Rezeki Penjual Jas Hujan di Pantai Lagoon pada Malam Tahun Baru

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 31 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Hujan yang mengguyur pantai Lagoon, Ancol pada malam tahun baru 2019 membawa rezeki untuk sebagian pedagang.
tirto.id - Lokasi perayaan malam Tahun Baru 2019 di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta Utara, diguyur hujan sejak pukul 18.00 WIB. Oleh karena tempat berteduh di pantai itu minim sementara jumlah pengunjung lumayan banyak, pedagang jas hujan pun kebanjiran rezeki.

Salah seorang pedagang, Gio (42) mengaku sudah menjual 5 lusin jas hujan kepada para pengujung Pantai Lagoon pada Senin malam (31/12/2018).

"Sudah mau habis [stok jas hujan]. Sudah hari besar, hujan pula, jadi makin laku," ucap Gio kepada reporter Tirto.

Jas hujan yang dijual Gio dibandrol dengan harga Rp10-15 ribu untuk yang berjenis jubah. Untuk yang disertai celana dibandrol Rp20 ribu per buah.

Gio yang biasa berjualan di Tanah Abang dan lokasi-lokasi acara besar itu memang mendapat omzet penjualan yang tergolong lumayan di malam ini.

Namun, kata Gio, penjualan di hari ini belum seberapa lantaran hujan masih di level ringan hingga sedang. Ia mengatakan omzet penjualan akan lebih besar saat hujan lebat datang.

"Kalau lebat hujannya bisa lebih cepat lagi habisnya [jas hujan]," kata Gio.


Beberapa saat kemudian ketika reporter Tirto menemui Gio lagi, jas hujan jualannya sudah ludes. Oleh karena saat itu puncak malam tahun baru masih beberapa jam lagi, ia membantu temannya menjual dua lusin jas hujan yang belum laku.

Seorang pengunjung Pantai Lagoon, Darwin (41) mengaku membeli 3 buah jas hujan untuk 2 anaknya dan keponakannya. "Saya sudah habis Rp30 ribu buat jas hujan. Tapi enggak apa-apa, biar anak-anak bisa main," ucap Darwin.

Hujan masih mengguyur Pantai Lagoon, Ancol hingga sekitar pukul 22.00 WIB. Semula hujan ringan turun pada pukul 18.00 - 20.00 WIB. Setelah itu, intensitas hujan mulai meningkat meski tidak terlalu deras.

Saat hujan turun, banyak pengunjung memadati area di bawah pohon-pohon atau mencari tempat berteduh seadanya seperti tenda P3K, tenda berjualan, hingga memakai terpal dan alas duduk sebagai pelindung.

BMKG memperkirakan hujan akan mengguyur kawasan Jakarta Utara hingga dini hari nanti dengan intensitas ringan. Wilayah jni juga diprediksi memiliki suhu 25 derajat pada dini hari disertai dengan kecepatan angin 19 km/jam.


Baca juga artikel terkait TAHUN BARU 2019 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Addi M Idhom