Sinopsis Ratu Ilmu Hitam, Film Kimo & Joko Anwar Rilis Hari Ini

Oleh: Sirojul Khafid - 7 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis dan trailer Ratu Ilmu Hitam yang rilis di bioskop hari ini
tirto.id - Ratu Ilmu Hitam, film horor Indonesia karya sutradara Kimo Stamboel dan penulis naskah Joko Anwar, rilis di bioskop-bioskop tanah air mulai hari ini, Kamis (7/11/2019).

Beberapa pemain yang bergabung di antaranya Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Zara JKT48, Ari Irham, Muzaki dan lainnya. Kimo Stamboel sebagai sutradara terkenal dengan adegan-adegannya yang berdarah.

Film Ratu Ilmu Hitam merupakan remake dari film dengan judul yang sama tahun 1981. Pada film tersebut, pemeran utamanya adalah Suzzana. Saat itu, Ratu Ilmu Hitam (1981) menjadi salah satu film horor terbaik Indonesia. Ratu Ilmu Hitam (1981) masuk nominasi piala FFI 1982 untuk kategori Aktris Terbaik, Pemeran Pembantu Pria Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik dan Sinematografi Terbaik.

Sinopsis Ratu Ilmu Hitam

Hanif sejak kecil tinggal dan tumbuh di panti asuhan. Setelah lama meninggalkan panti asuhan tempat dia dahulu dibesarkan, Hanif mengajak Nadya, istrinya serta tiga anaknya untuk berkunjung. Awalnya mereka ingin ke Bali, namun keadaan Pak Bandi, pengasuh panti yang tua dan sakit keras menjadi pertimbangan tersendiri untuk berkunjung.

Anton dan Jefri, sahabat lama Hanif yang juga besar di panti turut datang. Mereka membawa istri mereka masing-masing.


Panti asuhan tersebut jauh dari kota dan tidak terdeteksi oleh google maps. Selain itu, tempat itu juga jauh dari pemukiman penduduk. Melihat keadaan pak Bandi yang semakin parah membuat mereka ingin menginap. Mereka ingin memberi penghormatan “terakhir” kepada pengasuh masa kecilnya.

Malam yang merasa sangka akan menyenangkan dan damai ternyata salah. Satu per satu dari mereka mengalami keganjilan yang mengerikan. Sebagian diteror oleh hal-hal yang paling mereka takuti. Sementara itu, anak-anak mulai melihat penampakan perempuan pincang. Korban mulai berjatuhan. Apabila tidak hilang, maka mati.

Ada sesosok yang sepertinya sangat benci dan penuh dendam. Dia ingin semua orang di situ mati. Dahulu memang ada cerita yang cukup mengerikan. Salah satu perempuan pengasuh panti mengalami gangguan kejiwaan. Dia dikurung dalam sebuah kamar. Si perempuan berontak dan berusaha keluar dengan menggedor pintu menggunakan kepalanya. Tujuan keluar gagal, justru kepalanya yang pecah.


Selain film ini, kita juga bisa melihat beberapa karya Kimo dalam DreadOut (2019), Killers (2014) dan Bunian (2004). Sementara Joko Anwar juga terkenal akan film-filmnya yang memiliki nuansa gelap dan horor. Beberapa film terakhirnya yaitu Pengabdi Setan (2017), Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot (2019) dan Perempuan Tanah Jahanam (2019). Perempuan Tanah Jahanam saat ini juga sedang tayang di bioskop.

Berikut trailer Ratu Ilmu Hitam (2019).


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight