Sandiaga Minat Beli Lagi Saham Saratoga yang Dipakai Modal Pilpres

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 20 November 2019
Sandiaga Uno mengaku tengah pikir-pikir untuk membeli lagi saham Saratoga. Tahun lalu dia menjual sahamnya untuk modal pilpres.
tirto.id - Sandiaga Uno mengaku "berminat" membeli kembali saham PT Saratoga Investama Sedaya. "Itu masih dalam pembahasan," katanya kepada wartawan saat ditemui di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Sandiaga mulai menjual sahamnya di Saratoga sejak 2 November 2018. Total dana segar yang berhasil diraup Sandiaga sampai Desember 2018 mencapai Rp530 miliar.

Penjualan saham membuat kepemilikan Sandiaga atas Saratoga mengecil. Sebelum maraton aksi jual saham, dia tercatat memiliki saham di Saratoga sebesar 27,79 persen. Namun, per 11 Desember, kepemilikan sahamnya tinggal 22,62 persen.

Meski dalam keterbukaan informasi disebutkan bahwa tujuan dari penjualan itu adalah "untuk divestasi", tapi alasan utamanya adalah untuk modal kampanye.

Sandiaga adalah calon Wakil Presiden RI yang berpasangan dengan Prabowo Subianto.

"Saya harus all out, menjual saham yang saya miliki untuk membiayai kampanye," kata Sandiaga saat itu.

Sandiaga bilang pembelian kembali tengah dibicarakan dengan manajemen. Salah satu pokok bahasan adalah evaluasi nilai saham setelah dijual sejak satu tahun yang lalu.

Dia lantas mengatakan performa Saratoga saat ini sudah cukup baik dan kinerja perusahaan pun positif.

Seandainya membeli kembali saham Saratoga, Sandiaga memastikan perannya tak banya berubah: tidak akan terlalu banyak mengurusi urusan-urusan strategis. Dia bilang hanya membantu anak usaha perusahaan seperti di ranah promosi produk atau pembenahan di media sosial.


Baca juga artikel terkait SAHAM SARATOGA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Rio Apinino
DarkLight