Tips Merawat Mouse Gaming Wireless dan Kabel Agar Tidak Cepat Rusak

Oleh: Ibnu Azis - 28 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mouse gaming riskan cepat rusak lantaran masif digunakan.
tirto.id - Mouse jadi salah satu hardware penting dalam aktivitas gaming di komputer selain headset, kartu grafis, speaker, keyboard dan perangkat keras sejenis. Untuk itu, tetikus pun wajib dirawat secara rutin agar awet.

Peran mouse cukup vital dalam ekosistem gaming yang pada aktivitas reguler biasanya digunakan sebagai navigasi. Dalam aktivitas gaming, peran tetikus terkadang justru jadi core dari permainan itu, misalnya, pada game FPS, mouse untuk 'tombol' menembak.

Lantaran sering digunakan--tepatnya diklik, klik kanan maupun kiri--mouse riskan cepat rusak atau tak awet. Oleh karena itu, manufaktur hardware pun merilis mouse khusus untuk gaming yang punya spesifikasi berbeda dari tetikus reguler.

Karena punya 'spek' berbeda, dan biasanya lebih canggih, mouse gaming pun dibanderol dengan harga lebih mahal. Di Tokopedia, misalnya, tetikus gaming dijual dengan harga bervariatif, tergantung merek dan kualitas, mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Karena harganya mahal, mouse gaming pun punya cara perawatan yang berbeda. Berikut langkah-langkah merawat mouse gaming agar awet, sebagaimana dikutip dari laman Acer, salah satu manufaktur hardware kenamaan asal Taiwan, Kamis (29/5/2020):

  1. Pastikan mouse gaming dalam kondisi off atau mati
  2. Untuk mouse gaming kabel, cabut kabel dari port komputer. Untuk mouse gaming wireless, matikan switch-nya
  3. Lepas baterai yang terpasang dalam mouse gaming
  4. Pakai kain, dianjurkan microfiber, dengan sedikit sabun untuk membersihkan
  5. Gunakan tisu basah desinfektan untuk menghilangkan bakteri dan kuman
  6. Bersihkan secara merata tetapi tetap perlahan
  7. Cegah cairan atau uap air masuk ke dalam lubang terbuka untuk menghindari konslet
  8. Untuk mouse gaming wireless, bersihkan bagian di sekitar optik dengan cotton bud untuk menghilangkan debu yang menempel
  9. Jangan tekan terlalu keras biar tidak merusak optik
  10. Pakai kain microfiber kering untuk mengeringkan permukaan mouse yang masih basah

Selain untuk menjaga agar awet dan tahan lama, merawat mouse gaming di tengah pandemi corona saat ini juga sangat disarankan, lantaran tetikus adalah salah satu perangkat komputer yang paling sering disentuh. Artinya, gamer wajib menjaga mouse-nya agar tetap higienis.

Meski bukan jadi solusi utama untuk pencegahan dalam situasi ini, membersihkan mouse gaming setidaknya dapat meredam kekhawatiran atas merebaknya virus corona. Akan tetapi, mencuci tangan tetap wajib dilakukan kendati tetikus telah dibersihkan.



Baca juga artikel terkait MOUSE GAMING atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight