Raja Salman Telah Meninggalkan Bali Menuju Jepang

Oleh: Addi M Idhom - 12 Maret 2017
Raja Salman meninggalkan Bali untuk bertolak menuju Jepang pada Pukul 11.15 WITA, Minggu siang (12/3/2017).
tirto.id - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud meninggalkan Bali untuk menuju ke Jepang setelah berlibur selama sembilan hari di Pulau Dewata pada Minggu siang (12/3/2017).

Seperti dilansir Antara, Raja Salman tiba di Base Ops Pangkalan Udara Ngurah Rai bersama iring-iringan mobil rombongannya pada pukul 10.50 WITA dengan pengawalan ketat aparat gabungan polisi dan TNI.

Sejumlah pejabat, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Petrus Golose dan Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko turut melepas keberangkatan Raja Salman menuju Jepang itu.

Pemimpin negeri kaya minyak itu naik pesawat menggunakan tangga elektronik yang dibawa khusus dari Arab Saudi. Saat naik pesawat, Raja Salman mengenakan gamis putih dan jubah warna keemasan. Raja Salman sempat tersenyum dan melambaikan tangan kepada para pengantarnya ketika mulai menaiki pesawat.

Pesawat jumbo jet Boeing 747 seri 400 yang membawa Raja Salman lepas landas pukul 11.15 WITA dari landasan pacu sebelah timur Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Pesawat cadangan dan pesawat yang mengangkut kru dan tim medis menyusul 15 menit setelah pesawat sang raja tinggal landas.

Raja Salman beserta rombongannya mendatangi Indonesia pada 1 Maret 2017 lalu. Selama 1-3 Maret ia menyambangi Istana Bogor, Gedung DPR RI, Istana Merdeka Jakarta dan Masjid Istiqlal. Di hari pertama kedatangannya, dia menemui Presiden Joko Widodo untuk melakukan pembicaraan bilateral dan menyaksikan penekenan 11 nota kesepahaman kerja sama Indonesia dan Arab Saudi. Selain berpidato di sidang DPR RI, Raja Salman juga menemui sejumlah tokoh muslim Indonesia dan para tokoh lintas agama.

Sejak 4 Maret 2017 lalu, Raja Salman mendatangi Bali untuk berlibur. Semula ia dijadwalkan berada di Bali sampai 9 Maret 2017. Akan tetapi, Raja Salman memutuskan memperpanjang masa liburannya di Pulau Dewata hingga 12 Maret 2017.

Baca juga artikel terkait KUNJUNGAN RAJA SALMAN atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Politik)

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom