasanya generasi terbaru akan dirilis sekitar 4,5 hingga 5 tahun dari generasi sebelumnya. Jadi dalam memilih prosesor, kenali dulu kemungkinan hadirnya generasi terbaru. Bisa jadi, menunda membeli prosesor gaming saat ini lebih baik ketimbang tetap memaksakan membeli prosesor uzur karena generasi terbarunya segera dirilis.

Pertimbangkan Harga

Memilih prosesor PC atau laptop untuk gaming lebih bijak apabila turut menyesuaikan anggaran yang dimiliki. Untuk menopang keandalan unit komputer gaming, tidak cukup membeli prosesor kekinian dengan spesifikasi tinggi. Setidaknya penggemar gaming masih harus menyediakan kartu grafis (VGA) hingga layar dengan resolusi yang tinggi untuk mendapatkan pengalaman game yang mengesankan.


Baca juga artikel terkait GAMING atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight