Menuju konten utama

Polisi Bubarkan Pendemo, Jalan Gatot Subroto di Depan DPR Dibuka

Pantauan Tirto, pada 20.55 WIB, pendemo yang menuntut soal penyelenggaraan Pemilu 2024 mulai mundur sepenuhnya.

Polisi Bubarkan Pendemo, Jalan Gatot Subroto di Depan DPR Dibuka
Suasana usai demo di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024). (Tirto.id/Muhammad Naufal)

tirto.id - Polisi membubarkan pendemo di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat sekitar pukul 20.30 WIB, Selasa (19/3/2024) malam. Pantauan Tirto, pada 20.55 WIB, pendemo yang menuntut soal penyelenggaraan Pemilu 2024 mulai mundur sepenuhnya.

Dari depan Gedung DPR RI, pendemo berjalan kaki menuju Jalan Gerbang Pemuda. Sementara itu, ratusan aparat kepolisian yang dipimpin polisi berpangkat Kombes Pol mengiringi kepergian para pendemo dari depan Gedung DPR RI menuju Jalan Gerbang Pemuda.

Saat mengiringi kepergian pendemo, sebagian besar aparat kepolisian berjalan kaki. Mereka yang mengiringi pendemo berpakaian lengkap, mulai mengenakan helm hingga membawa pelindung terbuat dari karbon.

Demo di depan Gedung DPR RI

Suasana usai demo di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024). (Tirto.id/Muhammad Naufal)

Tak cuma berjalan kaki, ada aparat kepolisian yang mengendarai mobil baracuda hingga sepeda motor. Kendaraan bermotor ini sesekali menyalakan lampu biru khas cahaya patroli kepolisian.

Pukul 20.58 WIB, jalan di depan Gedung DPR RI telah steril dari para pendemo. Petugas kebersihan mulai membersihkan sampah dari jalanan.

Akibat ditutupnya jalan di depan Gedung DPR RI, lalu lintas di Jalan Gerbang Pemuda menjadi tersendat. Satu-satunya akses dari Jalan Gerbang Pemuda adalah menujuflyoveryang mengarah ke Jalan Gatot Subroto. Para pengemudi motor dan mobil silih berganti membunyikan klakson ketika melalui kemacetan di Jalan Gerbang Pemuda menuju flyover.

Sekitar pukul 21.05 WIB, polisi mulai mengangkut pembatas menuju jalan ke depan Gedung DPR RI. Pengendara motor dan mobil mulai ramai melintasi di Jalan Gatot Subroto mulai 21.10 WIB.

Baca juga artikel terkait DEMO DPR atau tulisan lainnya dari Muhammad Naufal

tirto.id - Politik
Reporter: Muhammad Naufal
Penulis: Muhammad Naufal
Editor: Intan Umbari Prihatin