Situasi Terkini Jakarta: Rute TransJakarta Dialihkan, Gatsu Ditutup

Oleh: Yantina Debora - 30 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jalan Gatot Subroto ditutup dan rute TransJakarta dialihkan terkait demo mahasiswa hari ini 30 September 2019.
tirto.id - Rute TransJakarta dialihkan dan Jalan Gatot Subroto (Gatsu) di depan Gedung DPR RI ditutup untuk mengantisipasi demo mahasiswa pada, Senin (30/9/2019).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo, mengatakan ada lima rute TransJakarta yang dialihkan pagi ini terkait demo mahasiswa.

"TransJakarta tetap akan melayani masyarakat untuk mengantisipasi dilakukan pengalihan rute sementara sampai situasi kondusif," kata Nadia, dikutip dari Antara.

Rute yang dialihkan yakni koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit) sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Slipi-Petamburan karena penutupan jalan.

Rute 4A (TU Gas-Grogol) sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Halte Slipi Petamburan juga dikarenakan adanya pentupan jalan.

Rute T11 (Bundaran Senayan-Poris Plawad) sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Slipi Petamburan, rute 1F (Bundaran Senayan - Stasiun Palmerah) dan 1B (Tosari-Stasiun Palmerah) dialihkan rute terkait penutupan jalan di sekitar Gedung MPR/DPR.

"Untuk sementara tidak melewati halte Senayan JCC, DPR 1 dan DPR 2," kata Diposanjoyo.

Berikut rute yang dialihkan rute 3F (Gelora Bung Karno-Kalideres) sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Halte Slipi Petamburan dikarenakan adanya penutupan jalan di sekitar MPR/DPR.

"Pengalihan rute tersebut akan kembali melayani pelanggan seperti semula sampai situasi kondusif disekitar tempat kegiatan aksi," kata dia.

Jalan Depan DPR Ditutup

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi M Nasir mengatakan pihaknya mengalihkan arus kendaraan yang melintasi Jalan Gatot Subroto arah Slipi terkait demo mahasiswa hari ini.

"Penutupan disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pengamanan," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi M Nasir saat dikonfirmasi di Jakarta.

Nasir mengatakan petugas menutup Jalan Gatot Subroto arah Slipi di bawah jalan layang Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL diarahkan belok kiri ke Gerbang Pemuda.

Kendaraan dari Jalan Gerbang Pemuda arah kiri ke Jalan Gatot Subroto diputarbalikkan ke Gerbang Pemuda menuju kolong jalan layang Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL atau lurus ke Jalan Gatot Subroto arah timur atau ke Bendungan Hilir.

Dari Jalan Gerbang Pemuda arah ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri arah Jalan Asia Afrika menuju Jalan Senayan dan Jalan Pakubuwono.

Kendaraan dari Jalan Asia Afrika ke barat lurus ke Jalan Tentara Pelajar atau ke Jalan Gerbang Pemuda putar balik di bawah jalan layang Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL

Arus lalu lintas dari Jalan Tentara Pelajar dari arah Manggala Wanabakti di lampu lalu-lintas Palmerah diluruskan ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama, sedangkan arah belok kiri ditutup.

Kendaraan dari Jalan Tentara Pelajar Pojok Manggala Wanabakti dan Jalan Gatot Subroto ditutup untuk mencegah lawan arus dan putar balik kendaraan.


Baca juga artikel terkait DEMO DPR atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Maya Saputri
DarkLight