Sandiaga Cek Harga Bahan Pangan di Pasar Senen Jelang Lebaran 2018

Oleh: Hendra Friana - 11 Juni 2018
Pedagang cenderung menaikkan harga karena mengikuti kebiasaan yang berulang dari tahun sebelumnya.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengecek kesiapan bahan pangan jelang Lebaran 2018 di blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Senin (11/6/2018).

Ditemani walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, Kasatpol PP Yani Wahyu, serta Dirut PD Pasar Jaya Arif Nasrudin, Sandiaga melihat satu persatu kios pedagang di pasar modern tersebut.

Beberapa komoditi yang ia cek antara lain cabai, bawang merah, bawang putih, telur, daging ayam, daging sapi, serta sayuran-sayuran lainnya.

"Harganya masih Rp25 ribu bawang merah?" tanya Sandiaga kepada salah seorang pedagang di pasar tersebut, Senin (11/6/2018).

"Masih pak, naik dikit. Bawang merah Rp40 ribu sekilo. Kalau campur [enggak dipilih] Rp35 ribu. Bawang putih sekarang Rp25 ribu," kata seorang pedagang.

Menurut Sandiaga terjadi kenaikan harga untuk beberapa komoditas tetapi masih bisa dikontrol dan lebih baik tahun sebelumnya.

"Harga daging juga naik, tapi kami bisa kontrol karena stoknya masih aman," imbuhnya.


Berdasarkan pantauan di pasar tersebut, ia menyimpulkan bahwa kenaikan harga menang lazim terjadi pada H-5 Lebaran. Meski stok masih aman, pedagang cenderung menaikkan harga karena mengikuti kebiasaan yang berulang dari tahun sebelumnya.

Untuk mengatasi hal tersebut dan memastikan harga tetap murah saat sampai di konsumen, Sandiaga akan mengimbau para pedagang untuk menurunkan.

Ia juga bakal berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk menambah stok pangan di Jakarta. Jika masih mahal, "kami akan buat bazar-bazar murah," ujarnya.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Dipna Videlia Putsanra