SBMPTN 2019: UNY Tiadakan Tes Keterampilan

Oleh: Irwan Syambudi - 26 Desember 2018
UNY bakal meniadakan tes keterampilan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.
tirto.id - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bakal meniadakan tes keterampilan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Tes keterampilan akan diganti dengan portofolio peserta tes.

Kepala Kantor Administrasi UNY Setya Raharjo mengatakan, bahwa tes keterampilan yang biasanya diberlakukan untuk sejumlah jurusan keolahragaan di UNY akan ditiadakan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019.

"Itu nanti tes uji keterampilan akan diganti dengan portofolio," kata Setya kepada reporter Tirto, Rabu (26/12/2018).

Portofolio itu, lanjutnya, nanti bisa berbentuk video. Misalnya, jika bakal calon mahasiswa mendaftar jurusan keolahragaan, maka dia harus membuat video yang memperlihatkan ketangkasan dan keterampilan dia.

"Video itu lalu diupload di [website] sistem SBMPTN," kata doktor di bidang ilmu pendidikan ini.

Selain video, bagi bakal calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang keolahragaan, ia juga dapat menyertakan bukti piagam penghargaan. Portofolio ini nantinya akan menjadi bahan penilaian setiap bakal calon mahasiswa.

Setya mengatakan, perubahan sistem SBMPTN ini baru diberlakukan tahun ini setelah adanya keputusan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Nantinya, kata dia, sebelum SBMPTN juga akan ada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Kami belum tahu pasti tanggal pelaksana UTBK, karena kemarin masih ada perubahan. Nanti pelaksanannya [UTBK] akan dilakukan di universitas yang ditunjuk sebagai tes center," kata dia.

Nilai dari hasil UTKB inilah yang nantinya akan digunakan sebagai syarat untuk mengikuti SBMPTN. Setiap bakal calon mahasiswa akan diberikan kesempatan dua kali UTBK untuk memperoleh nilai terbaik.

"Ini kemungkinan UNY juga akan jadi tes center. Nanti yang dipersiapkan yang jelas yang perangkat komputer untuk tes," tukas Setya.


Baca juga artikel terkait SBMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno