Sindir Menag Lukman, Politikus PKB: Parkir Jelek, Gimana Menterinya

Oleh: Felix Nathaniel - 20 Juli 2019
Politikus PKB mengaitkan kinerja Menteri Lukman dengan kondisi tempat parkir Kementerian Agama.
tirto.id - Anggota Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq mengkritik masa kepengurusan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang ia nilai sebagai kegagalan total. Menurut Maman, selain terjerat kasus dugaan suap jual-beli jabatan Kementerian Agama, ia juga menyindir lapangan parkir Kemenag.

"Gagal, betul gagal. Bukan hanya soal kinerja. Bapak coba datang deh ke Lapangan Banteng, tidak pernah ada sebuah kementerian yang parkirnya paling jelek kecuali Kementerian Agama. Parkirnya saja jelek apalagi menterinya gitu," ujar Maman di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Namun, saat ditanya siapa yang pantas mengisi posisi Menteri Agama, Maman menilai itu adalah hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

"Tanyain Pak Jokowi dong, karena sesungguhnya, siapa pun nanti yang Jokowi tunjuk, dia harus orang yang berani, petarung, dia harus konsisten terhadap NKRI dan Pancasila," katanya lagi.

Maman bahkan menuding Lukman membiarkan radikalisme berkembang di Indonesia. "Bagaimana mungkin saya nyaman seorang Menteri Agama ngomongnya negarawan tetapi membiarkan kelompok radikalis anti-toleran, ada pegawai kementerian agama yang justru setuju terhadap penghancuran teman-teman minoritas," katanya lagi.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan menegaskan, para kader partainya pantas untuk menduduki kursi menteri pada kabinet kedua Jokowi, salah satunya Kementerian Agama. Sebab, menurut Daniel, PKB juga fokus pada pendidikan di kalangan pesantren.

"Karena PKB benar-benar memikirkan bagaimana memajukan pesantren, menjadi basis yang melahirkan lulusan yang terbaik dan tidak kalah dengan sekolah unggulan yang lain," ujarnya usai diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (6/7/2019).

Daniel mengatakan, Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar sudah mengajukan 10 nama calon menteri kepada Jokowi. Namun, ia belum tahu siapa saja nama-nama tersebut dan semua keputusan ada di tangan presiden.

"Tentu PKB akan bersyukur jika diberikan kepercayaan untuk bisa mengatasi persoalan pendidikan," ujarnya.


Baca juga artikel terkait PARTAI KEBANGKITAN BANGSA atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight